Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Dikontribusi dari Marketplace, Pendapatan Bukalapak Tumbuh 6% di Kuartal II 2024

31 Juli 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Bukalapak

Dikontribusi dari Marketplace, Pendapatan Bukalapak Tumbuh 6% di Kuartal II 2024 (Foto: Istimewa/Infokomputer.com)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bukalapak membukukan pendapatan yang tidak diaudit tumbuh sebesar 6% di kuartal kedua 2024 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, yakni mencapai Rp1,2 triliun. Divisi Marketplace memberikan pertumbuhan yang sangat baik sebesar 26% selama kuartal tersebut.

Pertumbuhan ini didorong oleh keberhasilan berkelanjutan pada divisi gaming. Divisi Online to Offline (O2O) mengalami pertumbuhan 17% pada paruh pertama tahun 2024 apabila dibandingkan untuk periode tahun-ke-tahun, yang didorong oleh peningkatan ragam produk dan layanan yang lebih luas untuk para Mitra.

“Meski kuartal kedua ini relatif lebih statis, kami puas dengan kinerja kami di paruh pertama tahun ini. Adanya kenaikan margin kontribusi per kuartal sebesar 30% dan take rate yang kuat – yang telah melampaui 3% secara rata-rata untuk pertama kalinya – adalah sesuatu yang menggembirakan,” kata Teddy Oetomo, Presiden Bukalapak, Rabu (31/7/2024).

Baca juga :   DANA Hadir di Bukalapak

Disebutkan Teddy, 73% dari TPV kuartal kedua 2024 perusahaan berasal dari luar wilayah Tier 1 Indonesia, di mana pihaknya melihat pertumbuhan yang kuat dalam penetrasi all-commerce dan tren digitalisasi di kalangan toko ritel mikro offline. Bisnis O2O mewakili 50% dari pendapatan grup Bukalapak di paruh pertama 2024.

Margin kontribusi keseluruhan Bukalapak, yang dihitung sebagai laba kotor setelah biaya penjualan dan pemasaran (S&M), meningkat dari Rp124 miliar di kuartal pertama tahun 2024 menjadi Rp162 miliar di kuartal kedua tahun 2024. Margin kontribusi O2O sebagai persentase dari TPV tetap stabil di 0,13%, namun ada peningkatan signifikan sebesar 20 bps untuk margin kontribusi Marketplace menjadi 0,77% pada kuartal kedua 2024.

Baca juga :   Wirausaha Baru Tumbuh di Bulan Ramadhan

Meskipun begitu, secara keseluruhan pendapatan meningkat 11% di paruh pertama tahun ini dibandingkan tahun lalu dengan take rate lebih dari 3%.

Kinerja Marketplace yang kuat di kuartal kedua didorong oleh divisi gaming selama periode Idul Fitri dengan take rate yang naik hingga 3,5%. Kenaikan tersebut merupakan hal positif untuk periode jangka pendek, namun sulit untuk dipertahankan di sepanjang sisa tahun ini.

Menurut Teddy, dengan adanya 4 divisi (Mitra, mobile & konsol game, ritel O2O, dan layanan keuangan), menciptakan value for money dan layanan yang sangat baik untuk para pelanggan adalah hal yang krusial.

“Kami terus berinvestasi dan menginovasi consumer value proposition kami melalui pilihan produk yang lebih luas, pengalaman pengguna di dalam aplikasi yang memuaskan, serta opsi-opsi metode pengiriman yang dapat diandalkan,” tambahnya.

Baca juga :   Indonesia Peringkat 5 Jumlah Startup Terbanyak di Dunia

Bukalapak juga memiliki posisi modal yang kuat dengan Rp19 triliun dalam bentuk kas, setara kas, dan investasi likuid yang mencakup obligasi pemerintah dan reksa dana per 30 Juni 2024.

“Neraca yang kuat mendukung kami untuk berinvestasi dalam inovasi, memperluas pasar, mendiversifikasi lini produk, dan meningkatkan skala operasi di waktu yang tepat,” tutup Teddy.

 

STEVY WIDIA

Tags: BukalapakmarketplaceMitra Bukalapak
Previous Post

Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik untuk Indonesia dengan Program Keberlanjutan

Next Post

Konsisten Tumbuh Secara Berkelanjutan, Amar Bank Bagikan Dividen Interim

Related Posts

Transaksi e-Commerce Diproyeksi Bisa Capai Rp1,2 Triliun, Ini Ide Jualan Yang Bakal Tren di 2025
News

Pemerintah Pungut Pajak Digital Lewat E-Commerce

15 Juli 2025
0
BukaTabungan
News

Bukalapak Tutup Layanan Marketplace, Tinggal Jualan Produk Virtual

8 Januari 2025
0
e-commerce
Headline

Inilah Marketplace Pilihan Brand Lokal dan UMKM di 2024

15 November 2024
0
Load More
Next Post
Amar Bank

Konsisten Tumbuh Secara Berkelanjutan, Amar Bank Bagikan Dividen Interim

Heylocal Gelar Modest Fun Run Perdana di Indonesia

Heylocal Gelar Modest Fun Run Perdana di Indonesia

pendidikan vokasi

Ditjen Pendidikan Vokasi Berikan Sertifikasi Kompetensi Bidang Aeronautika

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version