youngster.id - Hyundai Motor Group menggelar Hyundai Startup Challenge (HSC) Indonesia 2022. Ini adalah kompetisi akselerasi dan tantangan yang bertujuan untuk menemukan dan membina wirausahawan sosial muda dengan ide-ide inovatif dan solusi kreatif untuk sektor lingkungan, ketenagakerjaan, kendaraan listrik, dan kesehatan.
Program yang sudah berjalan selama tiga tahun ini merupakan komitmen Hyundai Motor Group terhadap pengembangan usaha sosial di Indonesia. Panitia seleksi telah menerima lebih dari 2.400 aplikasi melalui situs resmi HSC pada 1 April hingga 11 Mei 2022. Lebih dari 800 pendiri usaha sosial yang mendaftar ke program tahun ini telah mengirimkan pitch deck mereka.
Setelah proses seleksi terpilih 15 usaha sosial. Setiap tim terpilih akan menerima hibah hingga US$6,500 untuk mengembangkan usaha sosial mereka selama program.
“Kami berharap program HSC akan menjadi kesempatan untuk mengakselerasi model bisnis tim terpilih tahun ini, dan kami juga berharap dapat menciptakan dampak sosial baru di Indonesia melalui tantangan kreatif dan inovatif dari tim terpilih HSC ini,” kata Won Sun Hong Senior Manager of Hyundai Motor Group, dalam keterangan pers, Rabu (15/6/2022).
Perwakilan dari Hyundai Motor Group, Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, MYSC, Instellar, Crevisse, dan Kementerian Ekonomi Kreatif menjadi juri atau kurator utama untuk wawancara daring dan sesi presentasi tersebut.
Ke 15 tim terpilih HSC tahun ini adalah Algobash, Beli Jelantah, Biopac, Cleansheet, Dietela, Disabilitas Kerja, Globy, Hear Me, KlinikGo, MakeWebEasy, Nuxcle, Silang.id, Syams Indonesian Handicraft, Tumbasin.id, dan Yagi.
Ada beberapa poin penting yang ditekankan panitia seleksi tahun ini, antara lain kematangan finansial, misi dan dampak sosial, model bisnis, dan inovasi usaha sosial. Selain itu, program ini juga menyambut usaha-usaha sosial yang menargetkan penyandang disabilitas sebagai penerima manfaat.
Seperti Disabilitas Kerja, salah satu tim terpilih, memberikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas. Kemudian Silang sebagai penyedia kursus Bahasa Isyarat Indonesia dan Hear Me yang menawarkan teknologi penerjemah dan juru bahasa Indonesia.
Usaha sosial dari kendaraan listrik dan sektor kesehatan juga ditambahkan ke program tahun ini. Nuxcle yang bergerak di bidang kendaraan listrik sebagai konversi kendaraan listrik, skateboard listrik, skuter listrik, dan produsen sepeda motor.
Sedangkan dari bidang kesehatan, HSC 2022 menyambut KlinikGo, offline to online platform (O2O) untuk layanan kesehatan dan Dietela, perusahaan teledietetik yang menawarkan program diet personalized secara online, dengan dampingan ahli gizi teregistrasi.
Selain itu, ada usaha seperti Algobash sebagai e-commerce enabler yang bekerja pada platform berbasis teknologi untuk mendukung tenaga kerja digital dan MakeWebEasy, pengembangan web untuk UKM yang bertujuan untuk meningkatkan tenaga kerja digital sebagai dukungan untuk start-up Indonesia.
Setiap tim terpilih akan menerima hibah hingga US$6,500 untuk mengembangkan usaha sosial mereka selama program. Mereka akan mengikuti fase akselerasi dari bulan Juni hingga Oktober, Bootcamp pada bulan Oktober 2022, kemudian Demo Day pada awal November, di mana tiga tim teratas akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan hibah tambahan sebesar $45.000.
Untuk menyambut 15 tim terpilih pada Hyundai Start-up Challenge Indonesia 2022 secara resmi, Hyundai Motor Group mengundang mereka untuk mengunjungi Hyundai Manufacturing Motor Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada 16-18 Juni 2022.
STEVY WIDIA