Kamis, 29 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - Digital Community Digitalisasi

Kisah Sukses UMKM Asal Depok Lakukan Digitalisasi Bisnis Berkat Pendampingan Telkom

14 Juni 2021
in Digitalisasi
Reading Time: 2 mins read
House of Vandy’s

Pemilik Brand Vandeesa, Vivi menunjukan salah satu produk andalannya yakni kain hijab dengan bahan dan desain pola yang modern dan berkualitas dari galeri House of Vandy’s, Depok beberapa waktu yang lalu.

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Berbagai cara dilakukan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mempertahankan usahanya selama pandemi Covid-19 terjadi. Salah satu langkah yang diambil dan berperan penting menjaga keberlangsungan usaha pelaku UMKM adalah digitalisasi.

Pemanfaatan teknologi digital menjadi satu hal yang harus dilakukan pelaku UMKM agar bisa bertahan dan berkembang, karena pandemi mengakibatkan terjadinya banyak pembatasan aktivitas fisik. Salah satu contoh UMKM yang berhasil melakukan digitalisasi bisnis dengan baik adalah House of Vandy’s.

House of Vandy’s adalah UMKM produsen busana muslim dari Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. UMKM ini awalnya didirikan pada 2014 lalu sebagai perusahaan penjual tangan kedua (reseller) baju-baju muslim. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu UMKM ini memiliki produksi busana muslim dengan merek sendiri bernama Vandeesa.

Vivi Susanti, pemilik House of Vandy’s, mengaku punya keberanian untuk membuat merek sendiri karena melihat peluang bisnis yang besar dari usaha jual-beli busana muslim. “Banyak anak muda maupun ibu rumah tangga yang merasa lebih nyaman mengenakan baju muslim dalam kesehariannya. Selain itu, saya pribadi ingin mengajak lebih banyak orang mengenakan baju muslim.”

Baca juga :   Telkom Jalin Kerja Sama dengan Sabre untuk Pemasaran Platform Digital Pariwisata

Keberanian Vivi saat itu berbuah hasil positif karena merek buatannya kini telah banyak dikenal orang. Selain memiliki desain dengan motif menarik, produk Vandeesa juga bervariasi. Ada berbagai model celana, kerudung, scarf, dan jenis busana muslim lain dengan desain simpel serta modis yang dapat dipilih para pembeli.

Selama ini, penjualan busana muslim di House of Vandy’s dilakukan secara konvensional. Akan tetapi, hal itu berubah pasca pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia sejak awal tahun lalu.

Akibat pandemi, roda bisnis House of Vandy’s sempat berhenti berputar. Penjualan produk-produk buatan Vivi turun drastis.  Hal itu mengakibatkan terhentinya produksi selama beberapa bulan.

Kondisi tersebut membuat Vivi harus memutar otak agar bisnisnya tidak gulung tikar. Beruntung, selama ini Vivi aktif mengikuti pendampingan yang dilakukan Rumah BUMN Depok di bawah koordinasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Baca juga :   Hadirkan Laboratorium Fiber Optic untuk SMK, Telkom Tumbuhsuburkan Digital Talent

Melalui keikutsertaannya di Rumah BUMN binaan Telkom tersebut, Vivi mendapat banyak pelatihan untuk mengatur keuangan dengan baik, menggunakan teknologi digital, meningkatkan kemampuan mengambil foto produk, serta membuat copywriting yang menarik. Tak hanya itu, House of Vandy’s juga dijembatani agar dapat memajang produk-produknya pada sejumlah marketplace seperti PaDi UMKM, Sakoo, dan Bonum.

Vivi berkata, pelatihan-pelatihan yang diberikan Telkom efektif membuat bisnisnya bertahan selama pandemi. Tak sedikit pembeli mulai sadar akan kehadiran brandnya di dunia virtual, dan mengunjungi lapak House of Vandy’s di berbagai marketplace karena tertarik dengan tampilan produknya. “Ini tidak akan terjadi apabila Rumah BUMN dan Telkom tidak memberi pelatihan fotografi dan copywriting.”

Selain mengandalkan kemampuan barunya membuat copywriting dan mengambil foto produk dengan menarik, Vivi juga berinisiatif meluncurkan produk-produk anyar seperti masker, sajadah travel, dan scarf. Inovasi tersebut diterima baik oleh pasar. Vivi menyebut ada banyak sekali pesanan sajadah travel yang diterima House of Vandy’s sejak produk itu diluncurkan.

Baca juga :   Telkom Usung Digitalisasi Pertanian untuk Perkuat Ketahanan Pangan

“Selama pandemi ini, kan, mereka yang akan salat di masjid disarankan membawa peralatan salat sendiri. Nah, sajadah travel ini sangat cocok,” ujar Vivi.

Ke depannya, Vivi berharap Rumah BUMN dan Telkom terus memberikan bantuan dan pelatihan bagi pelaku usaha. Dia yakin pendampingan Rumah BUMN dan Telkom berperan signifikan dalam membantu UMKM untuk bertahan hidup dan melakukan transformasi proses bisnis ke arah digital.

 

#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Tags: digitalisasi bisnisHouse of Vandy’sUMKM asal DepokUMKM produsen busana muslim
Previous Post

Kolaborasi Jadi Strategi Warung Pintar untuk Bertahan dan Tingkatkan Bisnis

Next Post

Perangi Ransomware, Palo Alto Networks Gabung di Ransomware Task Force

Related Posts

Xendit Ekspansi Bisnis Ke Filipina, Targetkan Digitalisasi Pebisnis Kecil dan Startup
Headline

Xendit Ekspansi Bisnis Ke Filipina, Targetkan Digitalisasi Pebisnis Kecil dan Startup

11 Desember 2020
0
Semen Baturaja Gandeng Telkom Untuk Digitalisasi Bisnis
News

Semen Baturaja Gandeng Telkom Untuk Digitalisasi Bisnis

4 Januari 2019
0
Load More
Next Post
Ransomware

Perangi Ransomware, Palo Alto Networks Gabung di Ransomware Task Force

belajar online

APERTI BUMN Buka Program Beasiswa Penuh di 9 Perguruan Tinggi

Pinjaman online

Satgas Waspada Investasi Blokir 3.193 Pinjaman Online Ilegal

Discussion about this post

Recent Updates

British Council

Kolaborasi British Council & HSBC Membangun Keterampilan Iklim di Kalangan Anak Muda

28 Mei 2025
Demi Strategi Jangka Panjang Sun Life Indonesia Rombak Pucuk Pimpinan

Demi Strategi Jangka Panjang Sun Life Indonesia Rombak Pucuk Pimpinan

28 Mei 2025
OYO - samurai hotel sanur

Pemesanan Korporat OYO Tumbuh Sebesar 145% YoY

28 Mei 2025
wirausaha sosial

Ajak Wirausaha Sosial Beri Dampak Positif, DBS Foundation Grant Programme Kembali Digelar

28 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
British Council

Kolaborasi British Council & HSBC Membangun Keterampilan Iklim di Kalangan Anak Muda

28 Mei 2025
Demi Strategi Jangka Panjang Sun Life Indonesia Rombak Pucuk Pimpinan

Demi Strategi Jangka Panjang Sun Life Indonesia Rombak Pucuk Pimpinan

28 Mei 2025
OYO - samurai hotel sanur

Pemesanan Korporat OYO Tumbuh Sebesar 145% YoY

28 Mei 2025
wirausaha sosial

Ajak Wirausaha Sosial Beri Dampak Positif, DBS Foundation Grant Programme Kembali Digelar

28 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version