Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Ekspor Produk Kreatif Indonesia Harus Bangkit

11 Februari 2017
in Headline, News
Reading Time: 1 min read
Ekspor Produk Kreatif Indonesia Harus Bangkit

Batik adalah salah satu produk UKM sektor industri kreatif potensi ekspor. (Foto: ilustrasi/Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Tahun 2016, kinerja ekspor produk-produk industri kreatif sempat merosot akibat lemahnya harga komoditas dunia. Untuk itu di tahun ini ditargetkan kegiatan ini tumbuh positif sebesar 1,3%.

Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Joseph Pesik menjelaskan, tahun 2016 lalu ekspor produk ekonomi kreatif (ekraf) sempat menurun di angka US$ 18 juta. Angka ini menurun dibandingkan kinerja ekspornya pada 2015 sebesar US$ 19,4 juta.

Meski sempat menurun di tahun 2016, namun tren perdagangan di sektor ekonomi kreatif menunjukkan peningkatan yang cukup pesat. Data Bekraf, dalam kurun waktu lima tahun sejak 2010 hingga 2015 besaran Produk Domestik Bruto (PDB) ekraf naik dari Rp 525,96 triliun menjadi Rp 852,24 triliun. Rata-ratanya, ada peningkatan 10,14% pertahunnya sejak tahun 2010.

Baca juga :   GO-JEK Ajak Milenial Kenal Indonesia Raya 3 Stanza

“Kami ingin membawa merek lokal bisa ditemukan di kota besar dunia. Misal, ada merek kopi lokal bisa ditemui di New York, merek batik lokal buka gerai di London,” ujar Ricky dilansir laman Bekraf baru-baru ini.

Ricky menyebutkan, tiga subsektor yang menunjukkan kontribusi terbesar untuk kinerja perdagangan ekraf adalah industri fesyen (56,27%), kriya (37,52%), dan kuliner (6,09%). Ia menyebutkan, Bekraf sedang berupaya menaikkan nilai tambah produk-produk ekonomi kreatif agar bisa lebih diterima di pasar internasional.

Bahkan Bekraf memiliki target besar, yakni membawa merek-merek lokal untuk bisa menembus pasar internasional. Maksud Ricky, produk ekraf Indonesia nantinya tak hanya dibeli oleh pemain global lantas dilabeli dengan merek mereka, namun benar-benar dikenal dengan merek asli Indonesia.

 

Baca juga :   Millealab dan LPPM Universitas Andalas Inisiasi Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Virtual Reality

STEVY WIDIA

Tags: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)ekspor produk kreatifmerek lokalpasar internasional
Previous Post

MOX, Upaya XL Dukung Industri Perfilman Nasional

Next Post

Komunitas Satu Arah Gelar Lomba Jurnalis Dadakan

Related Posts

Co-founders Una Brands
Headline

Una Brands Siapkan Rp 500 Miliar Untuk Bawa Merek Lokal ke Kancah Internasional

20 Desember 2021
0
Muhammad Fuad Fadli : Mencoba Peruntungan di Bisnis Distro Dengan Label Lokal
Creativepreneur

Muhammad Fuad Fadli : Mencoba Peruntungan di Bisnis Distro Dengan Label Lokal

23 November 2020
0
Setelah Dilebur, Bekraf Pamit dari Media Sosial
News

Setelah Dilebur, Bekraf Pamit dari Media Sosial

26 Oktober 2019
0
Load More
Next Post
Komunitas Satu Arah Gelar Lomba Jurnalis Dadakan

Komunitas Satu Arah Gelar Lomba Jurnalis Dadakan

BEI

UAJY Gelar Kompetisi Pengetahuan Pasar Modal

chatbot

LINE Indonesia Siapkan Layanan Chatbot

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version