Rabu, 8 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Harbolnas 2023, Penjualan Produk FMCG Bukukan Rp279 Miliar

30 Desember 2023
in Analyze, Headline
Reading Time: 2 mins read
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Momentum Harbolnas 2023 tidak hanya menjadi kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan penawaran terbaik, tetapi juga menjadi momen penting bagi para penjual online untuk meningkatkan penjualan dan kehadiran merek mereka di pasar. Harbolnas 12.12 telah membawa dampak yang sangat positif pada penjualan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Indonesia.

Perusahaan e-commerce market insight, Compas.co.id mencatat, terjadi peningkatan nilai penjualan rata-rata sebesar 86% dan peningkatan jumlah transaksi rata-rata sebesar 102% selama periode Harbolnas 12.12 dibandingkan dengan hari biasa. Nilai penjualan rata-rata meningkat dari Rp150 miliar menjadi Rp279 miliar, sementara jumlah total transaksi rata-rata naik dari sekitar 4,5 juta menjadi lebih dari 9 juta unit.

Data ini menunjukkan efektivitas kampanye Harbolnas 12.12 dalam mendorong pertumbuhan e-commerce, dengan Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada yang berkontribusi pada peningkatan tersebut.

“Periode 12.12 merupakan peningkatan penjualan tertinggi sepanjang masa harbolnas di tahun 2023 dengan 86%. Sebelumnya peningkatan tertinggi dicatatkan pada November 2023 dengan 64%,” kata Hanindia Narendrata (Drata), CEO Compas.co.id, dikutip Sabtu (30/12/2023).

Baca juga :   Belanja Online Menjadi Pilihan Masyarakat Berbagai Daerah selama Ramadan

Menariknya, Compas.co.id juga mencatat dampak yang diberikan TikTok Shop pada periode 12 Desember 2023 – 19 Desember 2023. Pada periode ini industri FMCG di TikTok Shop berhasil meraup nilai penjualan sebesar Rp193 miliar dari 2 juta transaksi, yang didapatkan lebih dari 48 ribu brand yang aktif memasarkan produknya.

“Menariknya, dari nilai penjualan ini kontribusi TikTok Shop cukup besar. Kami akan terus memonitoring performa TikTok Shop, menantikan bagaimana dampaknya setelah aplikasi sosial media dan penjualan dipisah,” ungkap Drata.

Selama Harbolnas 12.12 2023, Shopee mencatat nilai penjualan tertinggi di antara platform e-commerce lainnya karena mencapai Rp171 miliar. Sementara itu, Tokopedia dan Blibli mengalami pertumbuhan yang paling signifikan, seperti Blibli dengan pertumbuhan sebesar 316% dan Tokopedia dengan pertumbuhan sebesar 214%. Lazada turut alami peningkatan sebesar 154%.

Dalam hal total jumlah transaksi, Shopee juga memimpin sebagai platform e-commerce dengan jumlah produk terjual terbanyak, dan alami pertumbuhan sebesar 93%. Blibli lagi-lagi sukses alami pertumbuhan total transaksi tertinggi, karena alami pertumbuhan sebesar 313%. Disusul oleh Tokopedia dengan pertumbuhan jumlah total transaksi sebesar 157% dan Lazada sebesar 82%.

Baca juga :   Telkom Percepat Transformasi Digital Lewat Program Smart City Readiness 2017

Chris Feng, CEO Shopee mengatakan, salah satu faktor yang membuat Shopee unggul adalah kesuksesan kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale. Shopee mencatatkan rekor terbaru di Indonesia dengan raihan gross merchandise value (GMV) hingga Rp1,3 triliun dalam 24 jam pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale.

“Kesuksesan ini menunjukkan bahwa masyarakat dari berbagai lapisan mempercayai Shopee dalam memberikan pengalaman belanja online terbaik,” kata Chris.

Menurut Drata, melalui metode crawling yang merekam setiap penjualan di seluruh marketplace pada sektor FMCG, kategori perawatan dan kecantikan berkontribusi besar pada peningkatan nilai penjualan, dengan Rp137 miliar dari 4,2 juta transaksi. Kemudian disusul dengan kategori makanan dan minuman dengan Rp60,5 miliar dari 2,4 juta transaksi, kesehatan Rp38 miliar dari 1 juta transaksi, dan ibu & bayi dengan Rp29 miliar dari 575 ribu transaksi.

Baca juga :   Kerjasama Samsung Dan Shopee Untuk Jamin Belanja Gadget Aman

Kategori Perawatan Kecantikan mencatat kenaikan nilai penjualan sebesar 51%, Makanan dan Minuman meningkat 129%, Kesehatan 104%, dan kategori Ibu dan Bayi tumbuh sebesar 211%. Dari sisi total jumlah transaksi, Perawatan Kecantikan meningkat 72%, Makanan dan Minuman 124%, Kesehatan 138%, dan Ibu dan Bayi mengalami lonjakan hingga 170%.

Untuk kategori Parfum & Wewangian memimpin dengan penjualan tertinggi, karena sukses terjual hingga 271K produk dan alami pertumbuhan total transaksi sebesar 17%. Parfum & Wewangian sebagai kategori dengan jumlah penjualan terbanyak, menegaskan minat konsumen yang besar terhadap produk ini selama kampanye Harbolnas 12.12.

“Seluruh kategori produk mengalami peningkatan nilai penjualan yang signifikan selama kampanye 12.12.  Data ini menunjukkan bagaimana kampanye 12.12 berhasil mendorong penjualan lintas sektor di industri e-commerce,” tutup Drata. (*AMBS)

 

Tags: bliblicompas.co.idHarbolnas 2023Lazadaproduk Fast Moving Consumer Goods (FMCG)ShopeeTokopedia
Previous Post

Upaya PKT dalam Menjalankan Bisnis Berkelanjutan yang Bermanfaat bagi Lingkungan

Next Post

Paling Baru! Ternyata Ini Dia Spesifikasi Lengkap MacBook Pro M2 Pro

Related Posts

Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Berkat Digitalisasi Jenama Sepatu Asal Mojokerto Ini Jangkau Pasar Yang Luas
Headline

Berkat Digitalisasi Jenama Sepatu Asal Mojokerto Ini Jangkau Pasar Yang Luas

12 September 2025
0
Lazada Dukung Konsumen Indonesia Cerdas Dalam Berbelanja
News

Lazada Dukung Konsumen Indonesia Cerdas Dalam Berbelanja

9 September 2025
0
Load More
Next Post
MacBook Pro M2 Pro

Paling Baru! Ternyata Ini Dia Spesifikasi Lengkap MacBook Pro M2 Pro

Fetch.ai

Autentikasi Ijazah dengan Teknologi Blockchain?

pendanaan hijau

Program Transisi Energi PLN Peroleh Green Loan Rp12 Triliun

Discussion about this post

Recent Updates

Kampus Harus Jadi Garda Terdepan Cetak Talenta Digital

Indeks Masyarakat Digital Indonesia Naik Jadi 44,53

8 Oktober 2025
TikTok Food Fest 2025 Pertemukan Kreator, UMKM, dan Komunitas Pecinta Kuliner

TikTok Food Fest 2025 Pertemukan Kreator, UMKM, dan Komunitas Pecinta Kuliner

8 Oktober 2025
AXIS Nation Cup 2025 Jaring 1.735 Tim,Jadi Kompetisi Terbesar di Asia Tenggara

AXIS Nation Cup 2025 Jaring 1.735 Tim,Jadi Kompetisi Terbesar di Asia Tenggara

7 Oktober 2025
RRQ dan EVOS Divine Wakili Indonesia di FFWS Global Finals Jakarta 2025

RRQ dan EVOS Divine Wakili Indonesia di FFWS Global Finals Jakarta 2025

7 Oktober 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Kampus Harus Jadi Garda Terdepan Cetak Talenta Digital

Indeks Masyarakat Digital Indonesia Naik Jadi 44,53

8 Oktober 2025
TikTok Food Fest 2025 Pertemukan Kreator, UMKM, dan Komunitas Pecinta Kuliner

TikTok Food Fest 2025 Pertemukan Kreator, UMKM, dan Komunitas Pecinta Kuliner

8 Oktober 2025
AXIS Nation Cup 2025 Jaring 1.735 Tim,Jadi Kompetisi Terbesar di Asia Tenggara

AXIS Nation Cup 2025 Jaring 1.735 Tim,Jadi Kompetisi Terbesar di Asia Tenggara

7 Oktober 2025
RRQ dan EVOS Divine Wakili Indonesia di FFWS Global Finals Jakarta 2025

RRQ dan EVOS Divine Wakili Indonesia di FFWS Global Finals Jakarta 2025

7 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version