youngster.id - E-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia mempermudah masyarakat menciptakan peluang usaha sekaligus mengakses produk kebutuhan menjelang tahun baru lewat pengalaman yang mulus, kohesif, dan komprehensif, termasuk kampanye seperti Beli Lokal; etalase khusus bagi produk dari brand lokal.
“Platform e-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia masih menjadi andalan masyarakat dalam menciptakan peluang usaha atau mendapatkan produk kebutuhan, termasuk di momen menjelang tahun baru 2025. Di momen ini, kalender, perlengkapan pesta, dan buku kewirausahaan menjadi beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah pesanan di Tokopedia, rata-rata sekitar 2,5 kali lipat,” kata Antonia Adega Communications Senior Lead, Tokopedia and TikTok E-commerce dikutip Senin (6/1/2025).
Tokopedia dan ShopTokopedia pun mencatat temuan menarik perilaku masyarakat dalam bertransaksi online pada masa peralihan tahun. Berikut beberapa produk yang paling laris diburu lewat Tokopedia pada momen menjelang tahun baru 2025.
1.Kalendar tahun baru
Kalendar menjadi salah satu produk paling laris saat menjelang tahun baru. Di Tokopedia, jumlah pesanan kalender naik hampir 2,5 kali lipat pada akhir tahun 2024..Brand lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, salah satunya Bukuqu (akun/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia), dapat menjadi tujuan untuk mendapatkan kalendar dengan desain menarik.
“Masyarakat bisa mendapatkan kalendar, lengkap dengan penawaran yang bisa membuat belanja online lebih terjangkau, lewat Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia,” jelas Antonia.
2. Perlengkapan pesta bikin pergantian tahun berkesan
“Antusiasme masyarakat dalam berbelanja perlengkapan pesta saat menjelang tahun baru terlihat meningkat. Perlengkapan pesta, seperti topi, confetti, dan terompet, mengalami kenaikkan jumlah pesanan di Tokopedia rata-rata hampir 2,5 kali lipat,” tambah Antonia. Perlengkapan pesta bisa didapatkan melalui brand lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, misalnya deParcel Ribbon (akun/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia) dan Sekawan Toys (akun: Tokopedia), yang juga berpartisipasi dalam kampanye Beli Lokal.
3. Buku kewirausahaan untuk mulai bisnis baru
Tahun baru identik dengan resolusi baru, salah satunya memulai bisnis baru. “Kami melihat ada peningkatan yang signifikan pada jumlah pesanan buku kewirausahaan melalui Tokopedia, dengan rata-rata lebih dari 2,5 kali lipat, pada momen menjelang tahun baru 2025. Ini bisa menandakan makin tingginya ketertarikan masyarakat untuk menciptakan peluang usaha atau mengembangkan bisnis di tahun yang baru,” kata Antonia.
Ada jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia termasuk yang menjual buku kewirausahaan, misalnya Gramedia Official Store dan Penerbit Bumi Aksara. “Agar makin terjangkau, manfaatkan Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, atau flash sale 90% di Bookarnaval Tokopedia untuk pembelian berbagai buku termasuk yang berkaitan dengan kewirausahaan,” pungkas Antonia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post