Agregator Merchant Penyedia Voucer Digital Raih Pendanaan Seri A

Aldmic COOPN Digital

Founders Aldmic COOPN Digital. (Foto: istimewa/Aldmic)

youngster.id - Menurut Global Gift Card Survey pada 2021, pasar pemberian gift card di Indonesia diprediksi tumbuh dari US$ 1.365,7 juta pada 2020 menjadi US$ 2.302,6 juta pada 2025. Laju Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) diprediksi mencapai 9,9% per tahun pada periode 2021 – 2025. Selain itu, masyarakat Indonesia kian terbiasa bertransaksi online.

Potensi ini sepertinya mendorong investor mengucurkan pendanaan kepada Aldmic COOPN Digital perusahaan agregator merchant penyedia voucer digital. Perusahaan ini memperoleh pendanaan seri A dari investor asal Korea Selatan, COOP Marketing.

CEO Aldmic COOPN Digital Willy Thomas mengatakan, suntikan dana ini membawa Aldmic memperluas pasar, dengan menyasar konsumen ritel atau Business-to-Consumers (B2C).

“Sebagai platform mobile gifting pertama di Indonesia, Pay’s Gift bertujuan untuk merevolusi kebiasaan pemberian hadiah di Indonesia dengan cara yang fleksibel, praktis, dan berkelanjutan. Kami ingin menjadikan hadiah digital sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama untuk mengekspresikan apresiasi dan terima kasih satu sama lain,” kata Willy dalam keterangan pers, Jumat (1/4/2022).

Aldmic COOPN Digital didirikan oleh Willy bersama Aldwin Wijaya dan Rini Cen pada 2015 dengan nama PT Aldmic Technology Indonesia. Perusahaan ini merupakan agregator merchant yang memiliki spesialisasi dalam penyediaan voucer digital dan manajemen program loyalitas.

Menurut Willy, saat ini permintaan voucer digital juga berpotensi meningkat. Dibandingkan dengan kategori produk lain yang cenderung mengalami penurunan selama pandemi, pembelian pulsa dan voucher digital di kanal e-commerce justru naik sebesar 4% dalam kurun 2019-2020. Berdasarkan riset SIRCLO, 45,2% perempuan melakukan pembelian pulsa dan voucer digital secara online.

“Kedepan, kami berupaya mengembangkan jangkauan dan spesialisasi Pay’s Gift dengan menambah jumlah mitra merchant dalam platform. Tidak hanya dari segi jumlah, kami juga ingin bekerja sama dengan lebih banyak brand lokal di setiap kota. Kami juga menjajaki kemungkinan untuk membuka layanan internasional, sehingga pengguna bisa mengirimkan hadiah digital untuk teman atau keluarga yang berada di negara lain,” kata Willy lagi.

Aldmic telah meluncurkan platform mobile gifting Pay’s Gift. Pengguna bisa saling mengirimkan hadiah digital berupa voucer dan produk mitra merchant melalui platform ini. Sejauh ini, Pay’s Gift telah bekerja sama dengan lebih dari 70 brand di Indonesia, mulai dari kuliner atau F&B, kesehatan hingga olahraga. Mitra lain adalah GrabFood,Chatime dan Dr Kong. Selain itu Pay’s Gift membantu pengembangan Samsung Galaxy Gift Indonesia.

Korea IT Times melaporkan, COOP Marketing mengakuisisi mayoritas saham Aldmic Technology Indonesia pada Maret 2021. COOP Marketing adalah perusahaan penyedia e-voucher di Korea Selatan. Namun nilai pendanaan dari COOP Marketing tidak disebutkan.

STEVY WIDIA

Exit mobile version