youngster.id - Dalam laporan terbaru Statista, tercatat terjadi peningkatan rata – rata pembelian melalui live streaming sebesar 76% di seluruh dunia, sejak awal pandemi hingga saat ini. Melihat pesatnya perkembangan live commerce serta besarnya potensi dari kanal penjualan baru ini, Jet Commerce Indonesia meresmikan live streaming center.
Direktur Marketing Jet Commerce Indonesia Agustina Putri Wijaya menyampaikan, pendirian fasilitas Live Stream Center ini merupakan wujud dari komitmen perusahaan untuk selalu memberikan nilai tambah kepada mitra brandnya.
“Sebagai perusahaan jasa, Jet Commerce berkomitmen untuk selalu tanggap dalam beradaptasi dengan perubahan, salah satunya dengan berinovasi melalui peluncuran layanan live commerce yang sejalan dengan tren live shopping yang tengah berkembang pesat, serta mendirikan fasilitas Live Stream Center ini untuk mendukung pertumbuhan dan kualitas dari layanan baru kami,” jelas Agustina dalam keterangannya, Selasa (19/7/2022).
Live commerce merupakan aktivitas perdagangan yang menyiarkan produknya secara digital melalui video dan terhubung langsung dengan konsumen secara daring, yang dinilai telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini.
Sebelumnya, Jet Commerce Indonesia juga meluncurkan unit bisnis Lumbalumba yang menyediakan layanan live commerce secara menyeluruh untuk mitra brand Jet Commerce Indonesia. Layanan ini menyediakan mulai dari live streaming, talent management termasuk menyediakan kreator konten atau influencer ternama, TikTok Shop Management, hingga content marketing.
“Kami melihat peluncuran Lumbalumba sebagai unit bisnis terbaru kami yang menyediakan layanan live commerce ini, akan semakin memperkuat ekosistem e-commerce yang Jet Commerce miliki, di mana akan melengkapi solusi e-commerce end-to-end kami yang sebelumnya terdiri dari e-commerce operations, warehousing fulfillment service, dan omnichannel system,” lanjut Agustina.
Sementara itu Manager Live Streaming Jet Commerce Indonesia Elisa mengatakan, tren live shopping digemari karena mampu menawarkan pengalaman belanja online yang menyenangkan melalui interaksi langsung dan nyata antara penjual dengan konsumen, serta membawa hiburan dan kesenangan bagi konsumen dari kesempatannya berinteraksi dengan influencer favoritnya.
Namun, menurut dia, melakukan live streaming yang berkualitas, serta menciptakan konten – konten pemasaran yang menarik, tidaklah mudah. Diperlukan strategi, kreativitas, hingga keahlian teknis agar dapat mengoptimasi kanal penjualan live commerce ini.
“Di Lumbalumba, kami memiliki lebih dari 40 live streaming experts yang berpengalaman dalam melakukan planning menyeluruh untuk setiap sesi live streaming yang akan kami lakukan, mulai dari analisis produk, pemilihan host, pembuatan naskah, dekorasi studio, hingga merancang mekanisme live streaming dan pengelolaan teknisnya,” pungkas Elisa.
Semenjak diluncurkan pada tahun lalu, unit bisnis live commerce ini telah mengalami peningkatan pendapatan hingga lima kali lipat, dan berhasil menarik perhatian berbagai brand ternama seperti OPPO, realme, Gaabor, Senka, hingga Unicharm untuk menjadi mitra brandnya. Bahkan pada kuartal IV – 2021, Lumbalumba dinobatkan oleh TikTok sebagai TikTok Shop Partner terbaik karena telah berhasil mencatatkan performa penjualan yang tinggi selama tiga bulan berturut –turut di platform TikTok Shop.
STEVY WIDIA