youngster.id - Data KemenKopUKM menyebut Jawa Tengah menjadi provinsi kedua dengan jumlah UMKM terbesar di Indonesia. Untuk mendukung dan memberi kemudahan berbelanja produk UMKM Jawa Tengah, PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) menghadirkan program omnichannel.
Blibli bekerjasama dengan BI dan IFC menjadi e-commerce partner pada Pameran UMKM Jateng Gayeng 2023, serta Bazar Ramadan dan Fashion Show Indonesia Fashion Chamber.
Vice President Galeri Indonesia Blibli Andreas P mengatakan, kolaborasi dalam memperluas pasar UMKM Jateng dilandasi kebutuhan untuk pendekatan yang hyperlocal. Melansir data Google, angka penjualan di kota-kota mudik, termasuk Semarang, membukukan 10-25% growth pada tahun lalu bila dibandingkan Jakarta yang hanya 3%.
“Fakta inilah yang mendorong Blibli menjadi e-commerce partner untuk memberi kemudahan berbelanja produk UMKM Jateng secara online maupun click & collect di tempat berlangsungnya acara,” kata Andreas dalam keterangan pers, Sabtu (15/4/2023).
Acara Pameran UMKM Gayeng 2023 yang berlangsung dari 11-15 April 2023 diikuti oleh 100 penjual dan 20 UMKM Lokal, serta turut dimeriahkan oleh berbagai kegiatan lain seperti pelatihan GRI (Global Reporting Initiative), pameran Parcel Jateng dengan Asosiasi Pengusaha Oleh-oleh Jawa Tengah (ASPOO).
Sementara untuk Bazar Ramadan & Fashion Show Indonesia Fashin Chamber digelar di kota Semarang hingga 27 April 2023. Kegiatan ini melibatkan 20 Desainer lokal unggulan asal Jateng yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber Semarang.
Untuk transaksi belanja di kedua acara terkait, pengunjung bisa memanfaatkan fitur Click & Collect Blibli untuk memiliki produk incaran langsung di tempat dengan mudah dan cepat, serta didukung opsi pembayaran terlengkap yang pasti aman. Pelanggan Blibli di seluruh Indonesia juga dapat turut membeli produk incaran di kedua pameran secara online lewat laman khusus yang tersedia dan menikmati fitur gratis ongkir, pengiriman cepat, jaminan produk orisinil hingga cashback 100%
“Berkolaborasi dengan sejumlah pihak, termasuk Pemprov Jateng, BI Jateng, hingga Indonesia Fashion Chamber, kami berharap sinergi ini dapat turut mendukung digitalisasi dan eksistensi produk UMKM Jateng di pasar yang lebih luas. Lewat strategi hyperlocal yang terus kami kembangkan, kami optimis dapat terus mendukung #PejuangLokal Jateng untuk bangkit, berkarya, dan jadi primadona di negeri sendiri,” kata Andreas.
Selaras dengan antusiasme Blibli, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwi Saputra mengatakan, sinergi ini dapat memberikan dampak pada perekonomian lokal.
“Kami mengapresiasi setiap langkah dan dukungan Blibli untuk mendukung UMKM lokal melalui platform dan ekosistemnya, serta semangat yang sama untuk mendorong kualitas produk UMKM lokal lebih eksis di mata masyarakat,” pungkasnya.
STEVY WIDIA