youngster.id - GoPay menggelar program edukasi Forum Pedagang Baik untuk mendorong mitra-mitra UMKM meningkatkan penjualan. Forum ini dirancang khusus untuk pengusaha mikro guna membantu mereka mengembangkan dan mengelola usahanya dengan teknologi.
Head of Micro Merchant Go-Pay Dewi Yulianti Rosa mengatakan bahwa mengenalkan metode transaksi tunai saja pada pelaku UMKM tidaklah cukup, namun harus diiringi dengan pemahaman mendalam mengenai teknologi digital, yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka.
“Penyusunan materi yang dihadirkan untuk para pengusaha mikro dirancang berdasarkan pengalaman Gojek beserta ekosistemnya dalam memberdayakan jutaan driver dan ratusan ribu mitra UMKM,” ujar Dewi pada Rabu (30/10/2019) di Jakarta.
Pendampingan dan materi yang dihadirkan dalam Forum Pedagang Baik sendiri memiliki tiga pilar, yakni Baik Modal, Baik Penjualan, dan Baik Keuangan. Pada Baik Modal, mitra diajarkan bagaimana pentingnya modal secara materi dan modal soft skills, seperti kemampuan dalam melayani pembeli, sehingga pembeli bisa menjadi pelanggan.
Baik Penjualan memfokuskan mitra untuk mampu mengelola bisnis dengan baik. Lalu, Baik Keuangan, mitra diajarkan bagaimana mengelola keuangan dengan baik agar penjualan lebih optimal, termasuk memanfaatkan transaksi nontunai.
“Kami sangat terbuka dan mengajak berbagai pihak untuk bergotong-royong meningkatkan perekonomian Indonesia dari Piramida yang paling bawah,” ucap Dewi.
Menurut dia, saat ini GoPay saat ini telah bermitra dengan 5.000 e-commerce, 20 layanan pembayaran, serta lebih dari 28 institusi keuangan. Melalui Forum Pedagang Baik, GoPay juga melatih para pengusaha mikro untuk mengatur keuangan serta bisnisnya di platform digital. Forum Pedagang Baik sendiri telah dilaksanakan di 7 lokasi di Indonesia dan memberikan pelatihan kepada ratusan mitra pengusaha mikro GoPay.
STEVY WIDIA
Discussion about this post