Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - Digital Community Digitalisasi

Perum Damri Gandeng Telkom Luncurkan Layanan E-Ticketing untuk Kemudahan Transportasi Publik Menuju Bandara Soekarno – Hatta

22 November 2018
in Digitalisasi
Reading Time: 2 mins read
Perum Damri Gandeng Telkom  Luncurkan Layanan E-Ticketing untuk Kemudahan Transportasi Publik Menuju Bandara Soekarno – Hatta

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan (tengah) bersama Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin (kanan) dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono (kiri) usai mencoba sistem E-Ticketing pada Bus Damri Rute Bandar Udara Internasional Soekarno - Hatta di Pool Damri Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/11).

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dalam rangka melaksanakan transformasi digital guna memberikan pelayanan yang berkualitas prima dan berorientasi kepada pelanggan, Perum Damri bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan E-Ticketing Damri Rute Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta di Pool Damri Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/11).

Peluncuran E-Ticketing dilaksanakan oleh Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin dan Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) perihal Layanan E-Ticketing Damri Pada Angkutan Bandara yang dilaksanakan oleh Telkom dan Perum Damri pada Juli lalu.

Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin mengatakan bahwa sistem tiket elektronik ini bertujuan agar pelanggan semakin mudah memperoleh tiket Bus Damri, di sisi lain juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan. “Kami berharap agar masyarakat dapat mendukung sepenuhnya sistem tiket elektronik ini. Implementasi sistem tiket elektronik ini dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari layanan angkutan bandara Soekarno – Hatta (Soetta) untuk titik pemberangkatan dari Kemayoran, Bekasi, Rawamangun, dan Mangga Dua. Pada akhirnya, seluruh rute bandara nanti akan menerapkan sistem E-ticketing,” tambah Setia.

Baca juga :   Flou, Solusi Cloud Bagi Pelaku Usaha Digital Dari TelkomSigma

Sementara itu, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan menyampaikan, sebagai BUMN di sektor telekomunikasi digital, TelkomGroup menyediakan infrastruktur IT dalam pengembangan sistem e-ticketing ini. “TelkomGroup mengembangkan mobile apps, web reservation, backend system, bus validator, online payment, serta payment aggregator kartu prepaid untuk menunjang operasional E-ticketing Damri. Untuk mendapatkan ticket prepaid, pengguna dapat membayar dengan uang elektronik berbagai bank, uang elektronik T-money atau menggunakan channel pembayaran internet payment gateway (IPG) seperti TCASH,” jelas Dian.

Adapun pemanfaatan teknologi e-ticketing meliputi ticketing system (schedule management, fare management, passenger management, booking management, ticketing with barcode, revenue accounting and reporting), validation system (mobile validator), serta payment system(integrated to ticketing system, dan integrated gateway system). Pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan sebelumnya yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai oleh masyarakat dalam rangka mewujudkan cashless society.

Baca juga :   TADEX, Tanah Air Digital Exchange untuk Kedaulatan Digital Indonesia

Setia menegaskan, selain mempermudah masyarakat, digitalisasi ini juga merupakan upaya Perum Damri guna mencapai visi “Menjadi Perusahaan Transportasi Kelas Dunia yang Handal, Berkinerja Unggul dan Berkelanjutan”. “Di era digital ini, sinergi BUMN antara Perum Damri dan Telkom menunjukkan komitmen serta konsistensi perusahaan dalam mewujudkan layanan yang melebihi harapan pelanggan melalui sistem pembayaran secara non-tunai yang memberikan kemudahan layanan dengan tetap menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen, keamanan dan kehandalan,” demikian tegas Setia.

Tags: e-ticketingPerum Damritransformasi digital
Previous Post

Generali Indonesia Lindungi Peserta Borobudur Marathon 2018

Next Post

JavaMifi Jangkau 160 Negara

Related Posts

Rittal Indonesia
News

Dukung Industri 4.0 dan Transformasi Digital, Rittal Indonesia Bangun Showroom Pusat Data

23 Juli 2025
0
Huawei Indonesia IP Club
News

Huawei Indonesia IP Club 2025, Dorong Transformasi Digital Lintas Industri Berbasis AI

13 Mei 2025
0
XLsmart
Headline

Punya Basis 94,5 Juta Pelanggan XLSmart Targetkan Raup Pendapatan Rp45,8 Triliun

18 April 2025
0
Load More
Next Post
JavaMifi Jangkau 160 Negara

JavaMifi Jangkau 160 Negara

Incar Milenial Metranet Hadirkan Oona TV

Oona TV Hadirkan Berbagai Channel Hiburan Digital

EKI Update 4.0, Sajikan Musikal “Ada Apa Dengan Sinta“

EKI Update 4.0, Sajikan Musikal “Ada Apa Dengan Sinta“

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version