Akuisisi Pelanggan MNC Play, Ambisi Indosat di Bisnis FTTH

Indosat Ooredoo

Akuisisi Pelanggan MNC Play , Ambisi Indosat di Bisnis FTTH (Foto: Istimewa)

youngster.id - Indosat secara resmi mengumumkan mengakuisisi pelanggan MNC Play milik PT MNC Kabel Mediacom (MKM)–anak usaha PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV)–dengan nilai Rp876,86 miliar.

Chief Legal & Regulatory Officer sekaligus Sekretaris Perusahaan Indosat Reski Damayanti mengatakan pada 15 November 2023, perseroan telah menandatangani Akta Berita Acara Serah Terima dengan MNC Kabel Mediacom, sehubungan dengan penyelesaian transaksi pengalihan pelanggan MNC Play ke Indosat.

“Transaksi ini sebagaimana diatur dalam Perjanjian Pembelian Aset antara Indosat, MNC Kabel Mediacom, PT Asianet Media Teknologi dan Lightstorm Indonesia I Pte Ltd yang sebelumnya ditandatangani pada 24 Oktober 2023,” kata Reski dalam keterbukaan informasi, Jumat (17/11/2023).

Saat ini proses peralihan pelanggan MNC Play kepada Indosat sendiri ini masih terus bergulir, dan ditargetkan selesai pada semester pertama 2024 mendatang. Pelanggan yang dipindahkan mencapai 330.000 yang tersebar di berbagai kota Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang dan Surabaya.

Sejatinya, aksi korporasi itu dilakukan Indosat sebagai bagian dari proses pengembangan bisnis Fiber to the Home (FTTH). Layanan FTTH Indosat sendiri mulai dikenalkan akhir 2022 lalu, dengan nama Indosat HiFi,  melengkapi portofolio layanan fix mobile convergence (FMC) perusahaan.

Steve Saerang selaku SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchinson mengatakan bahwa akuisisi pelanggan MNC Play oleh Indosat ini merupakan salah satu strategi mereka dalam mengembangkan bisnis fiber to the home (FTTH).

“Akan memperkuat posisi Indosat di pasar dengan tambahan sejumlah pelanggan MNC Play melengkapi 100 juta pengguna Indosat yang sudah ada,” jelas Steve.

Indosat memiliki ambisi untuk memperkuat bisnis layanan internet rumah. Indosat berusaha memperluas jaringan serat optik dari 400.000 homepass menjadi 1,5 juta homepass, untuk mendorong produk internet rumah mereka HiFi.

HiFi merupakan layanan internet yang menyasar segmen perumahan dan perkantoran yang dapat terhubung dengan 5-7 perangkat dalam satu waktu untuk kecepatan 30 Mbps. Adapun, jika kecepatan dinaikkan menjadi 500 mbps, HiFi dapat terhubung hingga 20 perangkat sekaligus.

Indosat menargetkan menangkap 10% pangsa pasar FTTH dalam waktu tiga tahun ke depan. Di sisi lain, Indosat juga sedang agresif di segmen mobile dan fixed broadband.

Kenapa mengakuisisi MNC Play? Perlu diketahui, MNC Play merupakan operator fixed broadband terbesar ketiga di Indonesia dengan total 2,5 juta homepass. Jumlah tersebut terdiri atas 1,5 juta h  omepass yang dimilikinya dan 1 juta homepass hasil dari kemitraan dengan penyedia jaringan netral, yaitu ICON+, Fiberstar, IBS, dan SMT.

MNC Play menjalin kerja sama dengan penyedia jaringan netral untuk memperluas jangkauannya ke 14 kota dan meminimalkan kebutuhan capex dan opex. Hal ini mendorong MNC Play meningkatkan pelanggannya hingga 325 ribu, yang mencerminkan penetrasi sebesar 22% dalam beberapa tahun terakhir. (*AMBS)

 

Exit mobile version