Senin, 19 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Java in Paris, Salah Satu Upaya Bawa Produk UMKM Indonesia Tembus Pasar Eropa

10 Juni 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Java in Paris

Shopee mendukung Pembukaan Java in Paris di Le BHV Marais Paris. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Tak hanya berkiprah di kancah lokal, produk usaha mikro,kecil dan menegah Indonesia kini mulai berani melangkah ke pasar global. Salah satunya adalah lewat program Java in Paris yang digelar atas kerjasama Pemerintah Kota Surakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Shopee Indonesia dan Le BHV Marais Paris.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Andorra, Monako, dan UNESCO, Mohamad Oemar menyampaikan bahwa program Java in Paris merupakan sinergi yang baik dari pemerintah pusat, daerah, dan juga swasta. Selain itu, dengan kurasi langsung yang dilakukan oleh tim dari Le BHV Marais, maka produk yang ditawarkan sudah memenuhi kriteria di pasar Paris.

“Kolaborasi dengan toko, restoran, atau fashion designer ternama di Prancis adalah strategi KBRI Paris untuk bisa membawa produk-produk ekonomi kreatif Indonesia ke Prancis. Karena kurasi dilakukan langsung oleh pihak toko, restoran, dan fashion designer tersebut, sehingga sesuai dengan selera pasar di Prancis dan sesuai standar Uni Eropa,” dalam siaran pers di kanal youtube Shopee Indonesia, Kamis (9/6/2022).

Baca juga :   Shopee Indonesia Kehilangan Didi Kempot Sebagai Brand Ambyarssador

Program ini menjadi lanjutan dari kesuksesan pembukaan Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo yang berhasil membawa lebih dari 10.000 UMKM Solo bisa ekspor dalam waktu 1 tahun. Program ini juga merupakan realisasi komitmen Pemerintah Kota Surakarta dalam mendukung UMKM Kota Solo naik kelas dan berdaya saing global melalui promosi di salah satu kota kiblat fesyen dunia.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming mengatakan, event ini merupakan momentum yang sangat baik bagi UMKM dapat melompat lebih tinggi dan menembus pasar dunia.

“Java in Paris menjadi sebuah pencapaian baru bagi UMKM lokal agar bisa dikenal dan diminati di pasar Eropa. Melalui produk-produk UMKM ini, kita juga bisa memperkenalkan cerita dan nilai budaya meskipun ini hanya bagian kecil dari budaya Indonesia yang begitu luar biasa. Kami berterima kasih kepada KBRI Paris Prancis, BHV Marais, dan Shopee Indonesia atas sinergi dan dukungan yang luar biasa, karenanya kita bisa menyaksikan Buah Karya Bangsa di panggung dunia,” ungkap Gibran.

Baca juga :   Shopee 10.10 Brands Festival Dukung Tren Olahraga di Masyarakat

Ada ratusan jenis produk UMKM lokal tampil di Le BHV Marais, salah satu department store terbesar di Prancis, bagian dari jaringan Galeries Lafayette. Produk-produk ini telah melewati proses kurasi tim di Paris sebelum dipamerkan dan dijual di Le BHV Marais mulai 8 Juni hingga 17 Juli 2022.

Director of BHV MARAIS Home & Eataly Paris Marais Purchasing, Amandine de Souza menyampaikan event ini akan membuat pelanggan Le BHV Marais bisa merasakan pengalaman langsung tentang produk Indonesia.

“Indonesia memiliki budaya yang kaya, namun, masih sedikit masyarakat Prancis dan Eropa yang mengetahui hal ini. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Shopee untuk mengurasi brand dan produk terbaik dari Indonesia agar bisa ditampilkan kepada para pengunjung di Paris. Kami ingin semakin banyak orang mengenal produk Indonesia salah satunya Batik buatan Solo melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta,” ungkap Amandine.

Baca juga :   Shopee Kampus Hadir Di Malang, Beri Keterampilan Digital Bagi Pelaku UMKM

Sementara itu, Director & Country Head Sea Indonesia, Kiky Hapshary menjelaskan inisiatif program Java in Paris ini hadir untuk mendukung UMKM lokal.

“Java in Paris merupakan hasil sinergi dan kolaborasi strategis antara pemerintah dan perusahaan swasta untuk bisa menghadirkan akses pasar yang lebih luas bagi UMKM. Dengan dukungan ekosistem bisnis digital Shopee dalam mengakselerasi perkembangan UMKM, Java in Paris ini akan menjadi momentum bagi UMKM Indonesia untuk bangkit dan melihat peluang yang lebih besar. Saya berharap, program ini bisa menginspirasi lebih banyak UMKM lokal untuk tumbuh dan menjangkau dunia,” katanya.

Tidak hanya mempromosikan produk-produk UMKM asal Indonesia di Paris, program Java in Paris juga memperkenalkan ragam kegiatan budaya selama satu bulan. Beberapa acara yang bisa diikuti oleh para pengunjung BHV Marais termasuk workshop membatik, tari Bali, seni beladiri pencak silat, serta acara mencicipi teh dan kopi khas Indonesia dan penampilan musik Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Tags: Java in ParisKedutaan Besar Republik Indonesia di ParisLe BHV Marais ParisPemerintah Kota SurakartaShopee Indonesia
Previous Post

Platform Ini Pertemukan Pengguna dan Pemberi Kerja Lewat Artificial Intelligence

Next Post

Telkomsel IoT Smart Manufacturing Dukung Industri Yang Ramah Lingkungan

Related Posts

live streaming
News

Penjualan Brand Lokal Melonjak Berkat Fitur Live Streaming Di Kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day

11 September 2024
0
Memanfaatkan Teknologi Untuk Berkreasi, Berinovasi dan Menciptakan Bisnis Berkelanjutan
Headline

Memanfaatkan Teknologi Untuk Berkreasi, Berinovasi dan Menciptakan Bisnis Berkelanjutan

16 Agustus 2024
0
Shopee Indonesia
Headline

Kiprah Shopee Bantu UMKM Bertransformasi dan Berdaya Saing

13 Juni 2024
0
Load More
Next Post
Telkomsel IoT Smart Manufacturing

Telkomsel IoT Smart Manufacturing Dukung Industri Yang Ramah Lingkungan

GrabMaps

Tangkap Peluang Pasar US$1 Miliar Grab Luncurkan Teknologi Pemetaan GrabMaps

Proyek Berbasis Digital DIVERT Waste4Change

Proyek Berbasis Digital DIVERT Waste4Change dan Unilever Dukung SDG dan Ekonomi Sirkular

Discussion about this post

Recent Updates

Dharma Polimetal

Bidik After Market di Industri Otomotif, Dharma Polimetal Rilis Produk Aki Cadangan

19 Mei 2025
OVO Nabung

Targetkan Gen Z Jadi Nasabah, OVO Berkolaborasi dengan Superbank Hadirkan OVO Nabung

19 Mei 2025
TikTok

Tingkatkan Kualitas Tidur Pengguna Remaja, TikTok Hadirkan Fitur Meditasi

19 Mei 2025
BigBox AI, Solusi AI Untuk Tingkatkan Efisiensi Menghitung Objek Secara Real-Time

BigBox AI, Solusi AI Untuk Tingkatkan Efisiensi Menghitung Objek Secara Real-Time

19 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Dharma Polimetal

Bidik After Market di Industri Otomotif, Dharma Polimetal Rilis Produk Aki Cadangan

19 Mei 2025
OVO Nabung

Targetkan Gen Z Jadi Nasabah, OVO Berkolaborasi dengan Superbank Hadirkan OVO Nabung

19 Mei 2025
TikTok

Tingkatkan Kualitas Tidur Pengguna Remaja, TikTok Hadirkan Fitur Meditasi

19 Mei 2025
BigBox AI, Solusi AI Untuk Tingkatkan Efisiensi Menghitung Objek Secara Real-Time

BigBox AI, Solusi AI Untuk Tingkatkan Efisiensi Menghitung Objek Secara Real-Time

19 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version