youngster.id - Tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Meski demikian, kegiatan belanja online tak lepas dari masalah-masalah yang mungkin dialami oleh para konsumen. Untuk itu, perlu adanya upaya antisipasi guna terhindar dari masalah berbelanja online.
Tokopedia membagikan lima hal yang perlu dilakukan pengguna saat menerima pesanan online. “Tokopedia melihat tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Tingginya animo ini mendorong kami terus berkomitmen membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui platform kami, sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pegiat usaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangannya beberapa waktu lalu.
Adapun kelima hal yang perlu diperhatikan konsumen saat menerima belajaan online adalah sebagai berikut.
1.Jangan buru-buru klik ‘Selesaikan Pesanan’
Ekhel mengimbau para pembeli untuk memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. “Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas dia.
2.Segera lakukan pengecekan barang
Saat membuka paket, ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima. Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Adapun lampiran bukti dapat dalam bentuk foto atau video.
“Dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli,” ungkap Ekhel.
3.Perhatikan batas waktu komplain
Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2×24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan. Ekhel menambahkan, “Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia.”
4.Cek ongkos kirim akhir
Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual. Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.
5.Jangan lupa berikan ulasan
Ekhel mengajak para pembeli untuk tidak lupa memberikan ulasan atau review terkait barang yang dibeli. Pasalnya, aktivitas ini sangat membantu penjual dalam meningkatkan reputasi toko.
“Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM,” tutup Ekhel.
STEVY WIDIA
Discussion about this post