Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Batik Ditargetkan Jadi Produk Mode Global

8 Juni 2017
in Headline, News
Reading Time: 1 min read
Batik Ditargetkan Jadi Produk Mode Global

Gelar Batik Nusantara 2017 bertema Nuansa Hayati. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Batik merupakan warisan budaya tak benda asli Indonesia yang dikukuhkan UNESCO sebagai Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity. Pengakuan internasional ini harus didukung dengan perkembangan industrinya.

Untuk itu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan batik menjadi mode global yang dikembangkan oleh pelaku industri mode di seluruh dunia.

“Jadi, bagaimana mendudukan batik jadi mainstream pengembangan modern dan gaya di pasar global,” ujar Airlangga usai meresmikan Gelar Batik Nusantara (GKN) 2017, Rabu (7/6/2017) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Menurutnya, pengakuan internasional ini membangkitkan semangat para perajin dan industri batik nasional untuk terus mengembangkan usahanya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

Baca juga :   Kolaborasi Crunchyroll dan Spotify untuk Memberikan Pengalaman Musik Anime

“Industri batik berperan penting bagi perekonomian nasional, karena menjadi penggerak perekonomian regional maupun nasional, penyedia lapangan kerja, serta penyumbang devisa negara” paparnya.

Ia menambahkan, industri batik didominasi oleh industri kecil dan menengah yang tersebar di 101 sentra.

Jumlah tenaga kerja yang terserap di sentra industri kecil dan menengah (IKM) batik mencapai 15 ribu orang hingga saat ini, dengan nilai ekspor kain batik dan produk batik mencapai 149,9 juta dolar AS pada 2016. Adapun pasar utama untuk produk batik dari Indonesia adalah Jepang, Amerika Serikat dan Eropa.

Airlangga berharap, pergelaran GKN mampu mempromosikan batik Indonesia ke seluruh dunia.Dalam hal ini, lanjutnya, Kementerian Perindustrian terus berupaya mengembangkan industri batik nasional dengan berbagai program.

Baca juga :   GIIAS 2017, Ajang Unjuk Kualitas Komponen Lokal

Beberapa program tersebut, yakni peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan kualitas produk, serta standarisasi.

Selain itu, fasilitas mesin atau peralatan serta promosi dan pameran diberikan kepada para perajin dan pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing dan kapasitas produksinya.

“Untuk meningkatkan akses pasar, Kemenperin juga memilik program e-smart IKM. Kami juga mendorong agar industri batik memanfaatkan berbagai fasilitas pembiayaan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), LPEI dan insentif lainnya untuk memperkuat struktur modal,” ujar Airlangga.

STEVY WIDIA

Tags: batikGelar Batik Nusantara 2017industri batikMenteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto
Previous Post

Akan Dibentuk Asosiasi Penyelenggara dan Produksi Acara Indonesia (APPAI)

Next Post

Teh Herbal Bunga Pinus Inovasi UM Magelang

Related Posts

Dama Kara, Batik Lokal Yang Sukses Ekspor Berkat “Teman Istimewa”
Headline

Dama Kara, Batik Lokal Yang Sukses Ekspor Berkat “Teman Istimewa”

4 November 2024
0
busana batik di Lazada
News

Tampil Fashionable dengan Batik 

8 Oktober 2023
0
batik lokal
News

Lazada Dukung Pertumbuhan Produk dan Ragam Batik Indonesia

4 Oktober 2022
0
Load More
Next Post
Teh Herbal Bunga Pinus Inovasi UM Magelang

Teh Herbal Bunga Pinus Inovasi UM Magelang

BinaryStudio 54 Rilis Game Terbaru yang Nyeleneh

BinaryStudio 54 Rilis Game Terbaru yang Nyeleneh

Rio Dewanto : Ingin Menyebarluaskan Informasi Seputar Kopi

Rio Dewanto : Ingin Menyebarluaskan Informasi Seputar Kopi

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version