youngster.id - Platform konten audio lokal Noice menghadirkan Noicemaker+, program khusus yang membuka kesempatan luas bagi kreator se-Indonesia untuk tumbuh dan hidup dari karya mereka.
Potensi pertumbuhan konten kreator di Indonesia kian meningkat. Berdasarkan data yang dilansir Katadata.id, nilai pasar industri konten kreator di Indonesia bisa mencapai hingga Rp7 triliun dan diprediksi meningkat lima kali lipat pada 2027.
Hal ini sejalan dengan data internal dari Noice yang mencatat pertumbuhan konten kreator yang berkarya di aplikasi tersebut secara signifikan. Saat ini sudah ada hampir 4,000 kreator dengan user-generated-contents (UGC) yang tergabung di Noice dimana angka ini belum termasuk jumlah kreator yang mempunyai konten original & eksklusif.
Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO) Noice mengatakan, sesuai dengan komitmen untuk mengembangkan ekosistem konten audio yang berkualitas di Indonesia, Noice menghadirkan program Noicemaker+ untuk mendukung para kreator dalam berkarya dengan mudah, nyaman, produktif sekaligus menguntungkan.
“Program Noicemaker+ terdiri dari beragam fitur, dukungan exposure hingga skema monetisasi yang telah kami siapkan sedemikian rupa untuk membuat para kreator yang memproduksi karya di Noice lebih semangat dan berdaya karena mereka bisa terkoneksi dengan kreator dan public figure lainnya, tumbuh secara positif, bahkan hidup dari karya mereka sendiri,” kata Niken, Kamis (30/3/2023).
Kreator UGC sendiri adalah sebutan bagi para kreator yang menghadirkan kontennya di berbagai platform, termasuk Noice. Ribuan kreator UGC yang menghadirkan karyanya di Noice saat ini telah memproduksi lebih dari 4 juta menit durasi konten dengan genre yang paling banyak dihadirkan adalah hiburan komedi atau entertainment, disusul dengan edukasi dan konten seputar masyarakat & budaya. Kebanyakan dari mereka adalah Gen-Z dan milenial yang berusia 18-34 tahun, serta datang dari berbagai daerah di Indonesia, dengan dominasi dari pulau Jawa.
Di sisi lain, jumlah pengguna Noice sendiri mengalami peningkatan pesat dimana saat ini telah ada lebih dari 5 juta pengguna se-Indonesia. Noice juga mencatat kebiasaan pendengar dalam menikmati konten pun mulai berubah perlahan terutama sejak tahun 2022 dimana masyarakat mulai banyak yang aktif untuk berkegiatan di luar rumah saat pandemi mulai mereda. Waktu pengguna paling banyak mendengarkan konten di aplikasi Noice mengalami peningkatan signifikan per tahun 2022 pada pukul 05.00 pagi hingga 12.00 siang, dibanding pada tahun 2021. Peningkatan ini mengindikasikan waktu dimana pengguna sedang berada pada jam aktif beraktivitas di kantor ataupun sekolah/kampus.
Program Noicemaker+ memberikan kemudahan bagi tiap kreator untuk mengembangkan konten mereka di aplikasi Noice. Bagi para kreator yang telah memasukkan konten mereka di aplikasi Noice melalui platform studio.noice.id, mereka akan mendapatkan undangan terbatas atau wajib mendapatkan 20 subscribers terlebih dahulu di konten mereka untuk memenuhi persyaratan sebelum mengakses program Noicemaker+. Jika syarat sudah terpenuhi, program Noicemaker+ akan aktif dan fitur monetisasi terbuka seluruhnya bagi kreator tersebut dengan icon N+ tertera di akun mereka sebagai penanda.
Setelah tergabung ke dalam program Noicemaker+, kreator nantinya akan terbagi menjadi 2 kategori yakni podcaster dan livecaster. Podcaster merupakan kreator yang berkarya melalui konten podcast, sedangkan Livecaster merupakan kreator yang berkarya melalui fitur Noice Live dengan membuka sesi live di Noice secara rutin.
Ditambahkan Emil Gaffar, VP of Creators Noice, para kreator yang tergabung dalam Noicemaker+ juga akan diberikan dukungan promosi berdasarkan performa konten mereka melalui media sosial, halaman tematik di dalam aplikasi, in-app discoverability, segmen konten, website khusus kreator di creators.noice.id, kolaborasi bersama kreator lainnya, hingga iklan di berbagai saluran promosi Noice.
Tidak hanya itu, kreator-kreator juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang Noice hadirkan seperti Creator’s Gathering, Noicemaker Academy, dan banyak lagi. Di sisi lain, Noice mendukung para kreator untuk bisa melakukan promosi secara mandiri terhadap karya mereka untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi.
“Dukungan yang diberikan oleh Noice bagi para kreator lebih dari sekedar monetisasi, tapi juga dukungan promosi, koneksi ke komunitas sesama kreator dan pendengar yang lebih luas hingga berbagai fitur yang telah dikembangkan untuk memudahkan mereka berkarya,” kata Emil.
HENNI S.
Discussion about this post