Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Gen Z Lebih Aktif Belanja Online Dibanding Milenial di Ramadan 2022

30 April 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
ekonomi digital

Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Dua Digit di 2024, E-Commerce Penyumbang Terbesar (Foto: ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Riset iPrice mengungkapkan, setiap generasi rupanya memiliki kebiasaan atau perilaku dalam berbelanja online yang berbeda-beda, selama bulan Ramadan.  iPrice menganalisis keunikan perilaku belanja online pada generasi milenial dan gen z, dalam dua pekan pertama Ramadan 2022.

Bulan Ramadan 2022, terlihat jumlah traffic generasi z yang berbelanja online mencapai 53%. Mengutip laporan iPrice, di antara dua generasi tersebut, gen-z tampaknya lebih akrab dengan kegiatan belanja online, mengungguli milenial.

“Hal ini sangat wajar mengingat mereka yang sudah harus kembali bekerja dari luar rumah, sehingga kegiatan online menjadi pilihan yang sangat praktis,” tulis iPrice dalam laporannya Jumat (30/4/2022).

Hasil data yang menggunakan data internal dari Google Analytics, ini mirip dengan periode bulan puasa tahun lalu di mana angkanya mencapai 57%, sementara milenial hanya 43%. Meski begitu, tercatat ada kenaikan traffic belanja online di generasi milenial sebesar 4% pada tahun 2022, menjadi 47%.

Baca juga :   Pelanggan Muda Axis Bisa Pilih Paket Kuota Suka Suka

Dari segi waktu, pergeseran kebiasaan di bulan Ramadan juga berpengaruh pada perilaku belanja online pada kaum milenial maupun gen-z. Salah satunya adalah bangun lebih awal untuk sahur.

iPrice menemukan, terdapat lonjakan traffic di kedua generasi mulai dari jam 2 sampai 4 pagi,  yaitu sebesar 203 persen untuk milenial dan 224 persen untuk gen Z, dibandingkan dua pekan sebelum Ramadan.

“Ternyata jam senggang sebelum sahur ini bukan hanya digunakan untuk mempersiapkan sahur tapi juga mencari barang, promosi dan diskon dari toko online,” tulis iPrice.

Pola lainnya adalah jelang berbuka puasa, di mana angkanya menurunan di kedua generasi pada jam 5 sore, berkurang 28 persen pada milenial dan berkurang 35 persen pada gen-z.

Baca juga :   Lead The Fest, Ajak Anak Muda Jadi Relawan Penerjemah Buku

Dari sisi produk, terlihat bahwa fesyen dan kecantikan menjadi produk yang mendominasi lima produk teratas pada dua generasi. iPrice menilai, ini dipengaruhi oleh bisa berkumpulnya keluarga di Hari Raya Idul Fitri tahun ini, sehingga banyak orang cenderung ingin terlihat lebih rapi dengan pakaian bagus dan kulit sempurna di hari raya.

Barang elektronik juga dilaporkan masuk ke dalam lima produk paling populer di kalangan milenial dan gen-z selama bulan Ramadan. Smartphone berada di peringkat pertama untuk kedua generasi, dengan persentase milenial dan gen Z masing-masing sebesar 30,5% dan 28,1%. Sementara laptop ada di peringkat keempat untuk gen Z (17,6%) dan ketiga untuk milenial (16,5%).

Baca juga :   Jenius Jangkau 700 Ribu Digital Savvy

iPrice menilai, meski daftar lima produk teratas mirip, namun mereka bisa melihat ada perbedaan preferensi di kalangan generasi z dan milenial.

“Kalangan yang lebih muda (gen Z) menyambut perayaan Idul Fitri dengan mempercantik diri, sedangkan kalangan milenial dengan membeli barang elektronik,” tulis iPrice.

 

STEVY WIDIA

Tags: belanja onlineGen Zgenerasi milenialiPrice
Previous Post

Ini Konsep Desain Rumah Yang Diminati Milenial

Next Post

Tren Travel 2022, Roadtrip dan Wisata Alam Jadi Preferensi Wisatawan

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
belanja online
Analyze

Mitgo: Dikontribusi Fashion, Belanja Online Indonesia Tunjukkan Pertumbuhan Pesat

27 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Wisata

Tren Travel 2022, Roadtrip dan Wisata Alam Jadi Preferensi Wisatawan

Scarlett Acne Facial Wash

Tingginya Kebutuhan Perawatan Wajah, Scarlett Luncurkan Produk Anti-Jerawat

Jakarta Aquarium

Nikmati Liburan Lebaran Seru Ala tiket To-Do di Jakarta dan Bogor

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version