Google Hadirkan Fitur Proteksi Keamanan untuk Smartphone Android

Markas Google. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Raksasa teknologi Google terus meningkatkan layanan dalam hal kemampuan memberikan proteksi bagi para pengguna smartphone Android. Melalui Google Play Protect, setiap smartphone Android yang sangat rentan terhadap serangan virus berbahaya atau mobile ware akan terlindung.

Perangkat Android minimal versi Gingerbread, otomatis memiliki perlindungan Google Play Protect. Sebelumnya, layanan tersebut hanya bisa dinikmati oleh para pengguna perangkat yang mengadopsi Android 8.0 Oreo. Saat ini fitur proteksi keamanan itu sudah tersedia di hampir semua smartphone Android.

Demikian dijelaskan Adrian Ludwig, Direktur Teknik Keamanan Android di Google, pada acara video conference yang diselenggarakan di kantor Google di Jakarta belum lama ini.

Adrian yang bertanggung jawab atas keamanan platform Android dan aplikasi serta layanan Google untuk Android ini menjelaskan bahwa perangkat dengan sistem operasi Android versi paling baru ini tentunya akan mendapat perlindungan lebih baik dibandingkan versi sebelumnya yang semuanya tersedia di Google Play Protect. Google Play Protect adalah penyatuan sistem keamanan Android seperti verifikasi aplikasi, perlindungan browser, dan tindakan anti-pencurian.

Baca juga :   Google Gandeng Unity Untuk Pengembangan Game

Dijelaskan Adrian, ada lima langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan system keamanan smartphoe Android. Yakni: melakukan lock screen, menggunakan back up data, mengunduh aplikasi dari Google Play Store, menginstal Google Play Protect dan mengaktifkan Find My Device, serta mengaktifkan two factor authentication untuk layanan Google.

Henni T. Soelaeman