Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Dukung Ekonomi Hijau, SIRCLO Mampu Kurangi Emisi Sebesar 525 Kg CO2e Tiap Bulan

9 November 2023
in Headline
Reading Time: 3 mins read
ekonomi hijau

Dukung Ekonomi Hijau, SIRCLO Mampu Kurangi Emisi Sebesar 525 Kg CO2e Tiap Bulan (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Melalui kebijakan kerja hybrid (secara daring dan luring), perusahaan penyedia solusi omnichannel commerce SIRCLO telah mencatat pengurangan emisi hingga 525 kg CO2e setiap bulannya melalui edukasi pengelolaan sampah kepada pelaku bisnis dalam ekosistemnya.

Upaya pengurangan jejak karbon oleh perusahaan itu dilakukan melalui kebijakan kerja hybrid, yang mampu mengurangi konsumsi listrik perusahaan hingga 50% atau setara dengan 8,026 kg CO2e.

Brian Marshal, CEO & Founder SIRCLO mengatakan, sebagai perusahaan yang menaungi 1,000 pemilik merek berskala besar dan 1 juta UMKM, pihaknya menyadari betapa pentingnya secara bersama-sama mendorong penerapan ekonomi hijau.

“Berbagai inisiatif yang dilakukan oleh SIRCLO, baik secara internal dan eksternal, diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi pemangku kepentingan perusahaan, tetapi juga kemaslahatan masyarakat dan lingkungan,” kata Brian, Kamis (9/11/2023).

Salah satu unsur dari ekonomi hijau adalah berfokus pada efisiensi penggunaan sumber daya, meliputi bahan, energi, biaya, hingga pengurangan dampak negatif pada lingkungan. Dengan begitu, konsep ekonomi sirkular muncul dan menjadi bagian dari ekonomi hijau, karena berupaya mengurangi limbah dan polusi, sekaligus menjaga produk dan material dapat terpakai selama mungkin.

Studi internal SIRCLO menyebutkan bahwa terdapat 150 kg sampah dari pelaku UMKM di bawah naungan SIRCLO yang berpotensi didaur-ulang setiap bulannya. Menghadirkan program edukasi pengelolaan sampah bagi pelaku UMKM menjadi penting bagi SIRCLO untuk mendukung ekonomi sirkular.

Baca juga :   Tokocrypto Perkenalkan TokoMall Dengan Konsep Digital Meets Reality

Pada tahun Juni 2022 lalu, SIRCLO memulai perjalanan edukasi terhadap pelaku UMKM dengan melaksanakan webinar bersama MallSampah bertajuk “Pengelolaan Sampah untuk Rumah Tangga dan UMKM”. Inisiatif edukasi ini terus berlanjut dan menggandeng berbagai mitra strategis, seperti Waste4Change dan Sinar Mas Land, hingga mampu mengurangi emisi hingga 525 kg CO2e setiap bulannya.

Mempertegas komitmen pada penciptaan ekonomi sirkular, SIRCLO telah kembali menggandeng Waste4Change, untuk mengadakan “Panen Omset 2.0”. Dengan tema “Sustainable Business UMKM”, pembekalan yang dilakukan secara intensif ini diharapkan dapat mempersiapkan pelaku UMKM memasuki era ekonomi hijau dan bisnis berkelanjutan.

Berkaca dari data UMKM menyumbang Produk Domestik Bruto sebesar 61,07% dan mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja, tema ini menjadi penting untuk disosialisasikan kepada pelaku UMKM guna menurunkan permasalahan isu lingkungan secara signifikan lagi saat mengelola sampah dari proses bisnis sehari-hari.

Saka Dwi Hanggara, Campaign Manager, SWM Campaign Expert, Waste4Change mengatakan, “Pada dasarnya, pelaku bisnis harus paham mengenai Triple Bottom Line, bahwa selain berorientasi pada profit pelaku bisnis juga harus peduli terhadap people dan planet. Dengan demikian dapat terwujud suatu bisnis yang berkelanjutan.

Baca juga :   Bukalapak Ekspor Makanan Khas Indonesia ke Lima Negara

“Acara Panen Omset 2.0 yang diusung oleh SIRCLO merupakan langkah awal agar pelaku UMKM dapat mulai memahami mengenai bisnis berkelanjutan,” kata Saka.

Tidak hanya memperhatikan pelaku UMKM, SIRCLO juga memperhatikan pemilik merek berskala besar melalui layanan SIRCLO Commerce, layanan e-commerce enablement dari hulu ke hilir yang membantu brand memasuki kanal distribusi dan penjualan online, untuk meminimalisir limbah plastik dengan menyediakan kemasan yang dapat didaur ulang.

Saat ini, klien pemilik merek dapat mengganti bubble wrap dengan honeycomb, salah satu material yang ramah lingkungan dan awet, untuk menjaga produk dari benturan saat proses pengiriman barang kepada konsumen.

Penyediaan solusi ini berkaca dari data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 yang menyebutkan Indonesia menghasilkan 64 juta ton sampah per tahunnya, di antaranya terdapat 3,2 juta ton sampah plastik yang dibuang ke laut. Melalui penyediaan pergantian pengemasan ini, SIRCLO bertujuan mengurangi beban bagi kebutuhan pengemasan di sektor ritel.

Tidak hanya mendorong ekonomi sirkular bagi pelaku bisnis, SIRCLO juga memperhatikan pengelolaan sampah di dalam lingkungan kantor, yaitu melalui edukasi hingga pemantauan jumlah sampah yang telah didaur ulang.

Baca juga :   Oriflame Gandeng SIRCLO sebagai Mitra Strategis Penjualan Online dari Hulu ke Hilir

Edukasi terkait memilah sampah telah dilakukan sejak September 2022 untuk memastikan karyawan membuang sampah sesuai jenisnya agar memudahkan pembuangan dan pengelolaan kembali. Sepanjang bulan Oktober – November 2022, SIRCLO telah mengumpulkan 112 kg sampah plastik dan 1,349 kg sampah kertas untuk didaur ulang oleh manajemen bangunan Sinar Mas Land yang berlokasi di Green Office Park, BSD City.

Inisiatif pengurangan jejak karbon secara internal juga telah bergulir sejak 2021 melalui penetapan kebijakan kerja hybrid. Implementasi cara kerja ini mampu menurunkan konsumsi listrik sebesar hampir 50% atau setara dengan 8,026 kg CO2e sepanjang tahun 2021 hingga 2022. Melalui kebijakan ini, diharapkan turut meningkatkan efisiensi secara operasional dan produktivitas dalam bekerja, sebab waktu bepergian menuju kantor dapat berkurang secara drastis.

Inisiatif SIRCLO yang telah diberlakukan sejak 2021 merupakan wujud keseriusan perusahaan untuk mencapai ekonomi hijau, termasuk mengurangi emisi karbon pemanasan global dan pengelolaan sampah untuk lingkungan.

“SIRCLO mengajak semua lapisan masyarakat, khususnya para pelaku bisnis dari berbagai skala untuk memperhatikan aspek lingkungan dalam pengembangan strategi bisnis guna mendukung tercapainya nol emisi karbon oleh pemerintah bagi generasi selanjutnya,” tutup Brian.

 

STEVY WIDIA

Tags: ekonomi hijaukurangi EmisiSIRCLO
Previous Post

Kemenparekraf Gelar Co-Branding Wonderful Indonesia 11.11 Flash Sale

Next Post

Dorong Pertumbuhan Ekspor e-Commerce di Indonesia, PosLog Gandeng SingPost

Related Posts

Harbolnas
Headline

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
0
e-commerce
Headline

Proyeksi e-Commerce 2025: Tren, Peluang dan Strategi

30 April 2025
0
SIRCLO
Headline

SIRCLO: Transkasi e-Commerce Meningkat 4,95% Sepanjang Tahun 2024

30 April 2025
0
Load More
Next Post
PosLog x SingPost

Dorong Pertumbuhan Ekspor e-Commerce di Indonesia, PosLog Gandeng SingPost

Cermati x Treasury

Cermati Gandeng Treasury Hadirkan Investasi Emas Digital

Hyperlocal Tokopedia

Melalui Inisiatif Hyperlocal, Tokopedia Dukung Pengembangan UMKM

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version