Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Integrated Operation Center Telkomsel Pantau Kualitas Layanan

29 Desember 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Integrated Operation Center Telkomsel Pantau Kualitas Layanan

IOC Telkomsel_1: Suasana pemantauan performansi jaringan, IT, dan layanan pelanggan di Integrated Operation Center (IOC) yang berlokasi di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Kamis (29/12). Selama masa libur Natal dan tahun baru 2017, Telkomsel melakukan pemantauan ketat 7 x 24 jam terhadap kualitas layanan bagi pelanggan dari Sabang sampai Merauke melalui IOC yang memiliki tiga fungsi operasi, yaitu Network Operation Center (NOC), IT Operation Center (ITOC), dan Customer Care Command Center (C4). Pusat pemantauan ini dibangun untuk memastikan agar pelanggan dapat merasakan pengalaman yang optimal dalam menggunakan layanan Telkomsel.

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Telkomsel melakukan pemantauan ketat 7 x 24 jam terhadap kualitas layanan bagi pelanggan dari Sabang sampai Merauke selama masa libur Natal dan tahun baru 2017. Pemantauan dilakukan melalui Integrated Operation Center (IOC) yang berlokasi di Telkomsel Smart Office, Jakarta, di mana pusat pemantauan ini memiliki tiga fungsi operasi, yaitu Network Operation Center (NOC), IT Operation Center (ITOC), dan Customer Care Command Center (C4).

Vice President Network Operation Management Telkomsel, Paulus Djatmiko mengatakan, “Kami ingin memastikan agar pelanggan dapat merasakan pengalaman yang optimal dalam menggunakan layanan kami, terutama di masa-masa terjadinya lonjakan trafik layanan komunikasi seperti saat malam pergantian tahun. IOC yang kami operasikan ini tentunya membantu kami dalam memantau kondisi layanan dan jaringan setiap saat, sekaligus melakukan berbagai langkah antisipasi dan penanganan terhadap gangguan yang muncul.”

Lebih dari 160 petugas memantau pergerakan trafik layanan suara, SMS, dan data di IOC agar customer experience tetap terjaga. Hasil pemantauan kemudian menjadi informasi awal bagi penanganan terhadap masalah yang muncul di lapangan. NOC misalnya, memiliki beberapa fungsi, seperti fungsi monitoring yang mengawasi status kesiapan jaringan telekomunikasi, fungsi remote maintenance yang melakukan perawatan dan perbaikan jarak jauh tanpa harus datang ke lokasi infrastruktur, fungsi reporting yang melaporkan sejarah kejadian terkait jaringan yang ada di lapangan, serta fungsi measurement yang memberikan data hasil pengukuran kinerja BTS.

Baca juga :   Telkomsel Bawa Finalis The NextDev Pulang Kampung ke Jakarta

Sementara itu pemantauan dari sisi C4 dilakukan untuk menangani berbagai hal terkait aktivitas komunikasi pelanggan seperti customer complaint, network incident, dan service performance. Selain itu Telkomsel juga memantau performansi dari aplikasi/web MyTelkomsel dan MyGraPARI, serta berbagai aplikasi pesan instan, media sosial, video streaming, dan music streaming yang banyak digunakan oleh pelanggan. Sedangkan ITOC difungsikan untuk memastikan akses pelanggan terhadap layanan Telkomsel dari sisi IT dapat dinikmati dengan lancar, seperti memantau aktivitas provisioning handling, charging system, value added services (VAS), dan digital services.

Dilengkapi dengan dashboard monitoring wall display, IOC juga memantau secara langsung ketersediaan, utilisasi, dan performansi jaringan terutama di 687 titik keramaian utama yang telah diindentifikasi Telkomsel sebagai titik-titik yang tingkat aktivitas komunikasinya paling tinggi, seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah. Di lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan terjadi rata-rata peningkatan trafik layanan data sebesar 47% bila dibandingkan dengan trafik pada hari normal.

IOC Telkomsel_2: Suasana pemantauan performansi jaringan, IT, dan layanan pelanggan di Integrated Operation Center (IOC) yang berlokasi di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Kamis (29/12). Selama masa libur Natal dan tahun baru 2017, Telkomsel melakukan pemantauan ketat 7 x 24 jam terhadap kualitas layanan bagi pelanggan dari Sabang sampai Merauke melalui IOC yang memiliki tiga fungsi operasi, yaitu Network Operation Center (NOC), IT Operation Center (ITOC), dan Customer Care Command Center (C4). Pusat pemantauan ini dibangun untuk memastikan agar pelanggan dapat merasakan pengalaman yang optimal dalam menggunakan layanan Telkomsel.
IOC Telkomsel_2: Suasana pemantauan performansi jaringan, IT, dan layanan pelanggan di Integrated Operation Center (IOC) yang berlokasi di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Kamis (29/12). Selama masa libur Natal dan tahun baru 2017, Telkomsel melakukan pemantauan ketat 7 x 24 jam terhadap kualitas layanan bagi pelanggan dari Sabang sampai Merauke melalui IOC yang memiliki tiga fungsi operasi, yaitu Network Operation Center (NOC), IT Operation Center (ITOC), dan Customer Care Command Center (C4). Pusat pemantauan ini dibangun untuk memastikan agar pelanggan dapat merasakan pengalaman yang optimal dalam menggunakan layanan Telkomsel.

Beroperasinya IOC melengkapi berbagai aktivitas yang dilakukan Telkomsel dalam menyambut momen tahun baru 2017, selain melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. 723 BTS baru dibangun secara khusus untuk momen pergantian tahun ini agar masyarakat dapat terus menikmati layanan telekomunikasi berkualitas saat trafik telekomunikasi tercatat mengalami lonjakan cukup tinggi tiap tahunnya, khususnya layanan data. Di lokasi-lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan, Telkomsel juga mengerahkan 91 compact mobile base station (Combat) untuk menjaga agar layanan tetap prima.

Baca juga :   Telkomsel Umumkan Peraih Hadiah Pesta Akhir Tahun 2016 Periode Kedua

Pada puncak periode Natal dan tahun baru kali ini, Telkomsel memprediksi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 4,10 petabyte atau naik lebih dari 118% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video streaming, music streaming, online games, media sosial, chatting, dan penggunaan berbagai aplikasi. Sementara itu, trafik layanan suara diperkirakan menembus 1,52 miliar menit perhari dan trafik SMS diperkirakan mencapai 892 juta SMS perhari.

Tags: dan Customer Care Command Center (C4)Integrated Operation Center (IOC)IT Operation Center (ITOC)Network Operation Center (NOC)Telkomsel Smart Office
Previous Post

Pengguna Jobplanet Melonjak 200%

Next Post

Program Joy of Love Wujudkan Hadiah Impian Anak-anak Panti Asuhan

Related Posts

Network Operation Center (NOC)
News

Optimalkan Layanan, Lintasarta Resmikan Network Operation Center

12 Desember 2024
0
Safari Ramadan Telkom - Jogyakarta
news

Safari Ramadan Telkom: Tinjau Lokasi Data Center hingga Pastikan Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi Jelang Idul Fitri 1444H

14 April 2023
0
Load More
Next Post
Program Joy of Love Wujudkan Hadiah Impian Anak-anak Panti Asuhan

Program Joy of Love Wujudkan Hadiah Impian Anak-anak Panti Asuhan

Bogor jajaki kerja sama UMKM Indonesia-Turki

Pengembangan UMKM Bakal Percepat Pemerataan Ekonomi di Daerah

Pemerintah Akan Bangun Infrastruktur Konektivitas

Presiden Minta Elemen Bangsa Menjaga Etika Di Media Sosial

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version