youngster.id - Dengan geliat ekonomi digital yang semakin pesat, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan transaksi e-commerce mencapai hingga Rp572T pada tahun 2023. Oleh karena itu, untuk mendorong transormasi digital bagi, SIRCLO menggelar E-Commerce Expo pada 25-26 Agustus kemarin.
E-Commerce Expo 2023: powered by SIRCLO menghadirkan lebih dari 50 pakar industri bagi 2000 peserta untuk mendapatkan wawasan praktis serta memperluas jaringan guna menyokong kemajuan usaha.
Acara ini sukses memberikan wawasan praktis mengenai tren digital terkini melalui 50 pakar dari ragam industri, di antaranya Adobe, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Sinar Mas Land, Bio Farma, Oriflame, Statista, hingga IKEA Indonesia.
“Melalui wawasan praktis yang telah dibagikan selama dua hari ini, saya berharap SIRCLO dapat membantu pemberdayaan seluruh pelaku usaha untuk mampu bersaing secara kompetitif serta berkelanjutan. Kami berharap SIRCLO dapat terus memberikan dampak nyata dan berkelanjutan bagi para pelaku bisnis, diantaranya dengan mendukung digitalisasi bisnis mereka,” kata Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO Group dalam sambutan penutupan acara E-Commerce Expo, dikutip Kamis (31/8/2023).
Guna mendukung akselerasi transformasi digital bagi seluruh pelaku usaha, acara ini terbagi ke dalam tiga tema besar, yaitu Business, Technology, dan Innovation dengan membahas topik-topik yang bervariasi, mulai dari tren daring terkini, strategi bisnis omnichannel, e-commerce, social dan live commerce, hingga digital marketing.
E-Commerce Expo turut menilik lebih dalam terkait potensi UMKM di Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKop UKM) pada tahun 2021, UMKM Indonesia telah menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07% serta mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja. Dengan demikian, penting bagi acara E-Commerce Expo untuk menghadirkan pelaku dalam ekosistem digital yang turut bermisi memberdayakan UMKM, yaitu Social Bread Indonesia.
Rio Ardhillah, VP Relations & Business Support Social Bread, pemateri dalam sesi pelatihan ‘Growth Hack Strategies for Local SMEs’ (Strategi Pertumbuhan Pesat bagi Pelaku UMKM Lokal) menuturkan, kesuksesan pelaku UMKM dapat didorong dengan pendampingan serta wawasan digitalisasi agar tidak mudah tergerus oleh tren yang kerap berubah. Maka dari itu, semakin penting bagi para pemilik bisnis untuk terus beradaptasi sesuai dengan perkembangan kondisi pasar yang begitu dinamis.
“Dalam kesempatan ini, Social Bread Indonesia bermitra dengan SIRCLO untuk mendukung kemampuan UMKM agar dapat go digital secara efektif dengan mendalami strategi-strategi pemasaran terkini—di antaranya berjualan melalui fitur live commerce,” kata Rio.
E-Commerce Expo menutup rangkaian acaranya dengan pengumuman pemenang kompetisi Panen Omset, yaitu sebuah program yang diinisiasi oleh SIRCLO dan didukung oleh Maybank Syariah untuk membantu pelaku UMKM dalam bertransformasi digital—dimulai dari pelatihan hingga pendampingan dari para pakar dalam bidangnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post