Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Anak Muda Diajak Ikuti Tren Kesadaran Konsumsi

25 Februari 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Danone-AQUA x Universitas Indonesia - Voice of Youth

Gelar diskusi Voice of Youth di Balai Purnomo Prawiro, Universitas Indonesia, Jakarta. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Saat ini pola konsumsi masyarakat cenderung mengikuti tren kesadaran konsumsi (conscious consumption). Untuk itu anak muda didorong untuk hanya memperhatikan nilai ekonomis dan fungsi dari produk yang dikonsumsi saja, tetapi juga dampak dari produk tersebut baik terhadap lingkungan, kesehatan, maupun sosial.

Dorongan ini disampaikan dalam diskusi terbuka Voice of Youth bertema “Conscious Consumption: Let’s Start The Journey.”

Pakar ekonomi lingkungan serta pendiri lembaga Think Policy Andhyta Firselly Utami (Afutami), menyampaikan, seiring dengan meluasnya kesadaran tentang dampak konsumsi mereka terhadap lingkungan dan kesehatan tren conscious consumerism semakin meningkat di antara masyarakat.

“Orang muda, sebagai generasi yang melek digital dan terpapar terhadap lebih banyak informasi melalui media sosial adalah populasi terbesar dalam menerapkan kesadaran konsumsi di kehidupan sehari-hari. Tentunya ini perlu didorong agar terus berkelanjutan, demi membawa manfaat positif dalam jangka panjang,” kata Andhyta dalam acara yang digelar Universitas Indonesia (UI) bermitra dengan Danone-AQUA dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Jumat (24/2/2023) di di Balai Purnomo Prawiro, Universitas Indonesia, Jakarta.

Baca juga :   UI Siap Gelar Program SMART City

Diskusi ini membahas tentang pentingnya membangun kebiasaan conscious consumption dalam mendukung target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) pada isu lingkungan, sosial, ekonomi, dan juga kesehatan. Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Danone-AQUA dengan UI untuk memperkuat upaya pelestarian lingkungan, edukasi, dan kesehatan.

Corporate Communication Director Danone Indonesia,  Arif Mujahidin memaparkan, kesadaran untuk memilih produk yang berkontribusi positif pada berbagai aspek kehidupan, mulai dari lingkungan hingga sosial, menjadi faktor yang penting bagi masyarakat dan generasi muda saat ini dalam mengambil keputusan, yang sekaligus menjadi salah satu penggerak utama tren conscious consumption.

“Kami menyadari bahwa kebutuhan serta gaya hidup masyarakat terus berubah dan hal tersebut tentu memiliki dampak terhadap lingkungan maupun sosial. Oleh karena itu, kami yakin bahwa dengan mengadopsi gaya hidup conscious consumption terutama dimulai dari kalangan muda, kita dapat memberikan dampak yang lebih positif bagi berbagai pihak,” kata Arif.

Baca juga :   Jack Ma Siap Jadi Penasihat E-Commerce Indonesia

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia mengatakan, selama ini UI telah memulai dengan melakukan berbagai inisiatif diantaranya menyediakan bus kuning di area kampus guna mengurangi polusi, mendaur ulang plastik menjadi sebagian dari aspal jalan di Kampus Depok, hingga mengelola dan mengurangi sampah di lingkungan kampus.

“Dukungan aktif dari mitra kami seperti Danone-AQUA ini memperkuat pesan yang disampaikan dalam sesi diskusi  hari ini, yakni tentang cara generasi muda berpotensi menjadi garda terdepan dalam memastikan keberlanjutan atas upaya pelestarian lingkungan, ketahanan sosial, dan juga kesehatan publik. Melalui acara ini, diharapkan mahasiswa mendapat pembelajaran serta perspektif baru dalam menyikapi semangat keberlanjutan,” pungkasnya.  

Baca juga :   Shopee Dorong Produk UMKM Indonesia Ekspor Ke Pasar Internasional

STEVY WIDIA

Tags: Danone-AQUAkesadaran konsumsi (conscious consumption)Universitas Indonesia (UI)Universitas Indonesia (UI) bermitra dengan Danone-AQUA dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI
Previous Post

Agar Punya Daya Saing, Industri Mamin Harus Transformasi Digital

Next Post

Smartwatch dan TWS Ini Hadir Dengan Teknologi Pendukung Gaya Hidup Sehat dan Aktif

Related Posts

Hackathon UI Incubate 2025 Kolaborasikan Riset Akademik dan Industri
Headline

Hackathon UI Incubate 2025 Kolaborasikan Riset Akademik dan Industri

4 Juli 2025
0
keterampilan digital
News

UI INCUBATE 2024 Bangun Ekosistem Inovasi Startup di Kampus

17 Oktober 2024
0
BRI dan UI Hadirkan BRIWORK Startup Center, Tingkatkan Jiwa Wirausaha Di Kalangan Mahasiswa
Headline

BRI dan UI Hadirkan BRIWORK Startup Center, Tingkatkan Jiwa Wirausaha Di Kalangan Mahasiswa

2 September 2024
0
Load More
Next Post
Huawei Watch GT 3 SE

Smartwatch dan TWS Ini Hadir Dengan Teknologi Pendukung Gaya Hidup Sehat dan Aktif

Pertamina NRE University Engagement & Outreach

Pertamina NRE Jaring Talenta Muda Untuk Kembangkan Energi Baru Terbarukan

Ingin Work from Bali, Berikut Tips untuk Mengatur Keuangan Agar Tak Boros

Bali Jadi Destinasi Favorit Liburan Keluarga Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version