7 Kiat Penting Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce

Kegiatan di Lazada Cimanggis Warehouse. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Festival belanja menjadi salah satu strategi pemasaran yang rutin dijalankan e-Commerce dengan tujuan meningkatkan penjualan produk. Para penjual juga selalu menantikan pelaksanaan festival belanja di eCommerce, termasuk festival belanja tanggal kembar karena terbukti menjadi peluang bagi penjual untuk meningkatkan penjualan. 

Festival belanja 7.7 menjadi festival belanja terdekat di eCommerce seperti Lazada Indonesia. Para penjual di Lazada telah diberikan pembekalan agar bisa memanfaatkan momentum festival belanja 7.7 untuk meraup cuan.

“Jelang festival belanja, penjual biasanya memang melakukan persiapan yang lebih ekstra, termasuk dari sisi penyediaan stok produk dan jumlah karyawan, untuk mengantisipasi banjirnya pesanan. Meski demikian, sebenarnya persiapan penjual untuk menghadapi setiap festival belanja menjadi persiapan jangka panjang dan selalu ada yang bisa menjadi pembelajaran untuk keberhasilan festival belanja berikutnya,” tutur Haikal Bekti Anggoro, SVP – Seller Operations, Lazada Indonesia dalam keterangannya, Sabtu (2/7/2022).

Lazada menyediakan program pelatihan Lazada University untuk penjual di Lazada dengan ribuan materi yang mudah diakses oleh penjual melalui Seller Center. Selain itu, manfaatkan komunitas penjual Lazada di kota Anda untuk bisa mendapatkan berbagai insight berharga langsung dari para penjual yang sudah lebih dulu sukses. Jadi, tetaplah semangat belajar karena itu bisa menjadi jalan ninja Anda untuk meraih cuan dalam festival belanja tanggal kembar!

Menurut Haikal, semua fitur dan program untuk penjual di Lazada memang dirancang untuk membantu penjual yang ingin mengembangkan usahanya di ranah e-Commerce. Fitur-fitur ini bagaikan buku menu yang bisa dipilih pelaku bisnis sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

“Yang penting, mulai saja dulu mendaftar menjadi penjual di platform e-Commerce, terus belajar melalui program pengembangan penjual yang pasti tersedia di platform e-Commerce mana pun, jelajahi seluruh data dan insight yang ada, dan terus mencoba segala strategi untuk meningkatkan performa penjualan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tidak mudah memang, tapi kesuksesan juga bukan hal yang mustahil diraih bila mau berusaha. Selamat mengikuti festival belanja, para penjual lokal pahlawan ekonomi digital Indonesia,” tutup Haikal.

Berikut tips dari Haikal untuk persiapan toko agar bisa untung saat festival belanja nanti!

Tampilkan produk Anda secara menarik

Kiat paling dasar adalah pastikan produk Anda nampak menonjol dengan menampilkan produk secara jelas dan rinci, baik dalam bentuk foto maupun deskripsi produk. Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya tampak menarik, namun juga bisa ‘menceritakan’ fungsi, keunggulan, serta kualitas produk.

Bangun value untuk produk dan toko Anda, dan jadikan sebagai daya jual 

Penting untuk membangun value dari produk yang Anda jual agar Anda bisa “bercerita” bahwa harga yang tertera memberikan banyak value bagi pembeli. Perwujudan dari value bisa berbentuk gambar produk yang lebih serius, deskripsi produk yang “bercerita” dan menjelaskan beragam fungsi dari produk. Tak hanya itu, Anda juga harus memberikan layanan optimal seperti menjawab chat dengan cepat maupun jaminan pengembalian yang mudah. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak sekadar menilai dari adu harga saja.

Pahami algoritma eCommerce tempat Anda berjualan untuk mendorong trafik ke toko

Saat ini eCommerce menggunakan algoritma dan personalisasi untuk menyesuaikan antara produk dengan pencarian calon pembeli. Untuk mendorong trafik ke toko, pastikan judul produk mewakili produk dengan baik dan mengandung kata kunci (keywords) yang sering dipakai calon pembeli saat mencari produk terkait. Lengkapi juga detail produk termasuk warna, ukuran, bahan, dan lainnya. Pastikan juga produk Anda terdaftar di kategori produk yang benar.

Manfaatkan media sosial untuk menarik trafik ke toko Anda 

Memanfaatkan media sosial toko atau brand Anda, atau bahkan media sosial pribadi Anda, bisa menjadi salah menarik pengunjung ke toko Anda. Sampaikan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial dan jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk.

Bangun penilaian dan ulasan baik untuk toko dan produk Anda 

Penilaian dan ulasan toko yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan calon pembeli terhadap toko Anda. Dorong pembeli agar memberikan ulasan dari setiap transaksi yang dilakukan. Memberikan voucher diskon untuk pembelian berikutnya bisa menjadi salah satu cara mendorong pembeli memberikan penilaian atas produk dan layanan toko Anda. Voucher juga bisa mendorong pembeli untuk melakukan pembelian selanjutnya.

Manfaatkan fitur dan program yang ditawarkan, termasuk livestreaming

Fitur livestreaming seperti LazLive juga bisa dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Jangan ragu untuk manfaatkan berbagai fitur dan program ini sesuai dengan kebutuhan toko Anda demi menjaring pelanggan lebih luas.

Miliki mental untuk terus belajar dan berusaha

Berjualan online bukan hal yang mudah, dan kegagalan menjadi hal yang lumrah terjadi. Pengalaman selalu menjadi guru terbaik, dimana penjual akan dapat menemukan pendekatan dan strategi terbaik untuk bisnisnya seiring dengan perjalanan usaha, termasuk dalam persiapan menghadapi festival belanja di e-Commerce.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version