Sabtu, 17 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Dukung UMKM Berkelanjutan, SIRCLO Kembali Gelar Panen Omset 2024

25 Maret 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Program Panen Omset 2024

Dukung UMKM Berkelanjutan, SIRCLO Kembali Gelar Panen Omset 2024 (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Setelah sukses mendorong percepatan digitalisasi untuk pelaku usaha sektor UMKM pada 2022 dan 2023 lalu, SIRCLO kembali menghadirkan program Panen Omset 2024. Program pada tahun ketiga ini mengusung tema “Sustainable Business UMKM” atau “Bisnis UMKM Berkelanjutan”.

Chief Product Officer SIRCLO Ferry Tenka mengatakan, dengan tingginya antusiasme peserta Panen Omset selama dua tahun berturut-turut, pihaknya menyadari pentingnya mengadakan program ini secara berkelanjutan guna menunjang akselerasi pertumbuhan bisnis UMKM dalam jangka panjang sembari memperhatikan aspek lingkungan.

“Pada aspek digitalisasi, SIRCLO turut memperkenalkan solusi teknologi terbarunya, SWIFT Hub  yang terintegrasi dengan Shopify, yaitu pembuat situs e-commerce terbesar di dunia, untuk mendorong perluasan pasar UMKM ke tingkat global. Kami harap program yang dirancang pada tahun ini semakin tepat guna dan komprehensif untuk membawa evolusi UMKM naik kelas,” kata Ferry, Senin (25/3/2024).

Kehadiran Panen Omset 2024 telah berhasil merangkul 1500 UMKM dari berbagai sektor bisnis, termasuk Makanan, Minuman, Pakaian serta Kerajinan. Program ini diharapkan dapat membekali para pelaku usaha menuju transformasi digital, bisnis berkelanjutan, dan ekonomi hijau.

Sebagai kelompok pelaku ekonomi penting di Indonesia, UMKM memiliki kontribusi sebesar 61,9% terhadap total produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97% tenaga kerja lokal. Melihat potensi yang masif dari UMKM dan pentingnya digitalisasi untuk perluasan pasar, pemerintah telah menargetkan sebanyak 30 juta pelaku UMKM untuk go digital pada tahun 2024 untuk mendongkrak perekonomian nasional.

Baca juga :   SIRCLO Gandeng Smesco untuk Inisiasi Festival Panen Omset

Di sisi lain, percepatan digitalisasi UMKM harus diselaraskan dengan fokus pemerintah menuju ekonomi hijau, memastikan kelestarian lingkungan serta efisiensi sumber daya. Meski transisi penerapan ekonomi konvensional menuju ekonomi hijau terlihat menantang, Center of Economics and Law Studies (CELIOS) and Greenpeace Indonesia memprediksi transformasi ini mampu meningkatkan dampak ekonomi nasional hingga Rp4.375 Triliun, serta menambahkan PDB senilai Rp2.943 Triliun dalam satu dekade mendatang.

SIRCLO menggandeng PT Bank Maybank Indonesia Tbk. melalui Unit Usaha Syariahnya (USS Maybank Indonesia), Maybank Islamic, dan PT Pos Indonesia pada tahun ini untuk mengadakan batch pertama di empat kota besar Indonesia, yaitu Bandung (2 Maret), Yogyakarta (9 Maret), Surabaya (16 Maret), dan Denpasar (23 Maret) sebagai kota penyelenggaraan program terakhir.

Romy Buchari, Head of Shariah Banking, Maybank Indonesia menyampaikan bahwa sebagai institusi perbankan, Maybank Indonesia melalui Unit Usaha Syariah-nya, senantiasa menyambut positif inisiatif SIRCLO dalam menyelenggarakan program Panen Omset, terutama dalam memberdayakan pelaku UMKM untuk mengoptimalisasi bisnisnya secara berkelanjutan dan hijau melalui pelatihan dan pendampingan digitalisasi.

“Dukungan kami pada program Panen Omset ini berjalan selaras dengan strategi M25+ dari Maybank Group yang juga diterapkan di seluruh jaringan usahanya, termasuk Maybank Indonesia. Strategi tersebut berfokus pada, salah satunya, inisiatif untuk meningkatkan kapabilitas Maybank Indonesia serta Unit Usaha Syariah-nya to become a leader in Sustainability di kawasan ASEAN yang berpusat pada ekonomi syariah dan pengelolaan sumber daya demi kemaslahatan bersama,” kata Romy.

Dengan perkiraan jumlah pelanggan dari sektor e-commerce terus meningkat hingga 189,6 juta pada tahun 2024, peran sektor logistik turut andil dalam menopang tingginya permintaan pasar. Hal ini mendorong pelaku UMKM untuk tidak memperhatikan infrastruktur platform jual-beli saja, namun juga logistik untuk pengiriman produk.

Baca juga :   Startup Solusi E-Commerce Sirclo Tutup Putaran Pendanaan Seri B

Tonggo Marbun, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia mengatakan, kerja sama Pos Indonesia dengan Panen Omset ditujukan memperkuat fondasi UMKM di ranah digital.

“Dalam menciptakan kepuasan pelanggan saat berbelanja, kami amati bahwa pelaku UMKM memerlukan pendampingan intensif seputar best practice di bidang logistik, mulai dari pengelolaan stok, packaging dan pengiriman produk baik secara domestik maupun internasional. Dengan demikian, pelatihan dalam program Panen Omset diharapkan mampu membantu para UMKM dalam menghadapi tantangan di lapangan,” kata Tonggo.

Program pelatihan Panen Omset batch pertama telah terbagi menjadi dua untuk mengakomodasi kebutuhan para peserta, yaitu:

Kelas Luring, yang berfokus pada materi penggunaan kanal berjualan secara online (seperti SWIFT Hub dan Shopify), lokakarya terkait strategi konten marketing, digital branding, solusi perbankan bagi UMKM dari Maybank Syariah, manajemen logistik dan pengiriman dari Pos Aja.

Baca juga :   HUB.ID Accelerator Akan Berlanjut, Siap Dukung Startup Lokal Berdaya Tahan Kuat

Kelas Asynchronous Online Learning yang memudahkan peserta untuk mengakses materinya secara fleksibel. Materi kelas ini mencakup pemasaran digital, merchandising e-commerce, legalitas menjalankan bisnis dari Kontrak Hukum, basic design dari Canva, dan kiat mengelola bisnis secara ramah lingkungan termasuk reduce, reuse, recycle oleh Waste4Change.

Para peserta UMKM yang telah mendaftar dan lulus kurasi pendaftaran program Panen Omset 2024 batch pertama berkesempatan memenangkan total hadiah senilai Rp80 juta, paket berlangganan SWIFT Hub Basic selama dua bulan dan paket berlangganan Shopify Basic selama satu bulan untuk 20 peserta beruntung di setiap kotanya. Pengumuman pemenang pada periode ini akan diumumkan pada puncak acara, LokaLokal, yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 4 Mei 2024.

“Program Panen Omset 2024 diharapkan memberikan manfaat yang maksimal bagi para peserta melalui materi dan pendampingan yang telah diberikan, sehingga terciptanya kemajuan usaha yang berdampak positif pada perekonomian maupun lingkungan,” tutup Ferry.

 

STEVY WIDIA

Tags: Maybank IslamicPanen Omset 2024Pos IndonesiaSIRCLO
Previous Post

Ekspansi Produk Hilir Minyak Sawit, Apical Investasi US$1 Miliar

Next Post

Startup Logistik EV Blitz Peroleh Pendanaan “Seed Extension” Senilai Rp25 Miliar

Related Posts

e-commerce
Headline

Proyeksi e-Commerce 2025: Tren, Peluang dan Strategi

30 April 2025
0
SIRCLO
Headline

SIRCLO: Transkasi e-Commerce Meningkat 4,95% Sepanjang Tahun 2024

30 April 2025
0
Tren belanja Ramadan
News

Tren Belanja Ramadan Tahun 2024, dari Pola Konsumsi Hingga Kanal Belanja Terpopuler

27 Februari 2025
0
Load More
Next Post
Blitz Surabaya

Startup Logistik EV Blitz Peroleh Pendanaan "Seed Extension" Senilai Rp25 Miliar

AirAsia MOVE

AirAsia MOVE Luncurkan “Unlimited Asean Pass” untuk Terbang Gratis Sepuasnya

Bukalapak

Dikontribusi Bisnis Gaming, Pendapatan Bukalapak Tumbuh 23% di 2023

Discussion about this post

Recent Updates

Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
Erafone National Tournament 2024

Erafone National Tournament 2025 Siap Jangkau 22 Kota

16 Mei 2025
Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara Akan Dipentaskan 30 Kali

Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara Akan Dipentaskan 30 Kali

16 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
Erafone National Tournament 2024

Erafone National Tournament 2025 Siap Jangkau 22 Kota

16 Mei 2025
Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara Akan Dipentaskan 30 Kali

Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara Akan Dipentaskan 30 Kali

16 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version