Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia

Peluncuran Guarantee Package Alibaba.com Indonesia 2025. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - UMKM di Indonesia merupakan tulang punggung perekonomian nasional, menyumbang lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap hampir 97% dari total tenaga kerja. Dengan kekayaan produk yang beragam—mulai dari komoditas pertanian dan bahan alami hingga fesyen, furnitur, dan kerajinan tangan—Indonesia memiliki posisi strategis untuk berkompetisi e-commerce global.

Untuk mendukung UMKM Indonesia dalam menangkap peluang ekspor, platform e-commerce B2B Alibaba.com meluncurkan Guarantee Package.

Head of South and Southeast Asia, Alibaba.com, Roger Luo mengatakan, ini penawaran khusus yang dirancang untuk membantu UMKM di Indonesia memulai atau memperluas transformasi digital mereka, serta menjangkau pasar internasional.

“Kita sedang menyaksikan bagaimana perdagangan global bergeser dengan sangat cepat. Pendefinisian ulang rantai pasokan, ekspektasi pembeli terus berkembang, dan laju digitalisasi semakin cepat. Akan tetapi, UMKM masih menghadapi hambatan untuk go global, mulai dari standar kualitas dan kepercayaan pembeli, hingga kesiapan digital. Ini bukan cerminan kurangnya potensi; ini adalah sinyal bahwa ekosistem harus bergerak lebih cepat, cerdas, dan kolaboratif,” katanya dikutip Rabu (27/8/2025).

Laporan Research & Markets 2025 menunjukkan, proyeksi nilai pasar (market value) e-commerce B2B global mencapai US$47,5 triliun atau sekitar Rp736.250 triliun pada 2030. Namun, masih banyak penjual–terutama UMKM di Indonesia–yang mengalami kendala menghadapi tantangan dalam ekspansi ke pasar global, seperti pengetahuan terbatas tentang ekspektasi pembeli, prosedur ekspor yang rumit, dan kurangnya perlengkapan digital.

Menurut Luo, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam, produk yang beragam, dan kreativitas kelas dunia. Menangkap peluang tersebut, Alibaba.com memperkenalkan Guarantee Package membantu UMKM Indonesia bersaing di kancah global dan mendukung bisnis yang beralih ke model ekspor online.

“Program ini dirancang khusus untuk membantu pelaku usaha baru di e-commerce B2B global maupun penjual yang beralih ke kanal digital meningkatkan kepercayaan pembeli, meningkatkan visibilitas, dan mencapai hasil ekspor terukur dalam platform Alibaba.com,” ungkapnya.

Luo menjelaskan, program ini juga meningkatkan visibilitas produk bagi pembeli dan menyediakan alat untuk mengoptimalkan operasi lintas batas (cross-border) dan capaian komersial, sehingga UMKM Indonesia dapat memenuhi ekspektasi pembeli dengan lebih baik dan memperluas skala ke pasar internasional. Selain itu, Alibaba.com juga akan menyediakan layanan gratis pengembangan mini-site profesional dan pencantuman produk, demi menurunkan hambatan masuk serta mempercepat peluncuran online para eksportir.

Guarantee Package ini lebih dari sekadar penawaran promosi. Program ini dirancang untuk memberikan hasil terukur bagi UMKM Indonesia untuk berjualan di panggung global. Melalui program ini, kami bertujuan membantu pemasok Indonesia mempercepat partisipasi mereka dalam perdagangan global dan memperkuat resiliensi mereka dalam lanskap rantai pasokan yang dinamis saat ini,” katanya lagi.

Guarantee Package tersedia secara eksklusif untuk pemasok Indonesia baru yang telah bergabung dengan Alibaba.com untuk 90 hari pertama. Program ini menawarkan:

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version