Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Edenfarm, Ingin Ciptakan Pasar Pangan Tanpa Harga Spekulatif

27 September 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Eden Farm

Tim EdenFarm dan mitra petani (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Startup rantai pasok pangan EdenFarm memiliki visi Feeding The Nation. Langkah ini ditunjang dengan tiga misi utama yaitu melayani industri B2B (business-to-business) dengan ekosistem pangan berbasis teknologi, menciptakan pasar tanpa harga spekulatif, dan meningkatkan kesejahteraan para petani lokal.

“Saat ini EdenFarm telah bermitra dengan lebih dari 4.000 petani di seluruh Pulau Jawa untuk memenuhi permintaan 50.000 pelanggan di segmen B2B. Harapan ke depan, kami dapat menjangkau lebih banyak lagi mitra petani dan membuka kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia,” kata David Setyadi Gunawan, CEO PT Eden Pangan Indonesia (EdenFarm) dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

Startup ini didirikan pada 2017 oleh David bersama Ramavito Mountaino (Chief Financial Officer), dan Febrianto Gamal (Chief Operating Officer). Mereka melihat adanya ketimpangan harga pangan dan pendapatan petani akibat rantai pasok yang tidak efisien, hasil produksi yang tidak konsisten dan harga yang tidak transparan.

Semenjak itu, pemberdayaan terhadap petani telah dilakukan oleh EdenFarm melalui berbagai pendampingan dan pelatihan. Antara lain melalui Eden Teman Tani, kegiatan pelatihan rutin bagi para mitra tani di sekitar Eden Collection Facility (ECF), serta berkolaborasi dengan pihak eksternal untuk memberikan pelatihan kepada petani lokal yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga :   Kemendag Gandeng Tokopedia Untuk Digitalisasi Pasar Tradisional

“Kami juga membina mitra tani agar mereka dapat menghasilkan panen yang optimal, dan menangani komoditas pasca panen dengan tepat untuk menghindari keterbuangan,” ujar David.

Selain melalui berbagai pelatihan, EdenFarm juga memberdayakan petani melalui program kemitraan berupa penyaluran sarana produksi (saprodi) pertanian seperti benih, pupuk dan obat-obatan, dan pengembangan IoT untuk perekaman kondisi cuaca, iklim, unsur tanah untuk dapat memformulasi pupuk yang tepat.

Terkait kualitas produk, EdenFarm menerima berbagai grade hasil pertanian sesuai dengan kesepakatan di awal, dan didukung dengan fasilitas-fasilitas seperti Eden Collection Facility (ECF) yang menjadi sentra komoditas pasca panen mitra petani di area pertanian.

Eden Fulfillment Center (EFC) dengan kapasitas besar dan lokasi strategis di kota-kota besar, memungkinkan hasil panen dapat diterima oleh pelanggan B2B dalam waktu kurang dari 12 jam.

Baca juga :   Telkomsel Mitra Inovasi Pimpin Pendanaan Pre-Series B Startup Agritech EdenFarm

Startup EdenFarm berpartisipasi dalam BUMN Startup Day yang bertajuk “Action and Collaboration to Take Out Ecosystem Forward”.

 

STEVY WIDIA

Tags: BUMN Startup DayEdenFarmstartup rantai pasok pangan
Previous Post

Smart Pen Ini Bisa Akses Data Rekam Medis Pasien Secara Otomatis

Next Post

Berkolaborasi dengan Kreator, SnackVideo Hadirkan Konten Serial Pendek Baru SinetronSnack

Related Posts

Edenfarm x INDICO
Headline

Kolaborasi Startup EdenFarm dan INDICO Terapkan Digitalisasi Teknologi Pertanian

18 Maret 2023
0
EdenFarm
Headline

Telkomsel Mitra Inovasi Pimpin Pendanaan Pre-Series B Startup Agritech EdenFarm

31 Januari 2023
0
kerja sama BUMN x Startups
News

Cermati Fintech Group Tandatangani Kerja Sama dengan BUMN

30 September 2022
0
Load More
Next Post
Campaign  komersil

Berkolaborasi dengan Kreator, SnackVideo Hadirkan Konten Serial Pendek Baru SinetronSnack

Otsuka Eco Bottle

Otsuka Blue Planet, Edukasi Masyarakat Menanggulangi Sampah Secara Mandiri

Xendit

Dukung UMKM Indonesia, Xendit dan SMESCO Gelar Pasar Nusa Dua ke-2

Discussion about this post

Recent Updates

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version