Mesty Ariotedjo : Bangun Platform Parenting Sebagai Solusi Bagi Orang Tua Milenial

Mesty Ariotedjo, Co-founder & CEO Tentang Anak (Foto: Istimewa)

youngster.id - Berdasarkan Sensus Penduduk 2020, ada 25,87% generasi milenial. Generasi ini sebagian besar adalah orang tua dari Post Generasi Z atau sering disebut juga sebagai Generasi Alpha yang saat ini mengisi 10,88% dari total populasi Indonesia. Mereka membutuhkan pengetahuan untuk keputusan parenting.

Generasi milenial dapat didefinisikan sebagai penduduk yang lahir antara tahun 1981-1996 dan saat ini berada di rentang usia 24-39 tahun. Pada rentang usia itu, diperkirakan mayoritas masyarakat sudah memilih untuk menikah dan menjadi orang tua. Menariknya, karena tumbuh di tengah perkembangan internet, mereka mencari dan mendapatkan banyak informasi mengenai parenting dari berbagai sumber di internet.

Bahkan di media sosial, akun bertema parenting memiliki banyak pengikut dengan beragam topik terkait peran orang tua. Mulai dari nutrisi, kesehatan, tumbuh kembang hingga psikologi anak. Dengan semakin banyaknya akun mengenai parenting di media sosial, orang tua milenial membutuhkan sumber informasi yang akurat dan terpercaya. Hal ini mendorong Mesty Ariotedjo, seorang dokter spesialis anak mengembangkan platform TentangAnak.

Mesty mengungkapkan, sebagai tenaga medis sekaligus orang tua, dia menyadari ada banyak informasi yang beredar di internet dan belum tentu semua tepat.

“Banyak informasi yang tidak sesuai ilmu parenting dan itu menimbulkan kecemasan bagi para orang tua. Untuk itulah Tentang Anak kami hadirkan dengan misi untuk mendampingi seluruh orang tua dan anak di Indonesia untuk memperoleh akses edukasi dan produk terbaik langsung dari pakar atau ahlinya,” kata Mesty selaku Co-Founder dan CEO Tentang Anak.

Aplikasi Tentang Anak ini telah hadir di Apple Store dan Play Store sejak awal 2022. Mesty mengklaim, ini merupakan aplikasi one stop solution parenting platform, satu-satunya aplikasi parenting yang telah mencakup fitur menu MPASI lengkap. Mulai dari hitungan nutrisi, aktivitas harian untuk si kecil, evaluasi tumbuh kembang, jadwal vaksinasi, hingga tanya jawab langsung dengan ahli setiap hari yang semuanya telah di personifikasi khusus sesuai kebutuhan si kecil. Aplikasi ini juga menampilkan informasi yang sangat terkurasi dari jaringan dokter anak, psikolog, pendidik anak, obgyn hingga perencanaan keuangan.

Saat ini meski baru resmi diluncurkan, Tentang Anak telah mengumpulkan lebih dari setengah juta pengikut media sosial di berbagai platform dan menjadi akun parenting TikTok nomor 1 yang paling banyak diikuti di Indonesia. Diklaim Mesty, aplikasi Tentang Anak dalam dua bulan setelah dirilis mampu menduduki posisi ke-3 di App Store untuk kategori Edukasi dan ke-4 di Play Store untuk kategori Parenting.

 

Pengalaman  

Sebagai seorang dokter anak, Mesty mengakui ada banyak teori parenting yang prakteknya sulit. orang tua yang sudah menguasai teori pun kadang-kadang cemas memilih pola asuh yang tepat. Dia sendiri mengalaminya ketika melahirkan anak pertama.

“Aku merasa sudah siap semua, apalagi aku dokter. Tiba-tiba anakku nyusunya kok nggak nempel-nempel. Itu membuat aku cemas. Banyak banget yang nggak sesuai terorinya, praktiknya susah,” kisahnya.

Setelah melahirkan, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini akhirnya menggunakan aplikasi parenting. Tetapi dia butuh empat atau lima aplikasi untuk memenuhi keingintahuannya, mulai dari resep yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak, tumbuh kembang anak, sampai stimulasi harian.

Berdasarkan pengalaman itu, akhirnya dia dan suami Garri Juanda memutuskan untuk membuat satu aplikasi yang bisa mencakup semuanya. Apalagi, mereka memiliki latar belakang yang saling mendukung. Mesty adalah lulusan John Hopkins Bloomberg School of Public Health membawa keahlian dan jaringan medisnya ke Tentang Anak. Sementara Garri membawa 11 tahun pengalaman dalam mengawasi vertikal bisnis marketplace, adtech, dan logistik Tokopedia dan Rakuten Jepang.

“Kami membayangkan Tentang Anak menjadi platform satu atap terdepan dan terpercaya untuk semua kebutuhan orang tua di Indonesia. Kami telah melihat keterlibatan yang tinggi dari komunitas orang tua kami yang berkembang menghargai konten dan komunitas terpercaya yang telah kami bangun. Dan, kami percaya bahwa komunitas kami dapat memperoleh manfaat lebih banyak dari ekosistem layanan lengkap seputar pengasuhan anak,” kata Mesty.

Mesty juga mengungkapkan, Tentang Anak memiliki misi untuk mendampingi seluruh orang tua dan anak di Indonesia untuk memperoleh akses edukasi dan produk terbaik langsung dari pakar atau ahlinya.

“Tentang Anak fokus pada pertumbuhan anak yang optimal di usia dini, karena 80% perkembangan otak anak terjadi di 2 tahun pertama kehidupan. Pengasuhan anak yang baik, dukungan dari sekitar, sangat dibutuhkan hingga anak dapat tumbuh dan berkembang optimal. Salah satu caranya tentu dengan memiliki pengetahuan dan pengaplikasian pola pengasuhan yang baik yang sesuai dan terbukti dari segi ilmiah atau langsung dari ahlinya,” kata Mesty.

Aplikasi Tentang Anak juga menyiapkan algoritma untuk memandu orang tua ketika menghadapi situasi gawat darurat di rumah, misalnya algoritma kejang demam, cedera kepala, dan muntah. Pengguna aplikasi pun bisa bertanya kepada para ahli yang disediakan aplikasi.

Selain itu, Tentang Anak juga memiliki tim dedikasi untuk mengembangkan aplikasinya dengan optimal, dimana tim yang telah tergabung di Tentang Anak ini telah berpengalaman dan berasal dari berbagai top technology company atau unicorn seperti Shopee, Tokopedia, Gojek dan Gopay.

 

Mesty dan Girri
Mesty Ariotedjo dan suaminya Garri Juanda sepakat mengembangkan aplikasi parenting yang lengkap, sehingga lahirlah aplikasi Tentang Anak (Foto: Istimewa)

 

Pendanaan dan Monetize

Saat ini aplikasi Tentang Anak telah menduduki peringkat ke 3 di Apple Store kategori edukasi dan peringkat ke 4 kategori parenting di Play Store. Aplikasi ini juga telah memiliki 500 ribu pengguna dalam kurun waktu 10 bulan sebelum peluncuran resmi.

“Tentunya ini membangkitkan optimisme kami bahwa antusiasme masyarakat sangat luas, dan yang terpenting Tentang Anak dapat mempermudah perjalanan orang tua dalam mengasuh anaknya, dan penuh dengan pengalaman menyenangkan untuk keduanya,” ungkap Mesty.

Untuk itu, lanjut Mesty, Tentang Anak berkomitmen untuk memberikan akses pengetahuan parenting secara gratis. Selain itu, mereka akan menambahkan lebih banyak vertikal, yang bertujuan untuk memberikan perjalanan perdagangan yang mulus melalui aplikasinya dalam beberapa bulan mendatang. “Kami percaya semua individu berhak akses informasi yang terbaik dan itu harusnya gratis,” ujarnya.

Saat ini ada lebih dari 100 pusat kesehatan dan pusah pendidikan anak usia dini dari berbagai daerah yang masuk dalam ekosistem Tentang Anak.

Di sisi lain, sebagai pebisnis, Mesty menginginkan agar Tentang Anak menjadi perusahaan berkelanjutan dan memiliki bisnis. Sejauh ini, monetisasi yang sudah dilakukan Tentang Anak adalah dengan meluncurkan buku fisik untuk anak yang dijual melalui platform e-commerce. Sudah lebih dari 1.000 buku terjual di platform ini.

Mesty mengaku, buku anak yang dijual saat ini adalah hasil saduran dari buku di luar negeri,  sehingga kurang terlokalisasi. “Dari kami lihat belum ada buku untuk anak yang sesuai dengan fasenya masing-masing. Ini adalah bagian dari mimpi kita dalam memberikan akses produk terbaik untuk para orang tua,” kata Mesty.

Aplikasi parenting ini juga menutup pendanaan tahap awal dari Insignia Ventures, dengan partisipasi dari sejumlah angel investor ternama. Jajaran angel investor tersebut, di antaranya Mohammed Alabsi (Ex Chief Technology Officer Bukalapak dan Ex Amazon), Herman Widjaja (Chief Technology Officer Tokopedia dan Ex Facebook), Cynthia Chaerunnisa (Co-founder & Chief Marketing Officer Kopi Kenangan), Agung Nugroho (Ex CEO Kudo), dan Gita Prihanto (Chief Operating Officer Flip & ex-COO Ruangguru).

Dana segar dengan nominal dirahasiakan menurut Mesty akan mereka manfaatkan untuk memperluas konten dan layanan untuk aplikasi yang baru diresmikan, serta memperkuat tim.

Menurut dia, Tentang Anak berkomitmen untuk memberikan akses pengetahuan parenting dari para ahli terbaik di kelasnya dan produk terbaik bagi 80 juta anak di Indonesia, sehingga generasi masa depan Indonesia dapat mencapai potensi tumbuh kembang yang optimal bahkan sejak usia dini. Tentang Anak akan menambahkan lebih banyak vertikal, yang bertujuan untuk memberikan perjalanan perdagangan yang mulus melalui aplikasinya dalam beberapa bulan mendatang.

“Tentang Anak punya social mission, pengin membantu 80 juta anak Indonesia tumbuh sehat, baik, dan bahagia. Inovasi ke depan kami membantu orang tua supaya semua kebutuhan anak bisa terpenuhi,” pungkasnya.

 

========================

Mesty Ariotedjo

Prestasi :

========================

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version