OJK Kembali Gelar Kompetisi KOINKU 2017

Pemenang kompetisi KOINKU 2016. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Untuk meningkatkan kesadaran digital pada penggunaan layanan keuangan (financial technology/fintech) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menyelenggarakan kompetisi inklusi keuangan KOINKU.

“Penyelenggaraan KOINKU merupakan salah satu strategi OJK untuk mencari ide-ide model inklusi keuangan yang kreatif dan inovatif. Ide ini nantinya diimplementasikan pada industri kasa keuangan tanah air,” demikian pernyataan OJK dalam keterangan resminya, Minggu (20/8/2017).

Adapun, kompetisi KOINKU dibagi ke dalam tiga kategori, yakni Akademisi (D1, S1, S2, dan S3 baik individu maupu kelompok), Umum (individu hingga perwakilan perusahaan, lembaga pendidikan, swadaya, komunitas), serta kategori Pelaku Usaha Jasa keuangan (perbankan, pasar modal, industri keuangan non-bank). Kompetisi ini berhadiah senilai Rp 112,5 juta.

Berdasarkan riset OJK, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 29,6%. Padahal ada 67,8% masyarakat Indonesia yang sudah menggunakan layanan jasa keuangan. Adapun, jumlah perusahaan fintech di Tanah Air baru mencapai 165 per Mei 2017, di mana 24 di antaranya sudah terdaftar resmi di OJK.

Fintech merupakan salah satu potensi besar untuk mendorong inklusi keuangan melalui online. Di Indonesia, fintech memilki beragam jenis layanan, mulai dari pembayaran, peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, dan riset keuangan.



STEVY WIDIA