youngster.id - Terinspirasi dari kesuksesan mitra merchant GO-FOOD di Kota Bandung, GO-FOOD menambah lokasi GO-FOOD Festival. Kali ini dibuka di Husein Sastranegara, Bandung. Langkah ini untuk kesempatan bagi para pelaku bisnis UMKM kuliner memperoleh akses ke pelanggan yang lebih luas.
Dengan menggandeng 25 UMKM kuliner lokal pilihan, GO-FOOD Festival kali ini akan diadakan selama satu tahun ke depan. Cassandra Aprilanda, VP Sales & Marketing GO-FOOD Festival menuturkan, ini akan menjadi pilihan menunggu jadwal terbang para pengunjung bandara dengan ragam cita rasa kuliner lokal yang unik dan nikmat.
“GO-FOOD Festival ingin selalu menjadi sahabat para pecinta kuliner dimanapun dan kapanpun, karenanya kami selalu berupaya membuka lokasi yang dekat dengan pusat aktivitas masyarakat, seperti di pusat perbelanjaan atau area perkantoran, dan kali ini di kami merambah bandara sebagai salah satu mobility hub. Dengan dibukanya GO-FOOD Festival kali ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dalam mencoba kuliner lokal yang beragam bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Bandung melalui Bandara Husein Sastranegara, salah satu bandara terbesar di Jawa Barat”, ungkap Cassandra dalam keterangannya, Senin (25/3/2019) dari Bandung, Jawa Barat.
Memahami sejumlah fakta seperti tingginya jumlah traffic pengunjung ke Bandung dalam rangka bisnis dan tidak sempat berkuliner, di sinilah, GO-FOOD Festival membantu masyarakat dari daerah lain untuk menyempatkan diri berwisata kuliner Bandung di bandara.
“Berkunjung ke Bandung kurang lengkap rasanya kalau belum menikmati ragam makanan dan jajanan lokal yang unik dan menggugah selera. Masyarakat yang belum sempat menikmati kuliner khas Kota Bandung kini bisa menikmatinya di GO-FOOD Festival Husein Sastranegara, dengan harga yang terjangkau dan dapat dibayar dengan menggunakan GO-PAY dengan promo cashback 30% setiap transaksi ke saldo GO-PAY pengguna,” ungkap Cassandra lagi.
Menurut dia, ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen GOJEK dalam mempertahankan peningkatan transaksi penjualan para mitra merchant yang telah tumbuh bersama GO-FOOD, terutama di Kota Bandung.
“Kami melihat tantangan yang selama ini dihadapi pelaku usaha kuliner yang bergabung dalam ekosistem kami, mulai dari pendanaan, sumber daya manusia, pengetahuan bisnis, hingga penentuan lokasi untuk memperluas bisnis kulinernya. Melalui GO-FOOD Festival, para mitra merchant yang memulai usahanya dari bisnis rumahan tidak lagi bingung untuk membuka cabang dengan biaya operasional yang biasanya relatif besar untuk biaya sewa tempat, peralatan dan jasa pelayanan karena seluruh fasilitas sudah disediakan oleh pihak penyelenggara. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kami kepada mitra merchant yang turut berkontribusi dalam memajukan industri kuliner melalui teknologi,” tutur Cassandra.
Sementara itu Becquini Akbar, Strategic Region Head GOJEK Jawa Barat dan Banten menjelaskan, sejak pertama kali diluncurkan pada April 2015, GO-FOOD, layanan pesan antar yang ada dalam aplikasi GOJEK telah tumbuh menjadi layanan pesanan-antar terbesar di Asia Tenggara. Layanan aplikasi ini sukses memperluas akses pasar kepada hampir 400.000 mitra merchant kuliner, dimana 80% diantaranya merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
“Mitra merchant yang kami hadirkan disini memulai usaha kulinernya dari usaha kecil bahkan rumahan. Dengan memanfaatkan teknologi GO-FOOD dan secara aktif mengikuti inisiatif promosi, mereka mampu memperluas jangkauan usaha kulinernya dan meningkatkan rata-rata transaksi hingga 3,5 kali lipat. Ini menunjukkan bahwa usaha kuliner rumahan mampu bersaing dan maju dengan teknologi, tidak kalah dengan usaha kuliner besar lainnya,” kata Becquini.
Menurut data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, pada tahun 2018, tercatat sekitar 300.000 UMKM yang terdaftar di Kota Bandung. Angka ini memiliki potensi yang besar dalam memajukan industri kuliner Tanah Air. Melalui teknologi yang terus dikembangkan GOJEK dalam memberdayakan para pelaku sektor informal, termasuk UMKM kuliner, diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang juga merasakan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Becquini juga mengatakan, selain memperluas jangkauan di Kota Bandung, GO-FOOD Festival juga secara bertahap akan dibuka di kota-kota lainnya di Indonesia dengan menghadirkan beragam aktivitas menarik untuk menghibur para pengunjung. Dengan dibukanya GO-FOOD Festival Husein Sastranegara, kini GO-FOOD Festival sudah berada di 32 titik dengan total lebih dari 950 mitra merchant yang bergabung untuk meningkatkan skala bisnisnya.
“Melalui inisiatif GO-FOOD Festival, kami berupaya untuk terus menemani proses pertumbuhan mitra merchant untuk bisa naik kelas dengan inovasi teknologi persembahan GOJEK, hingga pada akhirnya mampu memberikan dampak sosial yang luas bagi seluruh masyarakat,” tutup Becquini.
STEVY WIDIA
Discussion about this post