Momen Imlek Buat Volume Transaksi Shopback Naik 70%

Suasana menyambut Imlek 2019 di salah satu pusat perbelanjaan. (Foto: antara/youngster.id)

youngster.id - Pola konsumsi masyarakat indonesia yang mulai merambah dunia digital dan online membuat volume pemesanan e-commerce meningkat. Peningkatan itu terjadi pada momen perayaan Imlek 2019.

Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia, mengatakan ShopBack, mencatat pertumbuhan volume transaksi hingga 70% dibanding rata-rata transaksi harian, saat perayaan imlek. Angka ini diklaim platform aggregator lebih dari 200 e-commerce di Indonesia itu, naik sekitar 10-15% dibanding volume transaksi tahun lalu yang hanya sekitar 55-60%.

“Tidak hanya volume pemesanan yang meningkat tahun ini, rata-rata belanja masyarakat Indonesia saat imlek tahun ini pun turut meningkat. Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja di platform e-commerce pada imlek tahun ini sekitar Rp 746.000 naik 50% dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 480.000,” kata Indra dalam keterangannya, Jumat (8/2/2019).

Menurut Indra menambahkan, peningkatan volume ini juga tidak lepas dari beragam kegiatan promosi potongan harga serta cashback yang diberikan platform dagang-el menjelang perayaan imlek 2019.

Baca juga :   Kontribusi Koperasi ke Ekonomi Indonesia Capai Rp 508,5 Triliun

“Selain promo imlek, beberapa e-commerce juga ada yang memberikan program promo gajian atau festival belanja online di tanggal cantik, seperti festival belanja 2.2 kemarin. Tren festival belanja di tanggal cantik ini pun akan semakin semarak lagi di 2019.”

Indra juga mengungkapkan, volume pemesanan di ShopBack sudah menunjukkan kenaikan dari dua minggu menjelang perayaan imlek dan puncaknya terjadi pada seminggu menjelang. Data inipun senada dengan hasil survei yang dilakukan ShopBack pada Februari 2018, terhadap lebih dari 1.100 responden di lima kota di Indonesia.

Hasilnya, 40,1% responden mengaku telah membeli perlengkapan imlek tujuh hari menjelang perayaan imlek berlangsung. Sementara, sebanyak 24% mulai membeli perlengkapan dua minggu sebelum dan 16,4% sebulan sebelum perayaan Imlek.

Sementara itu, berdasarkan data ShopBack, kategori marketplace, pulsa, travel, fesyen, dan makanan menjadi lima produk teratas yang dibeli pengguna ShopBack saat promo imlek berlangsung. Adapun lima platform dagang-el yang menjadi favorit masyarakat pada imlek tahun ini adalah Shopee, Tokopedia, JD.ID, Blibli, dan Bukalapak.

Baca juga :   Hidup Sehat Dengan Makan Buah dan Ikut Maraton

STEVY WIDIA