Generasi Milenial Gandrungi Dompet Digital

Layanan dompet digital makin dikenal masyarakat Indonesia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Riset dari IPSOS Indonesia menyebutkan generasi millenial bakal tetap menggunakan dompet digital meski tanpa iming-iming promosi.

Survei dilakukan terhadap 500 responden pengguna dompet digital, dengan hasil sebanyak 68% konsumen memilih dompet digital karena kenyamanan. Sisanya 23% karena promosi dan 9% karena keamanan.

Research Director Customer Experience Olivia Samosir mengatakan konsumen telah menganggap dompet digital sebagai bagian gaya hidup. “Mereka (pengguna dompet digital) sudah menganggap dompet digital lebih praktis dan aman, tidak gampang dicuri,” ungkap Olivia dalam keterangannya Rabu (12/2/2020) di Jakarta.

IPSOS mendapati, dari empat besar pemain dompet digital di Indonesia GoPay, OVO, Dana, dan LinkAja, user organic atau pengguna yang tetap bertransaksi tanpa promo paling banyak dari GoPay. Sebanyak 54% responden menyatakan tetap bertahan meski GoPay tak ada promo. Posisi kedua pengguna OVO dengan 29% user organic, selanjutnya DANA (11%), dan LinkAja (6%).

“Para pengguna ini akan tetap bertransaksi tanpa promo. Bukan promo saja, ada kenyamanan dan merasa ini sudah dipakai sehari-hari,” kata Olivia.

Ia menegaskan tanpa startegi ‘bakar uang’, dompet digital dapat menerapkan strategi lain dalam mengembangkan bisnisnya secara berkelanjutan. “Para pemain harus proaktif dalam membentuk perilaku konsumen yang mengedepankan fungsi, inovasi, dan kualitas produk,” kata Olivia.

Hasil surveinya menunjukkan, konsumen dompet digital menginginkan berbagai inovasi seperti layanan kolaborasi dengan perbankan, terhubung dengan tabungan, dan pembayaran cicilan. Apalagi para pengguna di Gen Z atau kelahiran 1990an sampai pertengahan 2000an, mereka lebih ingin ada pembayaran dengan cara cicilan karena daya beli yang masih rendah.

IPSOS Indonesia mengadakan survei yang tersebar di lima kota yaitu Yogyakarta, Jakarta, Manado, Palembang, da Semarang. Responden merupakan generasi millenial kelahiran 1980 sampai 1996 dan Gen Z kelahiran 1997 sampai 2002 yang menjadi mayoritas pengguna dompet digital.

STEVY WIDIA

Exit mobile version