Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Google: Semakin Banyak Orang Cari Mobil Baru dari Internet

12 April 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Google: Semakin Banyak Orang Cari Mobil Baru dari Internet

(ki-ka) Dimas Ibrahim Head of Media Relation Toyota Astra Motor, Amalia Fahmi Industry Head Google Indonesia, dan Abraham Hutagalung Industry Analyst Google Indonesia.(Foto; Stevy Widia/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Menurut survey terbaru Google Indonesia, semakin banyak orang yang melakukan pencarian online sebelum membeli mobil.

Bangkitnya generasi millennial dan meningkatnya akses internet ke hampir semua hal dalam kehidupan turut mempengaruhi keputusan masyarakat dalam membeli mobil. Riset Google Indonesia pada tahun mendapati saat ini masyarakat dalam mencari dan menentukan mobil pilihannya dengan melakukan penelitian online melalui perangkat smartphone atau telepon seluler. Karena masyarakat pembeli mobil di Indonesia saat ini rata-rata memiliki setidaknya 1,7 perangkat.

“Dulu orang saat membeli mobil datang ke showroom dulu, tapi sekarang dengan ada akses internet kebiasaan tersebut berubah. 73% pembeli memulai prosesnya dengan melakukan online research,” kata Amalia Fahmi, Industry Head Google Indonesia, dalam jumpa media Selasa (11/4/2017) di Jakarta.

Baca juga :   Kualitas Konten Digital Indonesia Harus Ditingkatkan

Survey soal kebiasaan masyarakat dalam membeli mobil dilakukan Google dan TNS kepada 508 koresponden di berbagai wilayah Indonesia. Hasilnya, 67% dari mereka mamanfaatkan fitur Google Search dalam mengawali rangkaian tahap pembelian mobil.

Proses research berlanjut dengan mencari opsi mobil terbaik, lalu melihat ulasan mobil tersebut melalui video yang tersedia di YouTube. Langkah berikutnya adalah pembeli mencari penawaran terbaik, termasuk promo, daftar harga sampai resale value.

Setelah melalui tahap-tahap tersebut, pembeli kemudian baru mendatangi diler untuk melihat langsung mobil yang diincarnya dan melakukan transaksi. Alhasil, pembeli saat ini tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu di diler.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa perangkat seluler dan internet sudah begitu lekat dengan cara konsumen membeli mobil di Indonesia, serta akan menjadi tren yang terus meningkat ke depannya.

Baca juga :   Masa Pandemi, Mitra UMKM Tokopedia Naik 8,3 Juta

“Bahkan 49% di antaranya berkata bahwa mereka tidak keberatan membeli mobil secara online, jika diberi pilihan semacam itu,” ujar Amelia.

Mengomentari hasil riset Google tersebut, Head of Media Relation Toyota Astra Motor, Dimas Ibrahim Aska, mengatakan, industri otomotif di Indonesia saat ini memang sedang memasuki era baru. Kalau dulu sebelum membeli mobil, calon konsumen akan datang ke diler untuk melihat produknya langsung, saat ini banyak calon konsumen yang mengandalkan ponselnya untuk mendapatkan referensi.

“Sekarang itu yang datang ke showroom memang sudah akan membeli mobil. Mereka sudah tahu mau beli apa karena sebelumnya sudah mencari informasi di internet,” ungkapnya.

Menurut Dimas, menyadari hal tersebut, Toyota kini semakin memperkuat platform online mereka untuk membantu meningkatkan penjualan produk-produknya. Selain lewat website resmi, channel baru lainya juga dimanfaatkan, salah satunya YouTube. Apalagi dari hasil riset Google, 83 % pembeli mobil di Indonesia mengaku bahwa video dapat mengubah pendapat mereka tentang mobil atau produsen mobil secara positif.

Baca juga :   Rumah Zakat & HSBC Indonesia Bangun 7 Titik Desa Berdaya

“Semua channel online kita manfaatkan. Dealer Toyota juga semakin memperkuat promosi online-nya di website mereka sebagai pintu masuk baru bagi calon konsumen. Misalnya dengan video 360 untuk membantu calon konsumen mengetahui suatu produk secara lebih detail,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

Tags: Google Indonesiamobil baruonlineToyota Astra Motor
Previous Post

Tim UI dan ITB Wakili Indonesia pada Ajang L’Oréal Brandstorm 2017

Next Post

Bandung Masuk Tahap Bootcamp Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Related Posts

ekonomi digital
Headline

Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Dua Digit di 2024, E-Commerce Penyumbang Terbesar

13 November 2024
0
Bangkit Buka Peluang bagi Lebih dari 4.500 Mahasiswa untuk Belajar AI
Headline

Bangkit Buka Peluang bagi Lebih dari 4.500 Mahasiswa untuk Belajar AI

11 September 2024
0
TeDi-Bangkit
Headline

Google Bekali 9.000 Mahasiswa dengan Keterampilan AI pada Bangkit 2024

22 Februari 2024
0
Load More
Next Post
Bandung Masuk Tahap Bootcamp Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Bandung Masuk Tahap Bootcamp Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Pemanjat Tebing Telkom University Juarai Kompetisi Nasional

Pemanjat Tebing Telkom University Juarai Kompetisi Nasional

Telkomsel dan CATCHPLAY Jalin Kemitraan Hadirkan Film Blockbuster Terbaru dalam Genggaman

Telkomsel dan CATCHPLAY Jalin Kemitraan Hadirkan Film Blockbuster Terbaru dalam Genggaman

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version