youngster.id - Wisata kuliner dan belanja menjadi salah satu produk pariwisata andalan yang diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan. Untuk itu, pemerintah menggelar Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2017 di 18 kota besar di 12 provinsi seluruh Tanah Air.
“Kuliner menjadi salah satu daya tarik sebuah daerah begitu pun dengan kerajinan khasnya. Acara ini akan menjadi ajang promosi yang bagus bagi daerah dan diharapkan dapat menjadi atraksi menarik bagi wisman dan wisnus,” kata Arief Yahya Menteri Pariwisata (Menpar) pada peluncuran WICSF 2017 Rabu (27/9/2017) di Kota Kasablanka Jakarta.
Kegiatan yang bertepatan Hari Pariwisata Dunia akan berlangsung pada 27 September hingga 27 Oktober 2017. Bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) penyelenggaraan WICSF 2017 diikuti lebih dari 100 pusat belanja.
Arief menegaskan, WICSF 2017 akan menjadi ajang dalam menarik perhatian para wisatawan. “Inilah yang akan menjadi daya tarik Indonesia sebagai destinasi wisata belanja dan kuliner,” ujarnya.
Dengan tema Savor the Captivating Flavor & Big Discounts, acara ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan yang tahun ini ditargetkan 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kemenpar Esthy Reko Astuti mengatakan, WICSF 2017 diharapkan sebagai event andalan untuk para penghobi masakan dan belanja.
“Di event ini para pengunjung bisa menikmati aneka ragam kuliner khas sekaligus berbelanja dengan berbagai diskon menarik,” kata Esthy Reko Astuti.
Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Vita Datau Messakh. Menurut dia melalui acara WICSF 2017 wisatawan dapat menikmati otentisitas dari kuliner khas nusantara sekaligus berbelanja produk lokal seperti batik, tenun, kerajinan termasuk produk fashion Indonesia. Acara ini diikuti lebih dari 100 pusat belanja yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.
“Kegiatan wisata kuliner dan belanja seperti ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan terutama wisman yang berkunjung ke Indonesia,” kata Vita Datau Messakh.
Sementara Ketua Umum DPP APPBI A. Stefanus Ridwan mengatakan kerjasama Kemenpar dan APPBI ini sekaligus meningkatkan jumlah pengunjung dan maupun transaksi di pusat perbelanjaan yang diproyeksi akan meningkat hingga 20%.
“Di event ini kami menghadirkan kuliner cita rasa khas nusantara dan juga menggelar pameran produk lokal khas daerah, penampilan kebudayaan Indonesia serta wisata belanja dengan berbagai diskon menarik,” katanya.
WICSF 2017 di 18 kota di 12 provinsi di Indonesia digelar di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Pekanbaru, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.
STEVY WIDIA
Discussion about this post