youngster.id - Saat ini di Indonesia, lebih dari 52 juta penduduk memainkan game esports. Untuk itu, agensi komunikasi ASEAN Vero dan Decision Lab meluncurkan hasil riset lanskap esports di Indonesia saat ini. Didapati, tim EVOS, RRQ, dan Jess No Limit jadi Influencer Game Paling Favorit di Indonesia Tahun 2021.
“Kami melihat besarnya potensi esport di Indonesia merupakan peluang besar bagi brand dan entitas bisnis untuk menciptakan sinergi yang dapat mendukung mereka dalam berkomunikasi dengan target konsumen dan meraih pangsa pasar yang lebih luas bagi perkembangan bisnis mereka,” ungkap Sasha Alwani, Strategic Planning Director Vero dalam keterangan pers, Selasa (4/1/2022).
Menurut dia, esports, seperti juga game, telah berubah dari minat subkultur menjadi kekuatan budaya arus utama, membuka berbagai peluang bagi merek untuk bergabung. “Di era yang ditandai dengan hiper-individualisme dan hiper-konektivitas, merek harus lebih berempati dan mau beradaptasi dengan perubahan cepat dalam lingkup budaya yang semakin menyebar,” ujarnya.
Hasil riset ini dilakukan terhadap 470 orang Indonesia berusia 16-41 tahun dengan 3 kategori responden, yakni gamer, watcher dan streamer. Hasilnya, untuk demografi, secara umum, komunitas E-sports di Indonesia sebagian besar berada di ibu kota Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun. Sementara dari aspek distribusi gender, Esport di Indonesia masih didominasi oleh pria yakni sebesar 53%, sementara wanita sebesar 47%.
Sementara untuk esport genre, semua responden dari kategori yang berbeda setuju bahwa genre E-sports paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Meski ada sedikit perbedaan dalam preferensi antara Pemain dan Penonton/Streamer karena gamer lebih menyukai game olahraga, sedangkan watcher/streamer tampaknya lebih menikmati game strategi kehidupan nyata. Adapun Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming.
Saat ini, brand E-sports yang paling popular di Indonesia adalah GameLoft untuk kategori publisher game ternama dengan prosentase sebesar 78%, DuniaGames sebagai platform berita game terpopuler dengan prosentase sebanyak 72% & Youtube Gaming untuk kategori platform streaming (84%) dan watching (91%) paling banyak digunakan.
Adapun dalam hal selebriti Esports, responden dari semua kategori setuju bahwa EVOS Esports adalah pemain atau tim paling terkenal di kalangan komunitas, disusul RRQ diperingkat 2, sementara Jess No Limit memegang gelar sebagai streamer yang paling banyak ditonton.
Riset itu juga mendapati, esports telah berkembang dari aktivitas khusus menjadi olahraga penonton global yang sejajar dengan musik dan film sebagai salah satu pemain utama dalam hiburan. Hal ini senada dengan hasil riset yang menyebutkan lebih dari 76% respon setuju bahwa bermain game atau menonton streaming untuk tujuan hiburan.
Sementara itu, terkait dengan perangkat favorit yang digunakan untuk bermain game, sebanyak 69% responden memilih smartphone, dan 20% lainnya memilih PC sebagai perangkat kedua terbanyak yang digunakan dalam bermain game.
Hal ini turut dipengaruhi oleh meningkatnya angka penetrasi smartphone seiring dengan perkembangan akses internet di Indonesia yang turut mendorong minat masyarakat terhadap mobile game. Selain itu, para responden merasakan pengalaman yang menyenangkan bermain game menggunakan smartphone karena dirasa dapat menghadirkan kombinasi desain grafis yang bagus, fitur keterampilan, dan tantangan berkelanjutan.
Vice President of Public Affairs IESPA, Andrew Tobias mengatakan, penting kiranya bagi brand untuk memberikan pengawasan dan menentukan influencer yang tepat sekaligus sesuai dengan target market yang ingin disasar. “Selain itu, membangun kemitraan jangka panjang dengan influencer ataupun KOL tentunya dapat menciptakan konten dan ikatan yang lebih baik dengan konsumen serta mampu menghadirkan umpan balik yang lebih optimal,” ujarnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post