youngster.id - Pertumbuhan konsumsi konten dalam medium digital yang kian meningkat setiap harinya. Bahkan lebih dari 50% masyarakat di Indonesia sudah familiar dengan podcast. Melihat tren ini, membuat NOICE, platform konten audio streaming di Indonesia perkuat ekosistem.
Pertumbuhan basis pengguna NOICE meningkat signifikan dimana saat ini telah mencapai hampir 1 juta pengguna di seluruh Indonesia dengan rata-rata waktu mendengarkan konten audio di aplikasi lebih dari 60 menit setiap harinya.
Rado Ardian, Chief Executive Officer (CEO) NOICE mengatakan, akses terhadap konsumsi konten audio non musik terus tumbuh pesat, menjawab mengapa konten audio seperti podcast, radio, audiobook hingga live audio adalah tren hiburan yang semakin lama kian diminati. Di tengah tren tersebut, platform penyedia konten audio non-musik yang berkualitas di Indonesia masih sangat terbatas.
“Disinilah NOICE sebagai platform audio lokal hadir untuk memacu perkembangan ekosistem konten audio streaming di Indonesia. NOICE terus berkomitmen untuk menjadi wadah bagi kreator lokal dan hyperlocal yang inklusif mewakili keberagaman kultur Indonesia dan mendukung tumbuhnya industri kreatif nasional,” ujar Rado di acara Meet Up dengan media yang disiarkan secara virtual Selasa (28/9/2021).
Untuk terus mengembangkan itu, NOICE berkolaborasi dengan para konten kreator tanah air menghadirkan beragam konten audio original dan eksklusif di berbagai genre. Mulai dari musik, hiburan, komedi, hobi, parenting, hingga religi. NOICE menghadirkan berbagai vertikal di platformnya seperti podcast, radio, audiobook dan yang terbaru adalah fitur live audio, NOICE Live.
Pengguna NOICE saat ini didominasi oleh Gen Z & Millenials dengan rentang usia 18-34 tahun dari berbagai latar belakang termasuk pelajar, mahasiswa, fresh graduates, karyawan, pekerja dan iburumah tangga.
“NOICE saat ini memiliki jaringan podcast terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 konten original dan eksklusif. Konten audio bergenre ringan seperti komedi, horor, hobi menjadi favorit para pendengar. Dengan konten yang beragam, NOICE hingga saat ini mencatat total waktu pengguna mendengarkan konten di aplikasi NOICE telah mencapai lebih dari 1 miliar menit,” ucap Rado menambahkan.
Pekan ini NOICE resmi menghadirkan fitur terbaru, NOICE Live. Fitur interaktif ini memungkinkan para kreator untuk dapat berinteraksi dengan pendengarnya secara real time. Di NOICE Live, topik-topik menarik dari para kreator favorit akan diangkat dari mulai obrolan ringan, komedi, musik, hingga obrolan seputar bisnis maupun isu-isu terkini.
Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO) NOICE mengatakan platform NOICE diciptakan tidak hanya untuk memberikan ruang bagi para konten kreator dalam berkarya tetapi juga untuk dapat berinteraksi dua arah dengan pendengarnya.
“Karena itu, NOICE Live merupakan sebuah inovasi yang kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan tersebut. Sebelumya, pengguna telah mampu berinteraksi dengan para konten kreator melalui fitur komentar, follow, direct message, share dan banyak lainnya. Kini interaktivitas tersebut akan semakin diperkuat dengan adanya NOICE Live yang menghadirkan pengalaman social networking serta interaksi real-time antar komunitas. Model interaktivitas ini kami harapkan dapat menarik lebih banyak basis pendengar NOICE untuk kedepannya,” pungkas Niken.
FAHRUL ANWAR