Google: Baru 16% UMKM Indonesia Yang Punya Website

UKM perlu mengenal strategi pemasaran online. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

youngster.id - Google Indonesia mencatat bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, pertumbuhannya pun meningkat setiap tahunnya. Sayangnya, belum banyak pelaku UMKM dalam memanfaatkan strategi dan aktivitas pemasaran berbasis digital.

Partner Enablement Manager, Google PSP Program Indonesia Karim I Sulisto menyatakan 60% dari PDB nasional berasal dari UMKM, Bahkan UMKM memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja nasional sebesar 97%. Selain itu 49% investasi nasional masuk kepada para pelaku UMKM. Namun dari perkembangan tersebut hanya 16% UMKM yang mempunyai website.

“Dari data yang kami miliki, kami tahu bahwa UMKM yang online dapat tumbuh jauh lebih cepat dibandingkan UMKM yang hanya berbasis offline. Pastinya, dengan menggunakan ases-aset yang tersedia online, UMKM dapat menawarkan jasa dan produk mereka kepada konsumen yang tepat,” ungkap Karim dalam seminar “Sukses Kembangkan Wirausaha di Era Digital” pada Rabu (13/9/2017) di Jakarta.

Menurut Karim, UMKM yang online mampu tumbuh 80% lebih cepat dibandingkan UKM non-online. Tak hanya itu, Karim melanjutkan UMKM online dapat 1,5 kali lebih cepat menambahkan sumber daya manusia mereka dibandingkan UMKM non-online.

Untuk Google bersama Novaon Indonesia dan Krafie.com terus mengedukasi para pelaku UMKM mengenai dunia bisnis di sektor digital serta mempersiapkan kebutuhan para pelaku usaha untuk bertahan dan terus tumbuh.



STEVY WIDIA

Exit mobile version