youngster.id - Platform e-commerce Shopee berkolaborasi dengan Meta meluncurkan serangkaian fitur baru untuk memudahkan pengguna menemukan produk di Facebook dan melakukan pembelian langsung melalui Shopee. Fitur baru ini menghadirkan pendekatan yang lebih sederhana untuk pemasaran afiliasi, serta kemampuan untuk meningkatkan fitur Facebook Live dengan menambahkan Collaborative Ads.
Head of Brand and Growth Marketing at Shopee Peggy Zhu mengatakan, Shopee berkomitmen untuk terus memperkuat ekosistem dan meningkatkan pengalaman belanja e-commerce. Melalui kerjasama dengan Meta ini, Shopee akan memberikan kemudahan bagi kreator, brand, dan penjual untuk menghubungkan komunitas Facebook mereka dengan beragam produk dan platform Shopee.
“Sejalan dengan komitmen ini, kami terus berupaya membantu brand dan penjual memperluas jangkauan mereka, sekaligus menciptakan peluang baru bagi para affiliate untuk berkembang dan berkreasi,” ujar Peggy Zhu dikutip Jumat (24/10/2025).
Shopee adalah mitra pertama untuk program Kemitraan Afiliasi Facebook secara global. Program ini membuka jalan untuk memberdayakan kreator dalam memonetisasi konten mereka, berinteraksi dengan audiens, serta menghubungkan brand dan penjual dengan pelanggan baru.
Menurut Peggy, kreator dengan akun affiliate dapat mengunjungi Kemitraan Afiliasi Facebook, one-stop portal yang memungkinkan mereka untuk menautkan akun Facebook dengan akun affiliate mereka.
“Fitur ini memungkinkan kreator memilih produk yang relevan dan menautkan tautan produk afiliasi secara langsung di dalam konten Feed dan Reels mereka. Sedang pembeli dapat mengklik tautan tersebut dan menyelesaikan pembelian langsung di situs yang diberikan oleh affiliate,” ungkapnya.
Kreator juga dapat memperoleh berbagai insentif melalui Program Afiliasi Shopee, seperti pendapatan komisi, sampel produk gratis, voucher bagi pelanggan, dan dukungan produk sponsor.
Shopee juga turut memberikan dukungan bagi affiliate dengan menyediakan akses ke bootcamp dan acara pelatihan yang membekali mereka dengan pengetahuan serta fitur untuk menciptakan konten yang autentik dan menarik, membantu mereka memperluas jangkauan serta pendapatan.
“Melalui kolaborasi ini, Shopee menunjukkan komitmennya terhadap pertumbuhan ekonomi kreator yang sedang berkembang pesat dan turut mengubah cara orang menemukan, berinteraksi, dan berbelanja secara online,” katanya.
Selain itu, Peggy menegaskan, kolaborasi ini juga memperkuat momentum Shopee dalam membangun ekosistem konten yang solid, dengan lebih dari 100 juta konten Shopee Live dan Shopee Video yang dibuat oleh para affiliate pada tahun 2024 — meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.
“Afiliasi merupakan bagian penting dari ekonomi digital saat ini, yang turut membentuk cara orang menemukan dan mencari informasi produk secara online. Melalui afiliasi, kami memperkaya pengalaman belanja lintas platform, sekaligus membuka lebih banyak peluang bagi penjual dan brand untuk meraih kesuksesan,” ucapnya.
Program Kemitraan Afiliasi Facebook bersama Shopee kini telah tersedia di Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Brasil.
APAC Director of Monetisation, Meta Damian Kim mengatakan, melalui fitur terbaru ini, Meta terus beradaptasi untuk menjawab perubahan perilaku konsumen yang terjadi di kawasan ini.
“Dengan mengintegrasikan konten sosial melalui pemasaran afiliasi dan siaran langsung, kami menciptakan peluang bagi masyarakat untuk menemukan dan mengekspresikan minat mereka melalui pengalaman sosial yang lebih interaktif,” ucapnya
Shopee menjadi marketplace pertama yang terintegrasi dengan fitur beta ini, yang saat ini dalam tahap uji coba di Thailand, Indonesia, Vietnam, Filipina, dan akan segera diluncurkan di beberapa negara lainnya.
STEVY WIDIA

















Discussion about this post