Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Agen AI Dengan Sentuhan Manusia Akan Tingkatkan Pengalaman Personal Pelanggan

4 Juni 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Agen AI Dengan Sentuhan Manusia Akan Tingkatkan Pengalaman Personal Pelanggan

Founder HERA Joel Djuwadi. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) terus mendorong transformasi bisnis, salah satunya adalah dalam hal berinteraksi dengan pelanggan. Inovasi terbaru adalah kehadiran agen AI yang mampu menyederhanakan interaksi dengan pelanggan serta mendukung berbagai aplikasi industri mulai dari keuangan, otomotif, manufaktur, kesehatan, hingga keamanan siber.

Founder HERA Joel Djuwadi, mengatakan teknologi AI sudah menjadi prioritas di berbagai sektor bisnis di Indonesia. “Teknologi ini tidak hanya dipakai untuk mendorong efisiensi sistem internal tetapi juga secara langsung menjadi pendorong transisi dunia bisnis berbasis pelanggan secara luas dan intensif,” katanya saat ditemui disela acara CXtraordinary Evening dan Tech Executive Award 2025, Selasa (3/6/2025) di Jakarta.

Saat ini Joel terus mengembangkan, HERA platform AI yang memanfaatkan data interaksi pelanggan dari berbagai saluran mulai dari transkrip panggilan, e-mail, chat, hingga media social, untuk membangun model layanan yang responsif, empatik, dan berbasis personalisasi.

Baca juga :   ChatGPT Dapat Digunakan untuk Menangkal Serangan Siber yang Diinisiasi AI?

“Saat ini Agen AI kami telah dirancang untuk menerapkan praktik terbaik yang diidentifikasi oleh analitik khusus guna memastikan layanan berkualitas tinggi yang konsisten,” ujarnya.

Dia menjelaskan, agen AI HERA dipandu oleh Hema, sebuah quality assurance AI Analytic yang memantau kualitas layanan dalam berbagai dimensi seperti sentuhan manusia, empati, navigasi, dan akurasi respons, memberikan wawasan real-time untuk perbaikan berkelanjutan. Dengan konsep ini, agen AI bakal menyesuaikan perilakunya berdasarkan wawasan ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, Hema juga memantau kuantitas performa dan tingkat layanan HERA.

“Kami menjadikan sentuhan manusia sebagai parameter, sehingga ketika menanggapi pelanggan HERA memiliki sopan santun layaknya berhubungan dengan manusia nyata,” ucapnya.

Baca juga :   Coding Camp DBS Foundation 2025 Target Latih 6000 Calon Talenta Digital

Joel menjelaskan, kemampuan pembelajaran adaptif dari agen AI memungkinkan tim layanan berfokus pada peran strategis, menciptakan lingkungan layanan pelanggan yang lebih proaktif.  Agen AI terbaru ini ditenagai oleh model bahasa besar yang telah berkembang jauh melampaui chatbot FAQ.

“Dengan kemampuan ini, agen dapat dengan cerdas menentukan kapan harus memberikan respons cepat secara single-shot untuk pertanyaan sederhana, atau melakukan reasoning mendalam ketika menghadapi masalah multistep yang rumit. Dalam penerapan nyata, agen AI berpikir telah membuktikan efektivitasnya dalam mengoptimasi alur kerja di berbagai sektor seperti perbankan, asuransi, keuangan, pembiayaan, e-commerce, kesehatan, ritel, dan telekomunikasi untuk menyesuaikan kebutuhan perusahaan,” paparnya.

Sementara itu, Yuliana Agung ahli layanan customer experience menegaskan, arsitektur teknologi berbasis costumer experience (CX) ini harus memiliki sentuhan manusia.

Baca juga :   Indosat Gelar Indonesia AI Day 2024, Buka Jalan Kedaulatan AI

“Di era digital ini, sangat penting bagi perusahaan untuk tidak hanya mengadopsi teknologi, tetapi juga memastikan bahwa teknologi tersebut benar-benar mampu melayani dan dapat memancing dan menangkap kenyamanan pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan,” kata Yuliana Agung, Indonesia CX Expert.

Dia menegaskan, teknologi bukanlah pembeda utarna. “Pembeda CX ada di dalam rancangan yang diteknologikan. Untuk itu diperlukan CX parameters yang kuat, dapat memancing dan menangkap kenyamanan pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan,” pungkasnya.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: #AlCustomer Experience#HERA_AIKecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)
Previous Post

IGDX 2025 Jadi Wadah Pelaku Industri Gaming Lokal Untuk Bangun Jejaring Global

Next Post

Strategi Samyang Untuk Capai Posisi Puncak Pasar Mie Instan di Indonesia

Related Posts

Kampus Harus Jadi Garda Terdepan Cetak Talenta Digital
Headline

Kampus Harus Jadi Garda Terdepan Cetak Talenta Digital

28 Juli 2025
0
Pemanfaatan AI Ubah “Permainan” di Berbagai Sektor Bisnis Kreatif
News

Pemanfaatan AI Ubah “Permainan” di Berbagai Sektor Bisnis Kreatif

4 Juli 2025
0
East Ventures
Headline

Inisiatif East Ventures Percepat Pemanfaatan Kecerdasan Buatan di Indonesia

28 Mei 2025
0
Load More
Next Post
Strategi Samyang Untuk Capai Posisi Puncak Pasar Mie Instan di Indonesia

Strategi Samyang Untuk Capai Posisi Puncak Pasar Mie Instan di Indonesia

Igloo Luncurkan Platform D2C Untuk Tingkatkan Penetrasi Asuransi Bagi Kalangan Muda

Modernisasi Rantai Nilai Asuransi, Iqloo Luncurkan Lini Bisnis Baru

ATLAS, Aliansi Startup Asia Pasifik Untuk Dorong Inovasi Lintas Batas

ATLAS, Aliansi Startup Asia Pasifik Untuk Dorong Inovasi Lintas Batas

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version