Sabtu, 6 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

ki-ka Pesohor Fuji Utami, Senior Director of Business Development Shopee Indonesia Adi Rahardja, Owner Batik Kanthil Ahmad Musa, dan Marketing Director of Kintakun Vincent Saputera. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Riset terbaru YouGov menyebut pasar e-commerce Indonesia berada di peringkat kedua sebagai pasar paling dinamis di dunia. Di sisi lain, e-commerce juga telah menjadi rumah bagi banyak penjual lokal dan UMKM untuk tumbuh dan berkembang dengan dukungan teknologi.

Salah satu pelaku UMKM lokal yang bangkit dari keterpurukan berkat e-commerce Shopee adalah Batik Khantil dari Pekalongan. Pemilik batik Khantil Ahmad Musa mengatakan, tempat usaha miliknya mengalami musibah kebakaran di tahun 2018, tiga tahun sesudah bisnis berjalan.

“Kebakaran akibat korsleting listrik itu menghanguskan toko yang menjadi pusat usaha saya. Rasanya campur aduk, sedih, kecewa, patah hati. Tapi dari situ saya memutuskan untuk bangkit lagi, membangun toko dan usaha yang lebih aman,” kisahnya pada acara Media Gathering Shopee 12.12 Birthday Sale, Jumat (5/12/2025) di Jakarta.

Menurut Ahmad, dia akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan e-commerce dengan membuka toko online di Shopee menjadi titik balik bisnisnya. Ternyata keputusan ini tepat. Apalagi kemudian “badai” pandemic Covid-19 membuat bisnis offline harus tutup, penjualan Batik Khantil, mengalami pertumbuhan lebih dari 50%.

Baca juga :   Muhammad Nanda Putra : Memilih Mengembangkan Usaha yang Bisa Bantu Petani Jadi Sejahtera

“Tidak hanya membantu memperluas jangkauan, Shopee membawa kami pada hal yang lebih besar. Kami bisa lebih dekat dengan pelanggan, menjawab pertanyaan secara langsung, berdiskusi secara real-time lewat fitur interaktif Shopee Live,” katanya.

Ahmad juga melakukan modernisasi bisnis, mulai dari motif dan model hingga cara berjualan, agar batik tetap relevan dan dicintai generasi masa kini.  Bahkan, melihat maraknya kegiatan live streaming di Shopee Live membuat Ahmad memutuskan untuk membangun studio live streaming khusus untuk Batik Khantil. Hasilnya, Shopee Live menyumbang hampir 45% dari total pesanan produknya.

Dia juga menggunakan program seperti Shopee Ads, Shopee University, serta pendampingan UMKM. Semua ini membuat Ahmad mengembangkan komunitas lokal di Pekalongan. Batik Kanthil kini memberdayakan 45 perajin dan tenaga lokal, membuka lapangan kerja, serta menyediakan ruang pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Baca juga :   Kampus Harus Jadi Garda Terdepan Cetak Talenta Digital

Selain itu, kini UMKM ini mulai mengekspor produk ke Malaysia, Singapura, dan Thailand lewat program Ekspor Shopee.

Kisah Batik Khantil ini masuk dalam video seri dokumenter bertajuk ‘Melestarikan Warisan Budaya’  bersama sejumlah pelaku usaha lokal dari negara tempat Shopee beroperasi di Asia Tenggara dan Taiwan.

“Seperti yang terlihat dalam video tersebut, Shopee benar-benar menjadi rumah sekaligus titik balik usaha kami,” pungkas Ahmad.

Selama satu dekade terakhir, Shopee telah menghubungkan pengguna di lebih dari 400 kota di Asia Tenggara & Taiwan secara rutin berbelanja di aplikasi Shopee, dengan lebih dari 140 miliar produk dibeli oleh pengguna yang tinggal di luar ibu kota.

Baca juga :   Kickrate Bantu UMKM Kembangkan Pasar Ekspor-Impor

“Perjalanan sepuluh tahun ini bukan hanya tentang Shopee, melainkan tentang mereka yang turut berkontribusi dan tumbuh bersama kami. Melihat teknologi fitur, dan program yang kami hadirkan membuka jalan bagi pengguna untuk berkembang, hal ini sangat berarti bagi kami,” kata Adi Rahardja, Senior Director of Business Development Shopee Indonesia.

Selain meluncurkan serial dokumenter ‘Melestarikan Warisan Budaya’ di YouTube Shopee Indonesia, Shopee Indonesia menggelar Kampanye 12.12 Birthday Sale.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pengguna, UMKM dan brand lokal, para kreator, serta mitra bisnis yang telah bersama kami sepanjang 10 tahun ini. Dukungan Anda semua adalah bagian terpenting dari perjalanan kami. Kami berharap kampanye 12.12 ini bisa menjadi bentuk apresiasi kami dan membawa kebahagiaan lebih kepada setiap orang yang telah menjadi bagian dari keluarga Shopee,” tutup Adi.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: Batik Khantile-commerceShopeeShopee Kampanye 12.12 Birthday SaleUMKM
Previous Post

AFTECH Gelar Konferensi Perkembangan Fintech Terkini di Indonesia

Next Post

ITSEC ASIA Siapkan Program Edukasi Perlindungan Digital Bagi Perempuan

Related Posts

Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026
Headline

Fokus Tingkatkan Nilai Brand Jadi Strategi e-Commerce Lazada di Tahun 2026

28 November 2025
0
Usai Transformasi Bisnis, CICIL Perluas Akses Pembiayaan Produktif Bagi Pelaku UMKM
Headline

Usai Transformasi Bisnis, CICIL Perluas Akses Pembiayaan Produktif Bagi Pelaku UMKM

27 November 2025
0
Load More
Next Post
ITSEC ASIA Siapkan Program Edukasi Perlindungan Digital Bagi Perempuan

ITSEC ASIA Siapkan Program Edukasi Perlindungan Digital Bagi Perempuan

EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara

EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara

Perkuat Pertahanan Kulit Wajah di Cuaca Ekstrem

Perkuat Pertahanan Kulit Wajah di Cuaca Ekstrem

Discussion about this post

Recent Updates

Perkuat Pertahanan Kulit Wajah di Cuaca Ekstrem

Perkuat Pertahanan Kulit Wajah di Cuaca Ekstrem

6 Desember 2025
EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara

EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara

6 Desember 2025
ITSEC ASIA Siapkan Program Edukasi Perlindungan Digital Bagi Perempuan

ITSEC ASIA Siapkan Program Edukasi Perlindungan Digital Bagi Perempuan

6 Desember 2025
Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Perkuat Pertahanan Kulit Wajah di Cuaca Ekstrem

Perkuat Pertahanan Kulit Wajah di Cuaca Ekstrem

6 Desember 2025
EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara

EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara

6 Desember 2025
ITSEC ASIA Siapkan Program Edukasi Perlindungan Digital Bagi Perempuan

ITSEC ASIA Siapkan Program Edukasi Perlindungan Digital Bagi Perempuan

6 Desember 2025
Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version