Mempercepat Terwujudnya Smart City Tangerang

Layanan M2M (Machine to Machine) melalui produk T-Bike dan T-Drive hadir untuk dipergunakan dalam keseharian kerja petugas lapangan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Konsep Smart City kini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap pemerintah daerah untuk diterapkan ketika akan mengelola sebuah sistem pemerintahan yang mengaplikasikan perkembangan teknologi digital terbaru.

Salah satu bentuk kontribusi untuk mendorong penguatan ekosistem Smart City di Tangerang adalah dalam bentuk free trial layanan M2M Telkomsel yang sedang berkembang pesat, yaitu T-Bike dan T-Drive untuk digunakan sebagai perangkat pendukung kerja petugas lapangan Pemkot Tangerang. Pada tahap awal diserahkan 15 unit perangkat T-Bike untuk kendaraan sepeda motor operasional dan 2 unit T-Drive yang akan diaplikasikan pada mobil ambulance dan mobil jenazah milik Pemkot Tangerang, dan ke depannya akan ditambah untuk mendukung operasional kerja 104 petugas lapangan Pemkot Tangerang.

Perangkat aplikasi T-Bike dan T-Drive ini juga akan terintergrasi dengan aplikasi Smart City yang sedang dibangun Pemkot Tangerang, yaitu aplikasi SIGAP, yang dirancang sebagai fasilitas monitoring kinerja seluruh petugas lapangan Pemkot Tangerang secara online serta mendapatkanfeedback dari masyarakat dengan konsep real time.

T-Bike dan T-Drive merupakan sebuah bentuk aplikasi internet of things (IoT) yang hadir sebagai dukungan dalam penerapan Smart City di Indonesia, di mana penyelenggaraan Smart City dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam segala aspek, termasuk sistem tata kelola kota, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kotanya.

T-Bike dan T-Drive berfungsi sebagai asisten pengendara cerdas dengan fitur lengkap seperti memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin kendaraan bermotor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS. Didukung oleh sistem GPS yang canggih, kedua layanan tersebut juga mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time(tracking & fleet management), efisien, pelaporan detil perjalanan, pembatasan wilayah operasional (geofencing), dan pembatasan kecepatan(speed limit).

Dukungan percepatan dan penguatan ekosistem Smart City di Tangerang ini merupakan upaya untuk membangun ekosistem Smart City bersama sejumlah pemerintah daerah yang juga sudah dilakukan di kota lain, seperti Pemkot Bogor, Pemkot Bekasi, Pemkot Bandung, dan lainnya. Produk digital diharapkan tak hanya dimanfaatkan sebagai layanan komersil namun juga bisa mendukung sistem tata kelola pemerintah daerah yang terintegrasi dengan teknologi terbaru.

Shares 0

Comments

comments

About Youngster.ID 75 Articles
Youngsters.id adalah media yang fokus mengulas dunia kewirausahaan, terutama para pengusaha muda (young entrepreneurs), ekonomi kreatif, serta segala aktivitas, inovasi dan kreativitas terkait anak muda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*