Sabtu, 25 Juni 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Una Brands Siapkan Rp 500 Miliar Untuk Bawa Merek Lokal ke Kancah Internasional

20 Desember 2021
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Co-founders Una Brands

Una Brands’ co-founders (kiri ke kanan): Tobias Heusch, Kiren Tanna, dan Kushal Patel (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Startup agregator e-commerce Una Brands mengalokasikan investasi senilai Rp 500 miliar (atau setara US$ 35 juta) untuk mendukung merek lokal berkembang menjadi usaha berkelas internasional melalui program akuisisi, pemberian modal kerja, dukungan operasional, hingga ekspansi bisnis internasional yang bertujuan menjadikan mereka brand global yang digemari dan tak lekang oleh waktu.

Una Brands juga berencana untuk mengembangkan Indonesia sebagai strategic sourcing hub untuk memperluas basis supply chain untuk portofolio Una Brands lainnya. Una brands telah menandatangani perjanjian eksklusif dengan beberapa merek di Indonesia serta mentargetkan 12 hingga 15 merek untuk diakuisisi pada tahun 2022.

“Indonesia merupakan salah satu prioritas utama Una Brands. Kami tidak hanya melihat peluang untuk mengakuisisi brand lokal terbaik tetapi juga membantu mereka untuk ekspansi di Indonesia dan global, serta menjadikan Indonesia sebagai strategic sourcing hub untuk portfolio kami lainnya di luar sourcing hub yang saat ini berada di China”, kata Kiren Tanna, CEO dan Founder Una Brands, dalam keterangan teretulisnya Senin (20/12/2021).

Baca juga :   Boom Esports dan Victim Rise Wakil Indonesia di Grand Final APAC Predator League 2020

Dengan komitmen investasi senilai Rp 500 miliar yang disiapkan, Una Brands berencana untuk mengakuisisi merek-merek lokal potensial yang memiliki proyeksi omzet bulanan minimal Rp 400 juta. Sektor bisnis yang dibidik adalah kebutuhan sehari-hari, seperti kebutuhan rumah dan tempat tinggal, kecantikan dan perawatan tubuh, kebutuhan bayi, anak, dan hewan peliharaan, olahraga, serta kegiatan luar ruangan. Namun, Una Brands juga tetap terbuka untuk mengakuisisi bisnis di luar kategori tersebut.

“UMKM adalah punggung ekonomi Indonesia yang harus terus kita optimalkan. Sebagai investor dari dan dengan fokus di Indonesia, kami yakin Una Brands bisa membawa merek-merek terbaik Indonesia ke panggung global. Tak hanya itu, kami juga berharap gerakan Una Brands dapat menginspirasi generasi baru wirausaha di Indonesia untuk mulai mengejar mimpi mereka,” kata Jefrey Joe, Co-Founder & General Partner, Alpha JWC Ventures.

Baca juga :   Dorong UMKM Go-Digital, Pemkot Kediri Gandeng CrediBook

Una Brands adalah perusahaan rintisan agregator e-commerce yang memiliki lingkup usaha di wilayah pasar Asia-Pasifik. Sejak didirikan pada awal 2021, Una Brands telah hadir di 9 pasar, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Australia, China, India, Taiwan, Korea dan Jepang. Una Brands telah mendapatkan total pendanaan senilai US$ 55 juta dari beberapa investor ternama, termasuk firma modal ventura Indonesia, Alpha JWC Ventures. Menjelang 2022, Una Brands siap memasuki pasar Indonesia dan bekerja sama dengan merek-merek lokal potensial.

Dalam operasionalnya, Una Brands mengambil jalur akuisisi brand lokal yang selama ini telah eksis berjualan melalui jalur e-commerce seperti di Tokopedia, Lazada,  Shopee, dan Shopify. Setelah proses akuisisi, Una Brands melalui teknologinya akan mengoptimalkan kinerja brand (termasuk branding, pemasaran, supply chain, hingga fulfilment / logistik)  serta memperluas target distribusi secara domestik maupun internasional dalam lingkup Asia Pasifik dan juga Amerika serta Eropa dengan target pertumbuhan 10x di nilai penjualan dan keuntungan.

Baca juga :   Sarinah Gelar Pameran Tunggal NFT Karya Arya Mularama

Menurut Kiren, dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, Una Brands telah berhasil mengakuisisi lebih dari 20 merek di  beberapa kategori. Antara lain, Kebutuhan Bayi, Perlengkapan Rumah, dan Kosmetik, dan telah meningkatkan penjualan dan keuntungan brand-brand tersebut hingga lebih dari 50%.

“Model bisnis yang kami tawarkan bersifat fleksibel dan sangat menguntungkan bagi para pengusaha yang sedang mencari exit plan dari usaha mereka. Bagi pemilik merek lokal, tidak ada banyak pilihan exit dari bisnis mereka. Misalnya, mengambil jalur ekspansi besar-besaran ke IPO pun umumnya sulit dicapai. Kami hadir membawa pilihan baru di mana akuisisi oleh Una Brands tak hanya memberikan full exit secara tunai serta bagi hasil keuntungan bagi pengusaha, tapi juga melindungi legacy yang sudah tercipta selama ini, bahkan mengangkat  legacy tersebut ke level selanjutnya melalui ekosistem kami,” pungkas Kiren.

 

STEVY WIDIA

Tags: merek lokalperusahaan rintisan agregator e-commerceUna Brands
Previous Post

Perayaan 25 tahunnya, Pokémon Game Kartu Koleksi Rilis Booster Pack Special

Next Post

LSPR Gandeng Plan Indonesia Kembangkan Ecopreneurship Bagi Kaum Muda

Related Posts

Mastercard
Headline

Mastercard Berdayakan Perusahaan Rintisan Lewat Program Startup Path Open Banking

25 Juni 2022
0
Pandawa Agri Indonesia x Rabo Foundation
Headline

Agreetech Pandawa Agri dan Rabo Foundation Fasilitasi 225 Hektar Pertanian Berkelanjutan

25 Juni 2022
0
BMI x Paper
Headline

Percepat Transformasi Digital untuk Pendanaan Usaha, BMI Gandeng Paper.id

25 Juni 2022
0
Load More
Next Post
Plan LSPR

LSPR Gandeng Plan Indonesia Kembangkan Ecopreneurship Bagi Kaum Muda

Tahun 2022 Ekonomi Indonesia Diproyeksi Tumbuh Positif dan Konsumen Lebih Berdaya

Tahun 2022 Ekonomi Indonesia Diproyeksi Tumbuh Positif dan Konsumen Lebih Berdaya

ITDRI Festival 2021

Melalui Jaringan Kemitraan Pentahelix, ITDRI Terus Genjot Angka Talenta Digital Indonesia

Discussion about this post

Berita Terbaru

Telkomsel Awards 2022

Ini Talenta Industri Kreatif Digital Peraih Telkomsel Awards 2022

25 Juni 2022
0
Mastercard

Mastercard Berdayakan Perusahaan Rintisan Lewat Program Startup Path Open Banking

25 Juni 2022
0
GudangAda

GudangAda Hadirkan COD Untuk Permudah Transaksi Pedagang

25 Juni 2022
0
Nexticorn

NextiCorn Perketat Kurasi Startup Untuk NXC International Summit 2022

25 Juni 2022
0
Pandawa Agri Indonesia x Rabo Foundation

Agreetech Pandawa Agri dan Rabo Foundation Fasilitasi 225 Hektar Pertanian Berkelanjutan

25 Juni 2022
0
Command Center Telkom Integrated Operation Center

Dewan Ketahanan Nasional RI Kunjungi TIOC Telkom untuk Benchmark Pembangunan Crisis Center IKN

25 Juni 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version