Generasi Milenial Perlu Membangun Komunitas Digital Yang Positif

Revie Sylviana; Business Development Director LINE Indonesia bersama LINE Digital Champions. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Teknologi telah mengubah perilaku millennial dan generasi Z g semakin bergantung pada platform digital dalam mencari informasi. Untuk itu mereka perlu didorong untuk membangun komunitas digital yang positif dan memperluas potensi mereka di era digital ini. Berangkat dari itulah LINE Indonesia menggelar program STARTING LINE berupa kompetisi dan seminar berskala nasional.

“Saat ini kita berada pada fase dimana bisnis dan segala sesuatunya telah bergeser dari tradisional ke cara yang lebih modern dan digital. Pergeseran ini dapat dilihat melalui perilaku millennial dan generasi Z yang semakin bergantung pada platform digital dalam mencari informasi. Meilihat dunia yang makin sarat akan perkembangan kecerdasan buatan, chatbot, dan operasi berbasis teknologi lainnya, kami melihat adanya kebutuhan untuk mempersiapkan generasi muda di Indonesia untuk mengembangkan kecerdasan sosial mereka dan memaksimalkan potensi di era digital ini. Oleh karena itu, LINE mengadakan program STARTING LINE sebagai wadah bagi mereka untuk membangun konten dan menginisiasikan komunitas digital yang positif,” papar Revie Sylviana, Business Development Director LINE Indonesia, Kamis (7/12/2017) di Jakarta.

STARTING LINE merupakan program bagi mahasiswa di Indonesia untuk membangun komunitas digital yang positif dengan memanfaatkan fitur aplikasi LINE seperti LINE@ dan LINE Group Chat. Revie menjelaskan, pengguna line@ berjumlah sekitar 90 juta. Sebanyak 80% berusia di bawah 30 tahun. Merekalah yang menjadi tujuan program ini.

Setelah 8 minggu berkompetisi, terpilih dari 2.500 peserta dari 412 kampus di Indonesia, 60 finalis diundang ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan LINE Camp. Di pelatihan ini, peserta diberikan inspirasi dan pengetahuan mengenai kecerdasan sosial (social intelligence). Untuk memastikan pengalaman belajar yang terbaik, LINE bekerja sama dengan konsultan sumber daya, Talentbox. Setelah kegiatan LINE Camp, terpilih 6 LINE Digital Champions dan mereka pun mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi kantor pusat LINE di Jepang sebagai hadiah utama kompetisi.

“Keenam pemenang tersebut kemudian dipilih menjadi digital partner line Indonesia yang akan melakukan perjalanan ke Jepang selama lima hari untuk menjalani workshop, pelatihan, dan kunjungan ke kantor Line di Jepang,” ucap Revie.

Selain kompetisi, LINE Indonesia berkerja sama dengan Young on Top juga mengadakan serangkaian seminar dan campus roadshow untuk menginspirasi para mahasiswa di seluruh Indonesia mengenai keadaan industri saat ini dan bagaimana mempersiapkan diri. Campus roadshow ini dihadiri oleh lebih dari 3.000 peserta di 5 kampus (Universitas Negeri Makassar, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Mahasaraswati, dan Universitas Mulawarman). Sedangkan seminar STARTING LINE hadir di 5 kota seperti Yogyakarta, Denpasar, Malang, Palembang, dan Samarinda dihadiri oleh lebih dari 1.200 peserta.

“Kami berharap melalui program STARTING LINE, lebih banyak lagi generasi muda yang menggali dan mengembangkan ketrampilan serta pemahaman mereka mengenai era digital ini. Selain itu, kami juga berharap kesempatan ini dapat memberikan mereka soft skill dan kecerdasan sosial yang diperlukan sebagai starting line untuk karir mereka kedepannya,” tutup Revie.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version