youngster.id - Jumlah pelanggan layanan Over-The-Top (OTT) di Indonesia terus meningkat. Pada tahun 2024, jumlah pengguna OTT atau Premium video on demand (VOD) di Indonesia mencapai 40 juta orang, meningkat 2,7 kali lipat dibandingkan tahun 2020 yang hanya 15 juta orang.
Pertumbuhan ini mendorong iQIYI platform streaming asal Tiongkok hadir di Indonesia dengan menggandeng Telkomsel.
Vice President APAC & MENA iQIYI Kaichen Li mengatakan, kerja sama dengan Telkomsel merupakan langkah strategis untuk memperkenalkan layanan iQIYI kepada masyarakat Indonesia.
“Melalui kerjasama ini, kami berharap kerjasama ini dapat memperkuat posisi iQIYI sebagai platform streaming di Indonesia sekaligus dapat memberikan pengalaman menonton yang lebih baik dan nyaman bagi para pencinta drama dan film Asia,” katanya pada jumpa pers, Senin (30/6/2025) di Jakarta.
iQIYI adalah platform streaming yang berspesialisasi pada konten hiburan Asia, seperti drama populer Tiongkok, The White Olive Tree, Moonlight Mystique, dan Love Song in Winter. Mereka juga memiliki konten dari Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang dan sejumlah film western seperti Philomena, Tootsie, dan The Counselor.
Menurut data Statista, per 31 Desember 2023, iQIYI memiliki 530 juga pengguna aktif bulanan dengan jumlah pelanggan berbayar mencapai 111,9 juta. Pasalnya platform OTT ini diakses di 191 negara termasuk Indonesia yang memiliki lebih dari 10 juta unduhan.
Di sisi lain, Telkomsel melihat potensi ini dapat mendukung layanan gaya hidup digital dari pelanggannya. Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Lesley Simpson mengatakan, Kerjasama ini melihat dari semakin berkembangnya basis penggemar drama oriental. iQIYI sebagai platform konten Asia terkemuka yang menghadirkan ragam drama oriental, dapat menjadi tambahan yang kuat bagi katalog hiburan digital Telkomsel.
Kami terus berdedikasi untuk mendukung gaya hidup digital para pelanggan, khususnya para penggemar serial berdurasi panjang maupun pendek yang mencari hiburan terbaik kapan pun dan di mana pun. Kolaborasi ini memungkinkan Telkomsel untuk menawarkan lebih banyak pilihan tontonan dan manfaat eksklusif bagi para pecinta drama di seluruh Indonesia,” katanya.
Telkomsel sendiri memiliki layanan OTT dan VOD yaitu MaxSTREAM yang telah diunduh lebih dari 34 juta kali dan diasumsikan memiliki lebih dari 8,3 juta pengguna aktif bulanan. Lesley mengungkapkan, kolaborasi strategis dengan iQIYI hadir dalam paket bundling dan promo special bagi pelanggan Telkomsel Halo, by.U dan IndiHome.
Paket bundling iQIYI menawarkan pilihan basic,standar dan premium dengan biaya mulai Rp19 ribu per bulan hingga Rp59 ribu per bulan. Sedang bagi pelanggan Telkomsel Halo dan Indihome ada penawaran promo spesial yakni harga Rp10 untuk dua bulan pertama untuk pembelian paket Premium, sementara untuk pelanggan SIMPATI dan by.U promo spesial bayar satu bulan untuk akses tiga bulan untuk pembelian paket Standard.
Lesley menambahkan, Kerjasama Telkomsel dan iQIYI akan berjangka Panjang. “Kami berencana untuk memproduksi enam serial drama lokal Indonesia guna lebih melibatkan dan menghibur para penonton di seluruh negeri,” pungkasnya.
Peluncuran kerjasama ini menghadirkan aktor ternama asal Tiongkok sekaligus Global Ambassador iQIYI, Chen Zheyuan.
STEVY WIDIA