Gen Z Lebih Aktif Belanja Online Dibanding Milenial di Ramadan 2022

e-commerce

E-Commerce Masih Jadi Pilihan Mayoritas Masyarakat Dalam Berbelanja. (Foto: ilustrasi)

youngster.id - Riset iPrice mengungkapkan, setiap generasi rupanya memiliki kebiasaan atau perilaku dalam berbelanja online yang berbeda-beda, selama bulan Ramadan.  iPrice menganalisis keunikan perilaku belanja online pada generasi milenial dan gen z, dalam dua pekan pertama Ramadan 2022.

Bulan Ramadan 2022, terlihat jumlah traffic generasi z yang berbelanja online mencapai 53%. Mengutip laporan iPrice, di antara dua generasi tersebut, gen-z tampaknya lebih akrab dengan kegiatan belanja online, mengungguli milenial.

“Hal ini sangat wajar mengingat mereka yang sudah harus kembali bekerja dari luar rumah, sehingga kegiatan online menjadi pilihan yang sangat praktis,” tulis iPrice dalam laporannya Jumat (30/4/2022).

Hasil data yang menggunakan data internal dari Google Analytics, ini mirip dengan periode bulan puasa tahun lalu di mana angkanya mencapai 57%, sementara milenial hanya 43%. Meski begitu, tercatat ada kenaikan traffic belanja online di generasi milenial sebesar 4% pada tahun 2022, menjadi 47%.

Dari segi waktu, pergeseran kebiasaan di bulan Ramadan juga berpengaruh pada perilaku belanja online pada kaum milenial maupun gen-z. Salah satunya adalah bangun lebih awal untuk sahur.

iPrice menemukan, terdapat lonjakan traffic di kedua generasi mulai dari jam 2 sampai 4 pagi,  yaitu sebesar 203 persen untuk milenial dan 224 persen untuk gen Z, dibandingkan dua pekan sebelum Ramadan.

“Ternyata jam senggang sebelum sahur ini bukan hanya digunakan untuk mempersiapkan sahur tapi juga mencari barang, promosi dan diskon dari toko online,” tulis iPrice.

Pola lainnya adalah jelang berbuka puasa, di mana angkanya menurunan di kedua generasi pada jam 5 sore, berkurang 28 persen pada milenial dan berkurang 35 persen pada gen-z.

Dari sisi produk, terlihat bahwa fesyen dan kecantikan menjadi produk yang mendominasi lima produk teratas pada dua generasi. iPrice menilai, ini dipengaruhi oleh bisa berkumpulnya keluarga di Hari Raya Idul Fitri tahun ini, sehingga banyak orang cenderung ingin terlihat lebih rapi dengan pakaian bagus dan kulit sempurna di hari raya.

Barang elektronik juga dilaporkan masuk ke dalam lima produk paling populer di kalangan milenial dan gen-z selama bulan Ramadan. Smartphone berada di peringkat pertama untuk kedua generasi, dengan persentase milenial dan gen Z masing-masing sebesar 30,5% dan 28,1%. Sementara laptop ada di peringkat keempat untuk gen Z (17,6%) dan ketiga untuk milenial (16,5%).

iPrice menilai, meski daftar lima produk teratas mirip, namun mereka bisa melihat ada perbedaan preferensi di kalangan generasi z dan milenial.

“Kalangan yang lebih muda (gen Z) menyambut perayaan Idul Fitri dengan mempercantik diri, sedangkan kalangan milenial dengan membeli barang elektronik,” tulis iPrice.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version