Beri Pelatihan Ratusan Pelaku Usaha Online, Gojek Resmikan Ruang Belajar GoSend

Ruang Belajar GoSend

Beri Pelatihan Ratusan Pelaku Usaha Online, Gojek Resmikan Ruang Belajar GoSend (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Penyedia layanan logistik on-demand GoSend meresmikan Ruang Belajar GoSend, sebuah program peningkatan kapasitas yang perdana diselenggarakan untuk para penggiat UMKM yang tergabung di Komunitas Best Seller GoSend.

Ruang Belajar GoSend edisi pertama ini dirancang untuk membantu pelaku UMKM, khususnya social seller dalam mempelajari tren penjualan dan perilaku konsumen di bulan Ramadan dan momen Lebaran. Termasuk, bagaimana menangkap peluang penjualan melalui strategi pemasaran digital dan pembuatan konten kreatif.

Presiden Unit Bisnis On Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, sebagai layanan on demand, Gojek berkomitmen untuk dapat mendukung berbagai sektor UMKM agar dapat bertumbuh.

“Gojek membekali para UMKM yaitu mitra social seller dengan program pelatihan perdana melalui Ruang Belajar GoSend. Tidak hanya itu, kami juga memperkenalkan ragam solusi baru untuk mengakomodir lonjakan permintaan untuk mempermudah kegiatan bisnis mitra seller selama bulan Ramadan dan momen jelang Lebaran,” kata Catherine, Rabu (15/3/2023).

Ramadan dan lebaran adalah momen penting bagi para penjual di Indonesia seiring tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat. Survei The Trade Desk dan YouGov menunjukkan bahwa sebanyak 88% masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja online pada Ramadan tahun ini untuk memenuhi kebutuhan ibadah mereka.

Kegiatan Ruang Belajar GoSend diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman anggota mengenai tren belanja online. Pelatihan ini akan dilakukan setiap kuartalnya, dan pada acara perdananya, Ruang Belajar GoSend dihadiri oleh ratusan anggota Komunitas Best Seller GoSend secara hybrid.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Sandiaga Uno, menjelaskan, bulan Ramadan ini adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi UMKM untuk naik kelas. Riset Mandiri institute menunjukkan bahwa puncak belanja pada periode Ramadan pada 2022 lebih tinggi 31% dibanding puncak belanja di Ramadan tahun sebelumnya.

“Saya optimis pada tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya, karena telah dicabutnya PPKM, dan mobilitas masyarakat untuk Idul fitri yang lebih mudah. Ruang Belajar GoSend menjadi kegiatan yang tepat bagi para pelaku UMKM untuk menggali strategi bisnis yang dilakukan ketika menyambut bulan Ramadan. Kita bisa menyesuaikan produk, konten, sosmed, sampai dengan jasa online delivery service yang dapat membantu peningkatan penjualan. Saya harap kegiatan Ruang Belajar GoSend dapat jadi wadah edukasi bagi ribuan UMKM di indonesia, sehingga menciptakan UMKM yang naik kelas,” papar Sandiaga.

Layanan logistik telah menjadi bagian integral dari on-demand services Gojek yang mampu tumbuh dan tetap relevan menjawab kebutuhan masyarakat dan pengguna sepanjang 2022. Survei INDEF 2022 menyatakan GoSend dianggap paling meningkatkan produktivitas para seller karena pelayanannya yang efisien, paling aman, dan mudah digunakan. Komunitas Best Seller GoSend sendiri sejak diluncurkan satu tahun lalu telah mencapai 22.000 anggota per Maret 2023.

Hadirnya serangkaian program dukungan para seller, Ruang Belajar GoSend sebagai program unggulan komunitas dan solusi bisnis GoCorp Send dan Jadwalin Pengiriman GoBox merupakan bagian dari fokus bisnis Gojek dalam mendukung pertumbuhan berkelanjutan pada tahun 2023.

Head of Revenue Transportation & Logistic Gojek Steven Halim menambahkan, momen Ramadan dan Lebaran merupakan peluang besar bagi bisnis para anggota komunitas ‘Best Seller’ GoSend.

“Maka pelatihan Ruang Belajar GoSend kali ini mengangkat bagaimana para seller bisa mempersiapkan diri menyambut bulan spesial ini,” kata Steven.

Diklaim Steven, antusias penggunaan GoCorp Send cukup tinggi. Setelah diluncurkan pada akhir 2022, hampir sebesar 34% pengguna GoCorp telah menggunakan layanan GoCorp Send, dan transaksi meningkat hampir 5x dalam 3 bulan pertama. Di bulan April, GoCorp Send akan segera ditunjang dengan kemudahan registrasi melalui kartu kredit. Tanpa adanya minimum spending tiap bulannya, GoCorp Send sangat ramah digunakan untuk para pelaku UMKM, dimana 69% top klien GoCorp Send adalah UMKM.

“Dengan GoCorp Send, para pelaku usaha online dapat dapat mencatat administrasi biaya logistik dengan baik serta mendapatkan opsi invoicing bulanan. Selain itu, pengiriman barang besar dan banyak akan lebih mudah dengan fitur penjadwalan GoBox,” tutup Steven.

 

HENNI S.

Exit mobile version