Senin, 27 Juni 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Terima Pesanan Online

20 Maret 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
belanja online

Platform belanja online kembali meriah di momen lebaran. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Meski demikian, kegiatan belanja online tak lepas dari masalah-masalah yang mungkin dialami oleh para konsumen. Untuk itu, perlu adanya upaya antisipasi guna terhindar dari masalah berbelanja online.

Tokopedia membagikan lima hal yang perlu dilakukan pengguna saat menerima pesanan online. “Tokopedia melihat tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Tingginya animo ini mendorong kami terus berkomitmen membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui platform kami, sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pegiat usaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Adapun kelima hal yang perlu diperhatikan konsumen saat menerima belajaan online adalah sebagai berikut.

Baca juga :   Bukalapak Raih Pendanaan Modal dari Mirae Asset dan Naver

1.Jangan buru-buru klik ‘Selesaikan Pesanan’

Ekhel mengimbau para pembeli untuk memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. “Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas dia.

2.Segera lakukan pengecekan barang

Saat membuka paket, ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima. Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Adapun lampiran bukti dapat dalam bentuk foto atau video.

“Dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli,” ungkap Ekhel.

Baca juga :   Tokopedia Gelar Pameran Bagi Pasangan Muda, Anak dan Orang Tua

3.Perhatikan batas waktu komplain

Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2×24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan. Ekhel menambahkan, “Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia.”

4.Cek ongkos kirim akhir

Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual. Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.

5.Jangan lupa berikan ulasan

Ekhel mengajak para pembeli untuk tidak lupa memberikan ulasan atau review terkait barang yang dibeli. Pasalnya, aktivitas ini sangat membantu penjual dalam meningkatkan reputasi toko.

Baca juga :   YCAB dan Microsoft Perkenalkan Digital Skills dan Generasi Bisa di NTT

“Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM,” tutup Ekhel.

 

STEVY WIDIA

Tags: belanja onlinepesanan onlineTokopedia
Previous Post

Jakarta Sneaker Day (JSD) 2022 Digelar Offline Bagi Para Sneakerhead Tanah Air

Next Post

SWAP Energy Percepat Adopsi Kendaraan Listrik Usai Pendanaan Pra-Seri

Related Posts

Digital Marketing
Headline

Tips Digital Marketing dan Memulai Usaha Makanan dan Minuman dari Rumah

26 Juni 2022
0
Filantropi
Headline

Filantropi Masa Depan: Orientasi Pada Dampak Sosial Berkelanjutan

26 Juni 2022
0
Batik Kultur
Headline

Ini 5 Rekomendasi Item Fesyen Untuk Kembali Bekerja di Kantor

26 Juni 2022
0
Load More
Next Post
Gogoro

SWAP Energy Percepat Adopsi Kendaraan Listrik Usai Pendanaan Pra-Seri

Pasar saham

BCA Gandeng MAMI Hadirkan Peluang Investasi Reksa Dana MANSYAF

Mayoritas Industri Kreatif Bergerak di Bidang Sosiopreneur

Meta Luncurkan Komik Inspirasi dari Komunitas, Kreator, dan Pelaku Usaha

Discussion about this post

Berita Terbaru

Digital Marketing

Tips Digital Marketing dan Memulai Usaha Makanan dan Minuman dari Rumah

26 Juni 2022
0
WhatsApp

Tips Jalan-Jalan Cerdas Ala WhatsApp

26 Juni 2022
0
KPR

Bukan Cuma KPR, Berikut Alternatif Solusi Pembiayaan Milenial untuk Punya Rumah

26 Juni 2022
0
Filantropi

Filantropi Masa Depan: Orientasi Pada Dampak Sosial Berkelanjutan

26 Juni 2022
0
Facebook Pay

Dompet Digital Facebook Pay Beralih Nama Jadi Meta Pay

26 Juni 2022
0
Batik Kultur

Ini 5 Rekomendasi Item Fesyen Untuk Kembali Bekerja di Kantor

26 Juni 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version