Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

DANA dan Bank DBS Indonesia Berkolaborasi untuk Sistem Pembayaran BI-Fast

24 Mei 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
BI-Fast

DANA dan Bank DBS Indonesia Berkolaborasi untuk Sistem Pembayaran BI-Fast (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Untuk mengakselerasi sistem pembayaran, terutama sistem pembayaran BI-Fast, dompet digital DANA berkolaborasi dengan Bank DBS Indonesia.

Kolaborasi ini berfokus mentransformasikan layanan Real Time Application Programming Interface (API) by DBS atau DBS RAPID untuk memproses pembayaran, pelunasan piutang, dan informasi transaksi secara real-time ke dalam alur kerja bisnis selama 24/7. Dengan kata lain, nasabah korporasi dapat fokus dalam mengembangkan bisnis mereka tanpa harus mengkhawatirkan proses kompleks di balik layar.

Riset Google, Temasek, Bain & Company mendapati sebanyak 51% populasi Indonesia tidak memiliki rekening karena belum mendapatkan akses ke lembaga keuangan (unbanked). Pada laporan yang sama, sebanyak 26% masyarakat Indonesia belum memiliki akses layanan sesuai dengan keinginannya, seperti kartu kredit, asuransi, tabungan jangka panjang (underbanked).

Rangga Wiseno, Chief Product Officer DANA mengatakan, sebagai dompet digital berbasis nomor telepon genggam, DANA menawarkan layanan pengisian saldo, pengiriman uang, pembayaran tagihan online dan offline, top-up game online, serta transaksi menggunakan barcode scan di berbagai gerai dan e-commerce. Tidak sampai di situ, DANA turut menghadirkan fitur layanan transfer bebas biaya ke bank dan non-bank. Saat ini, berbagai layanan DANA sudah dinikmati oleh 144 juta pengguna.

Baca juga :   Gandeng Modalku, Bank DBS Indonesia Sediakan Pinjaman Rp100 Milar Untuk UMKM

“Kami percaya seluruh masyarakat berhak atas akses ke layanan keuangan. Oleh karena itu, DANA berfokus meningkatkan layanan digital guna menjangkau lebih banyak masyarakat, terutama di daerah rural. Untuk mengakselerasi transformasi sistem, kami berkolaborasi dengan para partner, termasuk Bank DBS Indonesia,” kata Rangga, Rabu (24/5/2023).

Bank DBS Indonesia mengombinasikan fitur API pada layanan DBS RAPID, yakni BI-Fast API yang membantu proses pengiriman dana domestik di bank peserta BI-Fast secara instan dan kapan saja serta Transaction Status Enquiry (TSE) API yang beroperasi untuk memeriksa status pembayaran jika terjadi time-out koneksi. Dengan begitu, sistem pembayaran BI-Fast memudahkan perpindahan dana antar dompet digital dan berbagai rekening bank dengan biaya yang lebih terjangkau.

Baca juga :   DBS Indonesia Dukung Masyarakat Terapkan Gaya Hidup Keberlanjutan Melalui Inovasi Digital

“Dengan menggunakan DBS RAPID, kami mendapati waktu penyelesaian pembayaran dipersingkat sehingga lebih efisien dan biaya transaksi yang lebih terjangkau, serta berkurangnya masalah seperti pembayaran gagal yang mengakibatkan penangguhan sementara layanan di aplikasi,” tambahnya.

Sementara itu, Head of Global Transactions Services PT Bank DBS Indonesia Dandy Pandi mengatakan, pihaknya senang dapat membantu DANA mengakselerasi layanan berbasis digital dan mencapai efisiensi layanan perbankan. Hal ini didukung oleh kapabilitas Bank DBS Indonesia yang menyediakan lebih dari 46 layanan API untuk memudahkan kebutuhan transaksi nasabah korporasi.

“Dengan mengintegrasikan layanan perbankan kami ke dalam sistem inti DANA, mereka dapat beroperasi tanpa perlu berpindah platform sehingga membuat transaksi lebih kasat mata,” ucap Dandy.

Baca juga :   Kolaborasi Mirae Asset dan Bank DBS Indonesia Hadirkan M-STOCK Online Retail Bond

Menurut Dandy, Unit Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia telah membukukan kenaikan total jumlah transaksi sebesar lebih dari 700% di tahun 2022, di mana sebagian besar dari kenaikan transaksi tersebut dikontribusikan dari transaksi BI-Fast yang diprakarsai melalui kanal digital korporasi DBS RAPID. Adopsi DBS RAPID ini diperkuat dengan kenaikan volume transaksi sebesar 1.500% di tahun 2022.

“Hal ini merupakan perkembangan yang menggembirakan mengingat semakin banyak nasabah korporasi memerlukan layanan digitalisasi yang terintegrasi,” tutup Dandy.

 

HENNI S.

Tags: Bank DBS IndonesiaBI-FASTdompet digital DANAsistem pembayaran
Previous Post

Telkom University Masuk Top 100 Global Innovative WURI 2023

Next Post

Telkom Konsisten Dorong Digitalisasi di Sektor Bisnis Perdagangan Demi Akselerasi Ekonomi Digital Nasional

Related Posts

GoTo
Headline

GoTo Peroleh Pinjaman Senilai Rp4,65 Triliun dari Bank DBS Indonesia dan UOB

20 September 2025
0
Bank DBS x Mirae
News

Dukung Pertumbuhan Pasar Modal, Bank DBS Indonesia & Mirae Asset Luncurkan Online Onboarding RDN

26 Agustus 2025
0
DBS Gelar Program Literasi Finansial Untuk Kelompok Perempuan Rentan
News

DBS Gelar Program Literasi Finansial Untuk Kelompok Perempuan Rentan

9 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Metranet - XOOPLY

Telkom Konsisten Dorong Digitalisasi di Sektor Bisnis Perdagangan Demi Akselerasi Ekonomi Digital Nasional

Audrey Maximillian Herli founder Riliv

Riliv Perluas Akses Kesehatan Mental Bagi Masyarakat Lewat Layanan Online

Indodana x ECIid

Permudah Pembayaran Belanja Produk Elektronik, Indodana dan ECI.ID Jalin Kerjasama

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version