Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Features

Kiat Jitu Pembuatan Konten Marketing di Instagram

17 Juni 2022
in Features, Headline
Reading Time: 4 mins read
Content marketing

Kiat Jitu Pembuatan Konten Marketing di Instagram (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling sering digunakan untuk mengembangkan bisnis. Caranya adalah dengan membuat konten marketing yang bertujuan untuk menarik engagement dari semua audiens yang melihat konten tersebut.

Dalam proses pembuatan konten marketing tersebut, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar isi konten bisa dikemas sesuai dengan kriteria target pasar bisnis Anda. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat konten marketing di Instagram, simak ulasan berikut ini.

Persiapan yang Harus Dilakukan

Sebelum membuat konten marketing di Instagram, terlebih dahulu persiapkan akun Anda agar hasil yang diperoleh bisa maksimal, antara lain:

  1. Akun Instagram Tidak Dikunci

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin membangun bisnis melalui Instagram adalah tidak mengunci akun (private), melainkan harus dalam status publik. Jika akun tersebut dikunci, itu artinya Anda membatasi engagement.

Ketika ada audiens yang tertarik dengan akun yang Anda miliki, mereka mungkin akan mengurungkan niatnya untuk menjadi follower. Sebab, mereka tidak bisa memiliki sesuatu untuk bisa dinilai dari kesan pertama yang terlihat.

  1. Membuat Instagram Business

Jika akun telah menjadi publik, hal kedua yang harus dilakukan adalah mengubahnya menjadi akun Instagram bisnis. Cara mengubah pengaturan akun Instagram tersebut adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu “pengaturan” (= setting).
  • Kik menu “beralih ke akun profesional” (= switch to professional account).

Manfaat yang dirasakan dengan adanya perubahan akun tersebut adalah, Anda bisa mengakses insight setiap konten marketing yang telah Anda posting ke akun Instagram tersebut.

Insight merupakan fitur bisnis yang bisa memberikan informasi tentang follower Anda dan konten yang paling mereka minati. Dengan memanfaatkan insight, Anda akan terbantu dalam mengenali audiens dengan lebih baik.

Baca juga :   Gen Z Jadi Penentu Tren dan Kultur Popular di Instagram

Dan hasil akhirnya adalah, Anda bisa bisa membuat sebuah konten marketing di Instagram  yang bisa mencapai tujuan bisnis Anda.

  1. Gunakan Foto Profil Menarik

Lengkapi akun Instagram dengan foto profil yang menarik, bisa berupa logo dari brand Anda yang simpel namun terkesan unik. Tambahkan pula bio dan kontak yang bisa dihubungi.

Cara Membuat Konten Marketing

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah konten marketing, poin-poin tersebut diantaranya adalah:

  1. Merancang Plan Konten

Poin pertama adalah membuat sebuah perencanaan atau plan konten untuk jangka waktu tertentu. Agar bisa memaksimalkan promosi, disarankan untuk memposting minimal satu kali setiap hari.

Ini dilakukan agar akun tersebut “tidak tenggelam” dan kalah dengan pesaing Anda. Agar hal tersebut bisa terwujud, tentunya Anda akan membutuhkan konten yang siap untuk diposting. Itu sebabnya harus ada plan konten minimal untuk 3 minggu ke depan atau 1 bulan ke depan demi menghindari kehabisan ide pembuatan konten.

 

Membuat content marketing
Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah konten marketing (Foto: Ilustrasi)

 

Jika konten telah siap, Anda tinggal memposting konten tersebut setiap hari secara teratur. Tentunya, sambil mencari ide lain sebagai bahan untuk konten bulan berikutnya. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan algoritma akun Instagram milik Anda.

Menyimpan plan konten untuk satu bulan kedepan pasti membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar. Solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan cloud hosting yang mampu menyimpan data hingga puluhan Gigabyte.

Apalagi jika Anda memiliki website dan berencana untuk menghubungkan antara Instagram dengan website bisnis Anda. Jika menginginkan domain untuk website Anda, tentunya dengan layanan jasa dan penawaran harga yang terbaik, Anda bisa mendapatkannya melalui Hostinger.

Baca juga :   British Council dan HSBC Gelar Pelatihan Bagi Generasi Muda

Anda bisa berkonsultasi dengan tim untuk menemukan solusi yang terbaik yang berhubungan dengan kebutuhan Anda akan server penyimpanan data yang aman.

  1. Siapkan Media Konten

Melalui Instagram, Anda bisa memposting konten di feed dalam bentuk foto, video, carousel, dan promosi melalui Instagram stories. Pikirkan dengan matang agar bisa menentukan media mana yang paling tepat bagi brand Anda.

  1. Pemilihan Desain Konten

Dalam membuat sebuah konten marketing, Anda harus menyesuaikannya dengan target pasar. Selain itu, pertimbangkan pula dari segi komposisi warna, bentuk, dan kualitasnya agar bisa menghasilkan konten yang terbaik.

 

Desain konten
Dalam membuat sebuah konten marketing, Anda harus menyesuaikannya dengan target pasar (Foto: Ilustrasi)

 

Misalnya, target pasar adalah kalangan milenial baik pria maupun wanita. Maka, buatlah desain konten yang simpel dengan warna yang cerah, dan kekinian. Jika target pasar adalah wanita dewasa, Anda bisa menciptakan desain dengan pemilihan warna, ikon, dan sebagainya yang terkesan feminim.

  1. Penggunaan Hashtag yang Relevan

Sudah menjadi hal umum jika pada konten di media sosial terdapat hashtag, begitu pula dengan di Instagram. Merupakan tanda pagar atau tagar (#) yang disertai dengan kata-kata untuk mengkategorikan topik tertentu.

Fungsinya adalah untuk memudahkan pengguna saat mencari topik yang diinginkan. Hashtag ini akan menjadi tren jika banyak dibicarakan oleh orang lain. Terdapat tiga tipe hashtag yang bisa Anda manfaatkan dalam sebuah konten marketing, yaitu:

  • Hashtag General

Merupakan hashtag yang sangat umum digunakan.

  • Hashtag Trending

Merupakan hashtag yang sedang tren di Instagram.

  • Hashtag Spesifik

Merupakan hashtag yang lebih spesifik dan sesuai dengan brand Anda.

Satu hal yang harus diingat dalam memanfaatkan hashtag ini adalah, hindari menggunakan hashtag terlalu banyak atau spam hashtag. Sebaiknya gunakan 5-6 hashtag setiap postingan di Instagram namun yang sesuai dengan isi konten marketing dan brand Anda.

  1. Menentukan Waktu Posting yang Tepat
Baca juga :   Instagram, Keluarkan Aturan Cegah Perundungan dan Larang Rokok

Memposting sebuah konten marketing di Instagram tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus mengetahui kapan saat yang tepat untuk meluncurkan postingan Anda tersebut.

Menurut SproutSocial, ada hari dan waktu tertentu yang tepat untuk posting konten, yaitu:

  • Hari terbaik adalah hari Rabu.
  • Waktu terbaik adalah hari Jumat pukul 10.00 – 11.00 dan hari Rabu pukul 11.00.
  • Saat yang tepat untuk posting konten agar memperoleh engagement yang konsisten adalah hari Selasa sampai Jumat, pukul 10.00 hingga pukul 15.00.

Sedangkan waktu dan hari terburuk untuk posting konten marketing adalah:

  • Hari terburuk untuk posting adalah hari Minggu.
  • Waktu terburuk dilihat dari segi engagement adalah posting di malam hari, subuh, atau mendekati tengah malam mulai pukul 23.00 hingga pukul 03.00 dini hari.
  1. Analisa Performa Konten Marketing

Konten yang telah diposting harus dipantau untuk mengetahui performa dari masing-masing konten.

Lakukan pengecekan terhadap jumlah rate engagement, jumlah reach yang dicapai, dan jumlah audiens yang memberikan komentar, serta pembelian yang terjadi berkat konten yang diposting di Instagram.

Dengan melakukan analisa ini Anda akan mengetahui tingkat keberhasilan dari promosi tersebut.

  1. Kerjasama dengan Influencer Ternama

Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa bekerjasama dengan influencer ternama. Dengan cara ini, follower dari influencer tersebut akan mengetahui dan mengenal brand Anda yang sekaligus akan membuka peluang terjadinya pembelian produk yang dilakukan oleh follower tersebut.

Itulah berbagai tahapan untuk membuat konten marketing di Instagram. Dengan mengikuti berbagai tahapan tersebut, peluang bisnis Anda untuk berkembang akan semakin terbuka.

Tags: content marketingHostingerinstagrampembuatan konten marketing
Previous Post

Perluas Jaringan AdMedika – RSUD dr. Mohammad Zyn (RSMZ) Lakukan Penandatanganan Kerja Sama

Next Post

Google Maps Mulai Hadirkan Informasi Tarif Tol

Related Posts

Instagram Reels
News

Pengguna Instagram Sudah Capai 3 Miliar

26 September 2025
0
YouTube Perluas Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia
News

YouTube dan Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer di Indonesia

29 Agustus 2025
0
Instagram Reels
News

Instagram Rilis Fitur Link di Reels, Memungkinan Kreator Punya Serangkaian Video

26 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Gerbang Tol

Google Maps Mulai Hadirkan Informasi Tarif Tol

metaverse

Beri Pengalaman Baru dan Ciptakan Komunitas Digital, EIGER Adventure Akan Hadir di RansVerse

Tim mahasiswa Indonesia di UK

Tim Mahasiswa Asal Indonesia Juarai Kompetisi Data Science di Inggris

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version