Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Anak Muda Pembawa Perubahan Bagi Indonesia Maju Melalui Kewirausahaan

14 September 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Anak Muda Pembawa Perubahan Bagi Indonesia Maju Melalui Kewirausahaan
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 menyebut minat masyarakat Indonesia untuk berwirausaha cukup tinggi yaitu 47,7%. Menariknya, jumlah anak muda yang memilih wirausaha sebanyak 19,48%, meningkat sebesar 1,02% dari tahun sebelumnya. Meski demikian, dukungan bagi para pelaku wirausaha harus terus dilakukan.

Hal ini yang membuat Wismilak Foundation terus menggelar Diplomat Success Challenge (DSC), kompetisi kewirausahaan sejak 2010 hingga tahun ini.

Public Relations Manager Anastesya Ftaraya mengatakan, konsistensi dari DSC ini diharapkan akan mendorong anak muda menciptakan ide bisnis yang kreatif, inovatif, dan mencakup nilai berkelanjutan.

“Sejak awal kami berharap ajang DSC ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat terutama anak muda dalam mengembangkan ide bisnis, menjalankan visi dan misi berbisnis, serta bertahan hingga dapat membawa perubahan menuju Indonesia yang semakin maju. Intinya, bisnis anak muda harus memikirkan keberlanjutan yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” ucap Anastesya saat ditemui youngster.id baru-baru ini di Jakarta.

Baca juga :   AWS Siap Bangun Basis Talenta Cloud di Indonesia

Selanjutnya Anastesya mengatakan, Wismilak Foundation melalui program Diplomat Success Challenge (DSC), telah memberikan berbagai support dengan berbagai kegiatan yang fokus di bidang kewirausahaan. Seperti mengadakan pelatihan-pelatihan, webinar, hingga program inkubasi ke masyarakat yang lebih luas.

Selain itu, berdasarkan data rekapitulasi, jumlah peserta DSC terus meningkat signifikan setiap tahunnya. Bahkan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, rerata kenaikan jumlah peserta DSC terus meningkat hingga 16%. Selain itu, sebaran usia peserta yang mengikuti program berada pada rentang usia mulai dari 18 hingga 45 tahun.

“Hal ini menunjukkan korelasi positif, DSC turut berkontribusi pada pertumbuhan jumlah wirausaha muda di Indonesia,” ujarnya.

Tahun ini, bertepatan dengan penyelenggaraan DSC Season 14, tercatat 385 mahasiswa yang turut berpartisipasi mengikuti berbagai kegiatan kewirausahaan yang termasuk dalam rangkaian roadshow campus to campus DSC. Selain merangkul civitas akademika, DSC juga berkolaborasi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Jamaah Maiyah untuk menghasilkan ekosistem kewirausahaan yang kuat di Indonesia.

“Pencapaian DSC untuk berperan aktif dalam meningkatkan jumlah kewirausahaan di Indonesia, masih terus kami upayakan dengan konsisten menciptakan entitas baik melalui ajang kompetisi, pelatihan dan webinar di luar kompetisi, hingga kolaborasi dengan berbagai kampus ternama seperti Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, UNSRI, UNILA dan masih banyak lagi. Di tahun 2022, kami membina 82% bisnis anak muda yang sudah berjalan dan 18% yang masih berupa konsep. Kita nantikan kejutan ide bisnis apa yang akan lolos ke DSC Season 14 tahun ini,” ungkapnya.

Baca juga :   Axioo Class Program, Fokus Praktek Kewirausahaan

Pada musim kompetisi ke-14 ini, total sudah ada 27.286 ide bisnis yang masuk ke dalam tahap seleksi DSC 2023.

Program Inisiator DSC Edric Chandra mengatakan, pada proses pendaftaran terlihat 66,2% bisnisnya sudah berjalan dan 33,8% masih berupa konsep.

“Upaya ini sebagai pintu awal yang menggerakkan motivasi anak muda, tentang kewirausahaan dan manfaatnya bagi mereka. Kami berharap, nantinya akan ada banyak macam komunitas bisnis di seluruh Indonesia sehingga memperkuat entitas kewirausahaan di Tanah Air. DSC sebagai ajang kewirausahaan mendorong generasi muda untuk berkontribusi kepada perekonomian indonesia, tidak hanya piawai dalam berbisnis tapi juga berperan aktif di masyarakat dengan membuka lapangan kerja baru,” ucapnya.

Baca juga :   Aplikasi e-Kop BKE Untuk Pengelolaan Keuangan Koperasi

Bagi anak muda yang ingin berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian, pendaftaran DSC masih berlangsung hingga 16 September 2023.

 

STEVY WIDIA 

Tags: Diplomat Success Challenge 2023wirausahaWismilak Foundation
Previous Post

HappyFlex, Solusi Untuk Generasi Z Bergaya Hidup Digital

Next Post

Finpay Fasilitasi Pembelian E-Materai untuk Peserta Seleksi CPNS

Related Posts

Endeavor Indonesia Dorong Transformasi Wirausaha Berdampak Tinggi
Headline

Endeavor Indonesia Dorong Transformasi Wirausaha Berdampak Tinggi

30 Juni 2025
0
Starbucks Creative Youth Entrepreneurship
Headline

Starbucks Creative Youth Entrepreneurship 2025, Dorong Lahirnya Pengusaha Muda Dari Kalangan Pelajar

17 April 2025
0
DSC Season 14
Headline

Pengusaha Muda Asal Bandung Jadi Jawara DSC Season 14

26 Januari 2024
0
Load More
Next Post
Finpay

Finpay Fasilitasi Pembelian E-Materai untuk Peserta Seleksi CPNS

Ascent Venture Group

VC ARISE dan Centauri Merger Membentuk Ascent Venture Group

waresix - Indonesia Mining 2023

waresix Tawarkan Solusi Logistik End-to-End Berbasis Digital dan AI

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version