youngster.id - Manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyampaikan beberapa perkembangan dari layanan terbaru yang menjadi bagian dari strategi mempercepat jalan perusahaan menuju profit. Perusahaan juga menyampaikan intisari dari kinerja kuartal III-2022 yang di atas ekspektasi pasar.
Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo menyampaikan, capaian kinerja yang kami bukukan selama kuartal ketiga 2022 semakin menegaskan komitmen Perseroan untuk mengakselerasi langkahnya mencapai profitabilitas.
“Hal ini dimungkinkan sebagai hasil dari dua prioritas utama kami. Pertama, pertumbuhan yang berkualitas tinggi melalui inovasi produk yang semakin memperdalam sinergi ekosistem khususnya bagi konsumen setia; dan Kedua, pengelolaan beban operasional Perseroan secara disiplin di semua lini usaha,” kata Andre dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).
Menurut dia, kehadiran sejumlah produk dan layanan baru seperti GoTo Plus dan perluasan penggunaan GoPayCoins sebagai penghargaan loyalitas di seluruh ekosistem GoTo. “Ini menjadi salah satu wujud strategi ini, sehingga Perseroan dapat mendorong monetisasi yang semakin baik dan semakin meningkatkan kesetiaan para pengguna dalam ekosistem GoTo,” kata Andre menambahkan.
Sementara Direktur GoTo Jacky Lo menyampaikan, kinerja yang solid sepanjang tahun berjalan membuktikan resiliensi Perseroan dan kekuatan fundamental perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Perseroan telah mencatatkan peningkatan signifikan pada margin kontribusi dan EBITDA Grup yang disesuaikan, khususnya dengan segmen On-Demand Services yang telah mencapai margin kontribusi positif pada September 2022, lebih cepat dari perkiraan.
“Hal ini dicapai Perseroan dengan pertumbuhan yang baik pada bisnis Perseroan serta fokus yang konsisten pada optimalisasi beban operasional Perseroan. Kami berkomitmen melanjutkan tren positif ini melalui pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan efisiensi yang berkesinambungan, untuk mengakselerasi langkah kami mencapai profitabilitas,” katanya.
Di dalam dokumen, manajemen GoTo menjelaskan bahwa beberapa inovasi produk dan layanan di tahun ini akan mendorong bisnis perusahaan lebih bertumbuh lagi.
Pertama ada GoPay Coins atau program reward berupa poin penghargaan yang meningkatkan loyalitas konsumen ekosistem Grup GoTo, dan bisa dimanfaatkan untuk lintas layanan dalam ekosistem. Sejak diluncurkan, sebanyak 21% konsumen sudah pernah menggunakan GoPay Coins. Kemudian ada Gopaylater Cicil, layanan pembayaran dengan sistem cicil di platform Tokopedia yang dapat mendorong jumlah transaksi. Saat ini, tercatat sudah tersedia untuk 4 juta pengguna yang tergabung di whitelist.
Lalu ada GoTransit, yaitu layanan hasil kerja sama Gojek dengan Kereta Commuter Indonesia (KCI), anak usaha PT KAI (Persero). Di dalam dokumen tertera bahwa layanan pembelian tiket kereta Commuter Line langsung lewat aplikasi Gojek ini mampu berkontribusi ke seluruh penjualan tiket digital KCI (per September 2022) mencapai 74%.
Selebihnya ada Plus by GoTo, layanan pengiriman berlangganan dengan manfaat tambahan bagi jutaan konsumen Tokopedia yang saat ini digunakan lebih dari 50.000 konsumen. Terakhir adalah GoFood Hemat, layanan pesan antar makanan lebih hemat yang menyasar konsumen yang lebih price-sensitive, secara agregat dalam radius 2 km.
Manajemen GoTo menjelaskan bahwa melalui inovasi produk dan fokus pada konsumen setia tersebut, perusahaan mencatatkan pertumbuhan bisnis yang berkualitas. Selain itu, perusahaan juga mendorong efisiensi secara menyeluruh untuk operasional bisnis yang lebih optimal.
Sebelumya GoTo telah merilis kinerja bisnis 3 bulan hingga September 2022 (Q3-2022), yang mana nilai transaksi bruto (gross transaction value/GTV) naik 33% menjadi Rp 161 triliun dari periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy), dengan pendapatan bruto juga naik 30% menjadi Rp 5,9 triliun.
Total selama 9 bulan tahun ini, GTV GoTo menembus Rp 451,47 triliun dari periode yang sama tahun tahun lalu Rp 324,94 triliu (proforma), naik 38,94%, sedangkan pendapatan kotor juga naik 42,01% menjadi Rp 16,63 triliun dari sebelumnya Rp 11,71 triliun (proforma).
Tiga lini utama bisnis GoTo yakni Gojek, Tokopedia, dan GTF juga membukukan kinerja solid di 3 bulan hingga September 2022.
STEVY WIDIA
Discussion about this post